-->

Cara Mengetahui Berita Hoax di Dunia Maya dan Bagaimana Mengatasinya

Berita Hoax dapat dengan mudah kita temui di jaman sekarang ini. Ya, beberapa orang yang membuat berita hoax dengan tujuan tertentu, kemudian banyak orang mulai membagikannya di dunia maya, maka hasilnya bisa sangat buruk. Mulai dari merusak reputasi seseorang, penipuan, kerugian dari segi finansial dan masih banyak lagi. Karena bahaya nya berita hoax, kita perlu tahu cara mengatasi berita Hoax di dunia maya sebagai pengetahuan yang wajib diketahui.

Hoax bisa disebarkan melalui berita, internet, video youtube, media sosial mencangkup Whatsapp atau Wa, Instagram atau Ig, Line, Twitter, Facebook atau Fb dan masih banyak lagi. Apalagi dijaman yang serba canggih sekarang ini, penggunaan teknologi seperti hal hal tersebut sudah menjadi kegiatan yang tidak luput dari keseharian bukan?

Kita memang tidak bisa menghilangkan semua berita hoax yang ada, baik yang sudah lama atau hoax baru yang terus bermunculan. Namun, kita bisa mengatasi diri kita supaya tidak tertipu akan berita atau informasi yang salah. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah cek faktanya terlebih dahulu.

Yuk mulai pintar dalam memilih berita yang bisa dipercaya dan tidak tertipu dengan berita hoax dengan tips dan trik berikut ini. Mari simak.

Cara Mengetahui Berita Hoax di Dunia Maya dan Bagaimana Mengatasinya



1. Hati hati berita dengan judul provokatif

Umumnya berita seringkali diawali dengan judul yang sensasional dan provokatif. Misalnya berita tersebut secara langsung menudingkan jari ke pihak tertentu. Nah, sumber berita tersebut bisa saja diambil dari sumber berita yang resmi, namun diubah ubah sedikit atau bahkan banyak dengan tujuan untuk menimbulkan persepsi sesuai dengan kehendak si pembuat hoax tersebut.

Hoax bisa membuat suatu berita menjadi lebih sensitive hingga menyakiti perasaan pihak tertentu. Oleh sebab itu, jika Anda menemukan berita dengan judul yang berbau provokatif, sebaiknya jangan langsung percaya. Jika Anda ingin tahu kebenarannya, sebaiknya cari referensi lain di sumber resmi lalu bandingkan isinya. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan kesimpulan yang lebih berimbang.

2. Cermati alamat situs

Jika Anda mendapatkan informasi dari suatu website, situs atau link, cobalah untuk mencermati alamat url situs tersebut. Jika memang situs tersebut belum terverifikasi sebagai sumber yang resmi. Misalnya jika menggunakan domain blog, maka informasi di dalamnya bisa jadi hanya dari pandangan pihak tertentu saja dan dapat dikatakan meragukan.

Tahukah Anda, di Indonesia sendiri ada sekitar 43.000 situs yang mengklaim sebagai portal berita terpercaya. Padahal dari jumlah tersebut, sebenarnya tidak sampai 300 yang merupakan situs berita resmi. Artinya tidak dapat dipastikan ribuan situs berita lainnya apakah menyebarkan berita yang benar. Bahkan kemungkinan berpotensi dalam menyebarkan berita palsu di internet. Hal ini penting untuk Anda waspadai.

3. Memeriksa Fakta

Hal yang paling penting dan perlu Anda lakukan adalah memeriksa faktanya terlebih dahulu. Cobalah untuk memperhatikan beberapa hal seperti dari sumber mana berita tersebut berasal? Apakah dari institusi yang resmi? Anda disarankan untuk jangan cepat mengambil kesimpulan atau percaya kepada informasi yang bersumber dari tokoh politik, pengamat, atau pegiat ormas.

Selain itu perhatikan juga keberimbangan berita. Apabila hanya ada satu sumber, pembaca tidak dapat memperoleh gambaran yang utuh. Lalu amati juga perbedaan antara berita yang dibuat berdasarjab fakta dan opini. Apa itu fakta dan opini? Fakta sendiri merupakan peristiwa yang terjadi dengan adanya bukti dan kesaksian. Sedangkan opini adalah kesan atau pendapat si penulis berita sehingga bisa jadi subjektif.

4. Mengecek keaslian foto

Di era yang serba digital dan canggih, kita tidak hanya menemuka konten dalam bentuk teks saja yang dapat dimanipulasi melainkan juga dalam bentuk lainnya. Sebut saja contohnya seperti foto dan video. Tahukah Anda, bahaya nya si pembuat berita palsu bisa saja mengedit foto untuk memprovokasi para pembacanya. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk mengecek keaslian foto.

Bagaimana caranya?  Alat bantu seperti di mesin pencari google bisa membantu kita mengecek nya dengan cara yaitu melakukan drag and drop pada kolom pencarian Google Images. Nah, dari hasil pencarian tersebut akan menyajikan kepada Anda semua gambar serupa yang terdapat di internet. Sehingga Anda dapat membandingkannya.

Demikianlah informasi update yang membahas tentang cara mengetahui berita hoax di dunia maya dan bagaimana mengatasinya yang wajib kita ketahui. Setiap hari, jam bahkan menit kita pasti banyak mendapatkan informasi terbaru baik itu adalah berita yang positif maupun negative. Namun, jangan langsung percaya dengan suatu berita tanpa tahu faktanya khususnya jika Anda mendapatkan informasi tersebut dari sumber yang tidak resmi atau tidak dapat dipastikan kebenarannya.

Apakah Anda pernah menjadi korban berita hoax? Dewasa ini, banyak orang sudah merasakan sendiri akibat dari tidak hati hati dalam memilih informasi yang benar dan salah. Jangan sampai kita menjadi korban hoax lagi dan selalu hati hati. Teknologi memang semakin canggih, namun hendaknya kita selalu pintar dalam menggunakannya terutama dalam hal mencari informasi. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel