-->

Cara Mudah Membuat Google Form untuk Kuesioner di Laptop

Selama masa pandemi Google Form menjadi salah satu teknologi yang popular di berbagai kalangan. Walaupun awalnya tidak begitu popular, namun seiring kebutuhan penggunaan sistem online di masa pandemi, Google Form banyak digunakan untuk berbagai hal. Salah satunya adalah untuk membuat kusioner. Lalu, bagaimana cara membuat Google Form di laptop untuk kusioner yang mudah?

Bagi Anda yang masih pemula dalam hal menggunakan Google Form, patut diketahui kalau Google Form sendiri merupakan fitur digital yang disediakan untuk beberapa keperluan. Google Form disebut juga sebagai perangkat lunak administrasi survei berbasis web gratis yang ditawarkan oleh pihak Google. Disini Anda dapat menemukan semua fitur berbagi yang di Spreadsheet, Dokumen dan Slide.

Mau buat formulir terbaik dan professional dengan google form? Tapi tidak tahu mau mulai dari mana? Mudah sekali. Inilah mengapa Google Form direkomendasikan untuk Anda gunakan, yaitu karena kemudahannya dan sajian data yang begitu lengkap.

Nah, pada uraian berikut ini kita akan mencari tahu bagaimana cara membuat Google Form di laptop maupun komputer untuk kuesioner yang mudah. Selengkapnya mari simak.

Cara Mudah Membuat Google Form untuk Kuesioner di Laptop


Di tahun ini, Google memperkenalkan adanya Google Workspace. Google Workspace memiliki berbagai kelebihan yang jauh lebih spesifik, lebih khusus, pengolahan data yang jauh lebih rapi dan lebih mudah. Dengan demikian bisa mengoptimalkan efisiensi oleh data. Namun, untuk penggunaan personal service saja juga tidak ada masalah.

Nah, untuk membuat Google Form ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan yaitu melalui Laman Google maupun melalui Google Drive yang kita punya. Untuk cara membuatnya satu persatu akan kita bahas.

1. Cara Membuat Google Form melalui Link Google
  • Pertama tama yang perlu Anda lakukan adalah membuka Link pembuatan Google Form terlebih dahulu.
  • Lalu dari forms.google.com, pilihlah “Blank” lalu pilih lagi “Template
  • Nah, selanjutnya Anda tinggal mengikuti arahan masuk ke halaman “Editing” dari formulir itu.
  • Jika sudah masuk ke laman editor, Anda bisa langsung melakukan beberapa editing yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda saat ini. beberapa fitur yang dapat Anda manfaatkan adalah mulai dari mengganti judul dengan cara mengklik “Untitled Form”, memberikan deskripsi dengan cara mengklik “Form Description” dan menambahkan pertanyaan.

2. Cara Membuat Pertanyaan pada Google Form
  • Pertama tama, Anda perlu mengklik “Untitled Question” dan masukkan pertanyaan Anda
  • Untuk mengubah jenis pertanyaan yang Anda buat, cukup pilih panah ke bawah.
  • Tambahkan juga opsi “Response” apabila sesuai dengan pertanyaan Anda.
  • Nah, Anda juga bisa mengklik “Required” jika ingin menambahkan pertanyaan yang wajib harus dijawab.
  • Cara menambahkan pertanyaan baru adalah dengan cara klik “Add Question”.
  • Sedangkan jika ingin menambahkan pertanyaan yang sudah ada klik saja “Duplicate”
  • Setiap perubahan akan tersimpan secara otomatis. Namun, Anda tetap bisa melihat pratinjau perubahan dengan cara mengklik “Pratinjau

Catatan : Berbicara soal Google Form ini mempunyai 12 jenis fitur. Mulai dari 9 jenis pertanyaan, bersama dengan bidang foto, teks serta video. Cukup klik ikon (+) yang berada di side bar sebelah kanan untuk menambahkan jenis pertanyaan baru. Anda juga bisa klik ikon foto, teks atau video untuk menambahkan suatu media ke formulir yang Anda buat.

Anda dapat mengganti jenis pertanyaan kapan saja Anda mau. Namun, pengaturan form tersebut mungkin harus di atur ulang ketika Anda beralih ke jenis pertanyaan pilihan ganda, kotak centtang dan lain sebagainya. Tips cepat mengisi pertanyaan di kolom adalah cukup hanya menekan “Enter” untuk mulai menambahkan yang lainnya.

Setelah selesai membuat Google Form sesuai dengan yang Anda inginkan, jangan lupa cek dulu hasilnya untuk memastikan Google Form Anda sudah benar. Selanjutnya Anda tinggal mengirimkan Google Form yang dibuat dengan menggunakan fitur “Send” atau “Kirim”.

Uraian diatas adalah informasi update yang mengulas cara membuat Google Form di laptop untuk kuesioner dengan mudah dan praktis. Tidak perlu waktu yang lama atau skil tertentu untuk bisa membuat Google Form yang bagus. Anda bisa menggunakan software yang satu ini untuk berbagai kepentingan mulai dari materi dan ujian sekolah online, absensi, kuesioner pekerjaan dan lain sebagainya.

Tidak hanya di laptop ataupun komputer, kita juga bisa membuat Google Form dengan menggunakan HP Android atau Smartphone saja loh. Jadi kapanpun dan dimanapun, Anda bisa membuat Google Form sesuai kebutuhan. Manfaatkan setiap teknologi yang disediakan untuk semakin memudahkan Anda dalam berbagai hal urusan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel