-->

7 Tips yang Harus Dilakukan Setelah Membeli HP Android Baru

Memiliki HP Android atau Smartphone di jaman sekarang ini memang sudah bukan suatu hal yang rahasia lagi. Ya, HP sendiri sudah menjadi benda yang wajib dimiliki oleh setiap untuk melakukan berbagai kegiatan. Mulai dari bekerja, sekolah sampai dengan hiburan. Namun, tidak hanya pintar dalam menggunakannya, kita juga mau pintar dalam merawatnya khususnya saat pertama kali membeli HP baru. Apa saja tips yang harus dilakukan setelah membeli HP baru?

Untuk membeli HP baru bagi beberapa orang mungkin mudah saja, namun bagi beberapa orang lainnya mungkin sangat susah. Misalnya mereka harus menabung sekian lama terlebih dahulu untuk bisa membeli Handphone impian. Setelah berhasil membelinya, kita tentu mau merawatnya hingga bisa digunakan selama mungkin bukan? Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan di awal penggunaan?

Pada saat baru membuka kotak HP baru, kita bisa melihat tampilan layar ponsel yang masih kinclong, mulus dan bagus sekali. Kita mungkin ingin terburu buru untuk segera memakainya. Namun, sebenarnya Anda perlu tahu kalau HP baru kita perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelum siap digunakan untuk berbagai hal. Apa saja persiapan tersebut?

Nah, coba deh simak informasi selengkapnya yang membahas cara dan tips yang harus dilakukan setelah membeli HP Android baru pada ulasan di bawah ini. Cekidot.

7 Tips yang Harus Dilakukan Setelah Membeli HP Android Baru


1. Nonaktifkan HP dan isi baterai sampai 100 persen

Tips pertama yang perlu Anda lakukan setelah membeli HP baru adalah menonaktifkan atau mematikan HP terlebih dahulu kemudian mengisi daya HP sampai penuh. Bagaimana jika Anda sudah tidak sabar untuk menggunakan HP baru?

Jangan khawatir, sebab banyak HP canggih sudah dirancang dengan teknologi fast charging yang memungkin proses isi daya yang cepat. Beberapa jenis HP bahkann hanya menghabiskan waktu sebanyak 2 sampai 3 jam saja supaya baterai HP terisi penuh.

2. Mengatur kata sandi dan layar kunci

Setelah selesai mengisi baterai sampai penuh, selanjutnya yang bisa Anda lakukan pertama tama adalah mengatur kata sandi dan layar kunci. Hal ini penting untuk melindungi privasi Anda. Ada berbagai macam jenis password yang dapat Anda gunakan. Mulai dari membuat kata sandi yang terdiri dari angka atau kombinasi antara huruf dan angka, nomor PIN, atau menggunakan pola kunci layar.

Karena dunia sudah semakin canggih, HP jaman sekarang juga sudah dibekali dengan fitur face lock atau sidik jari. Nah dengan fitur yang tersedia ini akan mencegah seseorang yang mau melanggar privasi kita dan tidak bisa membuka HP baru kita tanpa izin.

3. Mengkoneksikan dengan Akun Google

Hal yang penting berikutnya yang bisa dilakukan adalah segera mengkoneksikan dengan akun google. Semua hal yang Anda lakukan menggunakan ponsel baru membutuhkan akses layanan dari google. Misalnya untuk memulai Gmail, Google Chrome, Google Maps, Google Drive dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, yang terpenting adalah Anda harus terkoneksi dengan Gmail supaya bisa menggunakan akun media sosial dan berbagai aplikasi di Android.

4. Mengisi Aplikasi Sesuai Kebutuhan

Punya HP baru tapi kalau tidak ada aplikasi mungkin Hp tersebut menjadi tidak terlalu berguna bukan? Kita membutuhkan software untuk menjalankan Android sesuai kebutuhan kita. Misalnya, kita mau download aplikasi belanja online, dompet digital, game, media sosial dan lain sebagainya. Meski beberapa aplikasi penting sudah tersedia di HP Anda, namun banyak aplikasi terkenal lainnya harus Anda download dan install sendiri.

Jangan lupa, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti terhindar dari terinfeksi virus dan malware, Anda disarankan hanya mendownload dan menginstal aplikasi dari sumber resmi yaitu Google Playstoore atau AppStore.

5. Unduh Aplikasi Data Plan

Setelah memiliki HP baru jangan sampai membuat kita lupa diri dengan asyik menjelajah fitur dan mendownload banyak aplikasi baru. Memang Anda tidak dilarang melakukan hal ini, namun jangan sampai kuota internet Anda jebol. Nah, salah satu solusi untuk mengatasi hal ini dan mencegah Anda untuk menggunakan paket internet berlebihan adalah dengan memanfaatkan bantuan aplikasi Data Plan.

6. Update pembaharuan perangkat lunak

Selanjutnya yang tidak kalah penting untuk Anda ingat adalah selalu lakukan update perangkat. Jangan lupa melakukan pembaharuan setiap ada update. Tujuannya penting yakni bermanfaat dalam memperbaiki bug dan memperlengkapi ponsel Anda dengan fitur baru.

7. Mengklaim garansi jika ada kerusakan

Sewaktu membeli HP baru kita juga akan mendapatkan kartu garansi selama kurun waktu tertentu. Kartu tersebut dapat kita gunakan sewaktu waktu mengalami kerusakan dari pabrik yang kita sadari setelah membeli HP baru. Apabila terjadi kerusakan, jangan ragu untuk mengklaim garansi ya. Namun, ingatlah kalau garansi ini tidak mencangkup rusak akibat kesalahan sendiri seperti terbanting, jatuh atau terkena air.

Inilah informasi update yang membahas beberapa cara dan tips yang harus dilakukan setelah membeli HP Android atau Smartphone baru yang bisa Anda ketahui. Menarik sekali bukan? Ternyata setelah membeli HP baru kita disarankan untuk mempersiapkannya terlebih dahulu sebelum siap untuk digunakan. Anda juga bisa mulai dengan memperhatikan cara penggunaan di buku panduan pengguna HP yang biasanya selalu ada sebagai salah satu kelengkapan perangkat.

Dengan mempersiapkan HP baru Anda terlebih dahulu sesuai dengan cara penggunaan yang baik dan benar, akan membantu Anda sebagai pengguna untuk menjaga dan merawat Kesehatan ponsel dari awal penggunaan sampai dengan selesai. Jadilah pengguna yang baik untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari penggunaan teknologi. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel