-->

Cara Pintar Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak supaya Aman dari Jerawat

Kulit yang berminyak dan berjerawat pasti membuat risih dan menjengkelkan bagi sebagian besar orang. Selain merusak penampilan, kulit berminyak dan berjerawat juga bisa menurunkan rasa percaya diri. Tak heran, sebagian orang memilih untuk membeli skincare dan melakukan perawatan untuk mengatasi kulit berminyak dan berjerawat. Namun, tidak sembarang kosmetik, Anda harus tahu cara pintar memilih skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat yang tepat.

Memang benar kalau minyak yang ada dikulit sebenarnya baik dan berfungsi untuk melindungi kulit dari elemen luar yang bersifat bahaya. Namun, yang berbahaya adalah kulit berminyak yang berlebihan sebab hal ini bisa menyumbat pori pori, membuat wajah mengkilap sehingga akhirnya berpotensi menyebabkan bruntusan dan jerawat di wajah kita. Ya, dengan kata lain kondisi kulit yang terus menerus memproduksi minyak dapat membuat wajah rentan terkena jerawat.

Apabila Anda memiliki permasalahan ini, jangan khawatir. Dijaman yang serba canggih ini, sudah banyak produk skincare dan kosmetik yang dirancang secara khusus untuk menjaga kesehatan kulit dengan cara mencegah dan mengatasi kulit berminyak dan berjerawat loh. Namun, ingatlah bahwa tidak semua skincare itu cocok dan memiliki kualitas yang bagus untuk menjaga kelembapan kulit dengan baik, mencegah komedo dan jerawat dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, mulailah untuk pintar dalam memilih skincare untuk kulit Anda yang berminyak dan berjerawat. Bagaimana caranya? 

Cara Pintar Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak supaya Aman dari Jerawat

1. Memilih produk yang bebas komedo dan minyak


Berdasarkan saran dari ahli kulit, Anda perlu memilih skincare yang secara khusus diformulasikan untuk kulit berminyak. Jadi Anda tidak dapat menggunakan sembarang skincare untuk mengatasi permasalahan kulit berminyak tersebut. Namun, pilihlah produk non komedogenik, bebas minyak dan tidak menyumbat pori pori.

Tidak hanya itu, saat akan membeli produk skincare, perhatikan komposisi bahannya dengan tujuan untuk menjaga kulit tetap normal tanpa membuat kulit wajah menjadi kering. Beberapa bahan yang patut dipertimbangkan adalah seperti asam salisilat, belerang atau sulfur, dan retinol.

2. Menggunakan Sunscreen

Saat Anda beraktivitas di dalam maupun diluar luar sebaiknya selalu menggunakan Sunscreen. Mengapa? Sebab sunscreen ini akan membantu untuk melindungi kulit wajah Anda dari sinar matahari secara langsung yang sebenarnya berpengaruh dan merusak kulit wajah. Sunscreen ini juga bisa mencegah keriput, bintik hitam, sampai dengan kanker kulit loh.

Tahukah Anda, sinar ultraviolet dapat berbahaya untuk kulit wajah. Karena itulah Anda perlu menggunakan perlindungan ekstra dari sunscreen yang mengandung SPF 30 atau lebih. Anda juga perlu memastikan kalau sunscreen yang digunakan mampu menangkal sinar UVA dan UVB supaya warna kulit Anda tidak belang, bebas dari penuaan serta tetap kencang.

3. Menggunakan Face Wash yang Lembut

Seringkali beberapa orang bingung akan menggunakan produk face wash apa untuk kulit mereka yang berminyak dan berjerawat, jika Anda juga merasakan hal demikian, Anda harus tahu apa saran dari ahli kulit. Ya, Anda disarankan untuk memilih produk Face Wash yang berbahan lembut untuk membersihkan wajah Anda dengan efektif dan tidak membuat kulit menjadi kering.

Selama ini banyak orang telah keliru dalam memilih produk face wash yang baik untuk kulit berminyak dan berjerawat. Pasalnya mereka justru memilih produk skincare yang keras yang membuat kulit lebih kering. Padahal minyak bukanlah musuh yang harus dihilangkan, melainkan minyak ada dikulit untuk dikontrol supaya tidak berlebihan sehingga kita tidak perlu menghilangkannya sama sekali.

4. Memanfaatkan Masker Wajah

Perawatan kecantikan kulit lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi kulit berminyak dan berjerawat adalah dengan menggunakan masker wajah. Gunakanlah masker alami yang berkhasiat dalam mengontrol minyak seperti masker tanah liat atau Clay Mask.

Penggunaan masker dan face wash sebaiknya dibarengi dengan penggunaan air hangat untuk membilas supaya kulit terhidrasi. Sesudah itu, untuk menjaga kesegaran kulit wajah Anda, Anda bisa menyemprotkan toner atau face mist yang bisa mendinginkan kulit berminyak.

5. Selalu Gunakan Pelembab

Ritual penting lainnya untuk mengatasi kulit berminyak dan berjerawat adalah menggunakan pelembab setelah Anda selesai mencuci muka. Pelembab sangat penting untuk menjaga kulit Anda tetap sehat, khusunya untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak. Oleh sebab itu, aplikasikan pelembab setiap hari untuk mendapatkan dampak positifnya.

Carilah produk pelembab yang tepat yang sifatnya ringan dan bebas minyak. Selain itu, Anda bisa memilih pelembab dalam bentuk gel daripada berbentuk krim supaya tidak menimbulkan perasaan greasy dan berat di wajah Anda. Selanjutnya jangan lupa untuk menjaga kulit Anda tetap terdehidrasi dan gunakan serum sebagai pelengkap terbaik.

Inilah informasi update yang mengulas cara pintar memilih skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat yang bisa Anda ketahui. Jika Anda berhasil memilih skincare atau produk perawatan kulit wajah yang tepat maka akan memberikan manfaat yang bagus untuk menjaga minyak di wajah Anda tetap terkontrol sehingga meminimalisir timbulnya jerawat.

Skincare yang bagus tidak hanya mampu mengontrol minyak di kulit namun juga tidak berlebihan sehingga tidak membuat wajah sebaliknya menjadi kering. Wajah yang dirawat dengan baik menggunakan skincare dan perawatan alami yang baik dipercaya mampu menghasilkan kulit wajah yang sehat seperti yang sudah kita bahas. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel