-->

Cara Screenshoot di Laptop dan Komputer semua Merek dengan Cepat

Semenjak wabah virus corona yang terus merajela, hampir semua kegiatan terdampak. Salah satunya adalah kita tidak dapat keluar rumah untuk bekerja, bersekolah, liburan, jalan jalan dan lain sebagainya sesuka hati. Kita pun dianjurkan untuk hanya dirumah saja dan mengerjakan segala sesuatu secara online. Ingin mengabadikan moment saat video call melalui zoom, google meet, skype di laptop atau komputer dengan cara screenshot? Tapi tidak tahu caranya?

Jangan khawatir, Anda bisa mengambil foto saat melakukan pertemuan meeting di aplikasi video conference dengan mudah dan cepat. Mungkin kalau menggunakan HP Android maupun smartphone, Anda sudah tahu bagaimana cara mengambil tangkapan layar tersebut. Tapi bagaimana dengan laptop dan komputer? Ada tuturialnya loh, bahkan caranya sangat gampang dan mudah sekali.

Anda cukup memanfaatkan beberapa tombol di keyboard Anda, maka secara otomatis gambar layar bisa diambil bahkan bisa langsung tersimpan di perangkat laptop atau komputer. Namun, cara screenshoot di Laptop dan Komputer berbeda beda di semua Merek. Misalnya ada cara screenshoot di laptop HP, Lenovo, Acer, Asus, dell atau pada laptop window 10, window 8, window 7 dan lain sebagainya.

Nah, sebagai berikut pada uraian sebagai berikut akan dijelaskan secara singkat bagaimana cara screenshot di laptop dan komputer masing masing merek dengan mudah dan cepat yang dapat Anda ketahui. Mari simak.

Cara Screenshot di Laptop dan Komputer semua Merek dengan Cepat


1. Dengan tombol PrintScreen

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk screenshoot di Laptop dan Komputer adalah memanfaatkan tombol PrintScreen yang ada di keyboard Anda. Umumnya, tombol tersebut berada di bagian atas sebelah Kanan dengan singkatan “PrtSc”. Nah, tahukah Anda kalau tombol ini sendiri mempunyai fungsi untuk screenshot loh. Jadi, dikeyboard Anda ternyata ada tombol untuk fungsi tersebut secara khusus.

Cara menggunakan tombol PrintScreen sangat mudah dan cepat. Namun, untuk mengambil tangkapan layar dengan cara ini Anda tidak dapat menyesuaikan ukuran layar yang diinginkan. Sebab tombol ini mengambil slot copy laptop atau komputer secara otomatis. Lebih spesifik caranya adalah sebagai berikut :
  • Langkah pertama, silahkan untuk membuka halaman pada laptop yang ingin Anda screenshot. Misalnya kalau Anda sedang melakukan video meeting menggunakan zoom, Anda juga bisa langsung menerapkan cara ini.
  • Coba tekan tombol “PrintScreen” tersebut satu kali. Nah, pada saat menekan tombol tersebut tidak akan terjadi reaksi apa apa, namun jangan khawatir sebab sebenarnya hasil gambar telah tersimpan secara otomatis di clipboard.
  • Selanjutnya, Anda hanya tinggal mempastekannya saja di Paint, Word atau aplikasi lainnya kemudian beri nama dan simpan dengan pilih File dan Save As.
  • Sebelum menyimpan Anda juga bisa melakukan edit terlebih dahulu di aplikasi edit gambar tersebut.

2. Dengan Aplikasi Snipping Tool

Selain menggunakan tombol PrintScreen yang sudah dibahas tadi, Anda juga bisa memanfaatkan teknologi yang lainnya yakni aplikasi Snipping Tool. Aplikasi ini mudah dipasang dilaptop dan hanya butuh penginstalan saja. Berbeda dengan penggunaan tombol PrintScreen yang mengambil seluruh tampilan layar penuh, Snipping Tool memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar sesuai dengan ukuran yang Anda butuhkan.

Bagaimana caranya? Selengkapnya terkait Langkah langkahnya adalah sebagai berikut :
  • Pertama tama buka halaman yang ingin Anda screenshot. Lalu cara menangkap layar di laptop atau komputer dimulai dengan cara menekan tombol windows, lalu ketikan Snipping Tool pada program dan buka.
  • Nah, pada jendela Snipping Tool ini terdapat 4 mode yang dapat Anda pilih. Anda cukup pilih opsi “New” yaitu free form snip untuk screenshot sesuai bentuk yang Anda inginkan. Rectangular Snip untuk screenshot dengan bentuk 4 sisi sesuai kebutuhan. Untuk Window dan Full Screen Snip sama sama memiliki fungsi untuk menangkap satu layar penuh.

3. Dengan Aplikasi PhotoScape

Aplikasi PhotoScape juga dapat digunakan untuk screenshot layar di laptop maupun komputer. Bahkan car aini juga tidak kalah mudahnya. Anda hanya perlu memiliki aplikasi ini di perangkat Anda. Untuk memulai mengambil gambar Anda tinggal mencari area yang ingin di Screenshot, lalu buka aplikasi PhotoScape dan pilih “Screen Capture” atau “Menangkap Layar”.

Setelah mengambil gambar atau hasil screenshot Anda dapat memotong atau “Crop” atau mengeditnya sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya menambahkan tulisan, memberikan bingkai atau mengambil beberapa foto untuk dijadikan satu frame. Menarik sekali bukan?

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas cara screenshot di laptop dan komputer semua merek dengan cepat dan mudah yang bisa Anda ketahui. Bagaimana? Mudah sekali bukan? Cukup dengan tahu tips dan triknya Anda sudah bisa mengambil foto dari zoom, google meet, skype ataupun video call di Whatsapp, Instagram dan media sosial lainnya.

Cara screenshoot di laptop saat zoom dan lain sebagainya ini bisa Anda segera terapkan untuk menikmati segala kemudahan dalam memanfaatkan teknologi. Pastikan Anda bisa menggunakan berbagai fitur di perangkat Anda baik laptop maupun komputer dengan maksimal saat akan belajar online, meeting online, atau mengerjakan tugas, laporan pekerjaan dan lain sebagainya sehingga kegiatan sehari hari bisa maksimal meskipun hanya dari rumah. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel