-->

Cara Membuat Dokumen RAR dengan Mudah dan Cepat

Membuat file menjadi RAR mempunyai banyak sekali keuntungan. Beberapa diantaranya adalah dari segi ukuran yang dapat di kompres sampai dengan berkali kali lipat untuk mendapatkan size yang lebih kecil. Menarik sekali bukan? Namun, banyak orang ternyata belum mengetahui bagaimana cara membuat dokumen RAR dengan mudah dan cepat?

Apa itu Zip dan RAR? Ya, beberapa orang belum mengetahui pengertian dari istilah tersebut. Nah, Zip atau RAR ini sendiri memiliki perbedaan. Zip adalah istilah sebutan untuk format file standar yang dapat diaktifkan melalui sistem operasi apapun sedangkan untuk format RAR memerlukan alat tambahan lain untuk dapat memprosesnya.

Mengubah file folder menjadi Rara tau Winrar atau Zip bisa dilakukan dengan beberapa cara mudah. Anda bisa menggunakannya secara online di PC laptop, komputer bahkan HP Android atau Smartphone. Dengan menerapkan metode canggih ini Anda bisa dipermudah dalam hal mengarsipkan beberapa file atau dokumen menjadi satu sehingga prosesnya menemukan dokumen menjadi lebih cepat atau ketika akan mengupload dan mendownload file tersebut.

Ingin tahu cara membuat dokumen RAR dengan mudah dan cepat untuk para pemula yang baru mencoba? Yuk simak Langkah Langkah membuat file menjadi satu di RAR pada informasi sebagai berikut.

Cara Membuat Dokumen RAR dengan Mudah dan Cepat


1. Cara Mengompress File menggunakan Winrar

Cara pertama yang kita bahas adalah cara mengompres file dengan menggunakan Winrar. Hanya membutuhkan beberapa Langkah saja, Anda bisa mengompres dokumen atau file yang memiliki ukuran cukup besar. Lebih spesifik caranya adalah sebagai berikut :
  • Pertama tama buka direktori file yang Anda ingin untuk dikompres menggunakan Winrar.
  • Setelah menemukan dokumen yang dimaksud silahkan untuk klik kanan pada file atau dokumen tersebut, kemudian pilih “Add to Archive
  • Setelah itu secara otomatis akan dimunculkan jendela baru. Anda cukup mengklik “OK” saja
  • Sampai dengan tahap ini, Anda tinggal tunggu selama beberapa waktu sampai dengan proses pengompresan selesai.
  • Selesai.

2. Cara Mengompres banyak File menjadi satu

Nah, jika Anda ingin mengompres banyak file sekaligus menjadi satu cara yang digunakan berbeda dari cara yang sudah kita bahas diatas. Nah, untuk mengompres beberapa file atau dokumen menjadi satu entah untuk keperluan pengarsipan atau untuk kirim ke pengguna lainnya Anda dapat menggunakan cara ini :
  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat sebuah folder terlebih dahulu. Kemudian setelah itu barulah masukkan beberapa file atau dokumen yang ingin Anda arsipkan menjadi satu file RAR ke dalam folder yang Anda buat tadi.
  • Berikutnya, Anda tinggal mengklik kanan di folder tersebut lalu pada jendela yang terbuka silahkan pilih “Add to Archive”
  • Nah pada tahap ketiga ini, Anda dipersilahkan untuk mengatur setting untuk kompresi pada Winrar. Apabila semua pengaturan sudah selesai, jangan lupa klik “OK” untuk memulai proses pengkompresian file dalam folder tersebut.
  • Tunggulah selama beberapa waktu hingga proses kompres selesai. Biasanya lama waktu kompres file tersebut tergantung dari besar kecilnya ukuran file atau dokumen serta spesifikasi perangkat yang Anda gunakan.
Keterangan :
Untuk mengisi pengaturan setting untuk kompresi Winrar terdiri dari :
  1. Archive Name, yakni diisi dengan nama File RAR sesuai dengan keinginan Anda. Jangan lupa untuk memberikan akhiran dengan ekstensi .RAR.
  2. Archive Format, dapat diisi dengan memilih opsi RAR.
  3. Compression Method, sedangkan untuk pilihan yang satu ini, Anda cukup pilih “Normal” atau sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

3. Cara Membuat RAR dengan beberapa bagian

Beberapa dari Anda juga mungkin memiliki kebutuhan untuk membuat RAR menjadi beberapa bagian. Khususnya mungkin kita bisa khawatir saat akan mengupload file tertentu, namun takut mengalami kegagalan karena size yang mungkin terlalu besar. Jika demikian, Anda bisa simak pada cara dan Langkah Langkah berikut ini :
  • Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengompres file atau dokumen menjadi beberapa bagian adalah mengklik kanan pada file yang ingin Anda kompres. Kemudian saat jendela baru dimunculkan secara otomatis silahkan untuk memilih “Add to Archive
  • Langkah kedua, Anda perlu mengatur beberapa pengaturan seperti Archive nama atau Compression method dan lain sebagainya sama seperti cara sebelumnya yang sudah dibahas. Perhatikan juga bagian Split to Volume, Sizes. Dimana Anda perlu memasukkan nilai yang dibutuhkan dan masukkan satuannya juga. Mislanya 8 MB, 10 MB dan lain lain. Setelah selesai, jangan lupa klik “OK
  • Sampai tahap ini, tunggu sampai proses mengompresnya selesai.

Selesai, kini WinRar secara otomatis telah memecah file hasil kompres yang Anda lakukan tadi.
Uraian diatas adalah informasi update yang mengulas cara membuat dokumen RAR dengan mudah dan cepat untuk Anda yang baru saja ingin mencoba. Mudah sekali bukan? Anda tidak membutuhkan keahlian tertentu untuk membuat dokumen RAR, bahkan hanya dengan waktu yang singkat saja Anda sudah bisa mengarsipkan beberapa dokumen sekaligus.

Manfaatkan teknologi RAR ini segera untuk mempermudah Anda dalam berbagai hal kepentingan khususnya dalam hal pengarsipan dokumen yang rapi kapan saja dimana saja. Sebab RAR sendiri sudah mendukung penggunaan untuk beberapa perangkat sekaligus jadi Anda bisa menyesuaikan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel