-->

Mengenal Macam macam Aksesoris Komputer beserta Fungsinya lengkap

Komputer adalah perangkat elektronik yang sudah cukup lama ada daripada perangkat canggih lainnya seperti laptop, handphone, tablet dan lain sebagainya. Sampai sekarang komputer masih menjadi pilihan bagi banyak orang untuk mengerjakan tugas, pekerjaan, Pendidikan maupun kepentingan lainnya. Komputer bisa digunakan untuk berbagai kegiatan karena didukung oleh macam macam aksesoris dengan fungsinya yang lengkap.

Apakah Anda tahu, apa saja aksesoris komputer yang populer dan sering digunakan? Anda mungkin akan menjawab beberapa diantaranya adalah keyboard, speaker, mouse, kamera dan lain sebagainya. Yaa, perlengkapan tersebut dapat membuat penggunaan komputer menjadi lebih optimal. Bahkan jika tidak ada salah satu dari aksesoris tersebut, fungsi komputer menjadi tidak maksimal bukan?

Baru beli komputer baru? Mau memperlengkapi komputer Anda dengan aksesoris canggih sehingga bisa menjadi perangkat serbaguna? Tapi belum mengenal apa saja macam macam aksesoris komputer? Jangan khawatir, berbagai referensi aksesoris komputer bisa membantu Anda. Anda akan dibantu mengenal bagian bagian komputer yang Anda butuhkan. Informasinya bisa Anda simak pada ulasan berikut ini. Mari simak.

Mengenal Macam macam Aksesoris Komputer beserta Fungsinya lengkap


1. Monitor

Monitor adalah salah satu perangkat keras utama yang digunakan sebagai bagian dari komputer. Monitor memiliki fungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data berupa grafis dengan kata lain monitor adalah alat output. Untuk memilih monitor yang cocok Anda bisa memilih berdasarkan ukuran dan resolusinya yang bermacam macam.

Untuk kualitas monitor sendiri tergantung dari beberapa aspek. Misalnya resolusi, tingkat kecerahan, pixel pitch, waktu respons dan perbandingan kontrasnya. Nah untuk bagian pixel, jika semakin tinggi jumlah pixelnya maka semakin tinggi pula resolusi monitornya.

2. Keyboard

Papan kunci kerap disebut dengan nama keyboard. Keyboard memiliki deretan huruf dan angka yang digunakan untuk mengetik atau memasukkan data yang kita inginkan. Beberapa bagian komputer juga bisa memasukkan perintah. Keyboard sendiri memiliki beberapa jenis, beberapa diantaranya adalah keyboard QWERTY, keyboard KLOCKENBERG, keyboard DVORAK, keyboard Numeric, keyboard Maltron dan keyboard alphabetic.

3. Mouse

Seperti halnya Keyboard di poin sebelumnya, mouse juga tergolong alat input yang sangat penting untuk bisa mengoperasikan komputer. Fungsi mouse sendiri adalah untuk menggerakkan kursor atau menunjuk software atau aplikasi yang ingin dijalankan.

Lantas, mengapa diberi nama mouse? Ya, ini karena memang bentuknya yang dibuat menyerupai hewan tikus. Dijaman yang canggih sekarang sudah banyak jenis mouse seperti mouse serial, mouse PS2, Mouse Wireless, dan mouse USB.

4. Speaker

Sesuai dengan Namanya perangkat keras yang satu ini tentu memiliki fungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan berupa suara. Khususnya untuk Anda yang menyukai kegiatan mendengarkan music, menonton video, atau pekerjaan, Pendidikan yang tidak lepas dari audio, speaker menjadi perangkat yang wajib saat menggunakan komputer. Tanpa adanya speaker Anda tidak akan dapat mengoperasikan komputer secara maksimal sesuai dengan tujuannya tersebut.

5. Webcame

Dalam beberapa kegiatan pemanfaatan komputer dalam kehidupan sehari hari memang tidak memerlukan kamera. Namun dalam beberapa kegiatan lainnya kamera menjadi hal yang wajib disediakan saat menggunakan komputer. Kamera disebut juga dengan istilah webcam uang membantu untuk mengambil gambar ataupun video melalui jaringan internet Anda.

6. Microphone

Berbeda dengan perangkat lainnya yang sudah kita bahas diatas, Microphone adalah salah satu perangkat yang kita kenal untuk menangkap gelombang suara, lalu selanjutnya akan diubah menjadi sinyal listrik analog yang bisa dipahami oleh komputer.

Apabila Anda menggunakan komputer untuk konferensi video, membuat konten youtube atau hal lainnya yang berkaitan dengan pengambilan suara Anda, silahkan untuk menyiapkan aksesoris yang satu ini juga.

7. Modem

Aksesoris lainnya yang juga cukup penting untuk disediakan adalah Modem. Biasanya kalau komputer kita tidak terhubung ke internet akan sangat terasa kurang lengkap bukan? Nah, komputer bisa tersambung ke jaringan internet dengan menggunakan modem. Asal ada kuota data dan sinyal yang mendukung, dengan modem Anda bisa berselancar di internet secara online sepuasnya di komputer.

8. USB Transfer data

USB Transfer Data adalah salah satu aksesoris dengan fungsi lainnya yakni untuk melakukan pemindahan data antara perangkat satu dengan perangkat elektronik lainnya. Demikian pula komputer, Anda bisa memindahkan dengan mudah sebuah data dari laptop, handphone kekomputer atau bahkan sebaliknya. Anda juga bisa menyimpan data tersebut di flashdisk itu saja. Menarik bukan?

Uraian diatas adalah informasi terbaru yang membahas macam macam aksesoris komputer beserta fungsinya secara lengkap. Anda bisa memikirkan aksesoris komputer apa saja yang kira kira Anda butuhkan sesuai dengan tujuan penggunaan komputer tersebut. Misalnya untuk komputer gaming, komputer kantor, komputer untuk belajar, komputer untuk meeting konferensi video dan lain sebagainya.

Baca Juga : Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer

Sekarang ini juga sudah banyak sekali jenis komputer yang dirancang sangat canggih. Namun, ketahuilah bahwa Namanya komputer, Anda harus tetap menyediakan beberapa aksesoris yang mendukungnya. Sehingga komputer dengan performa super pun bisa dimanfaatkan dengan sebaik baiknya. Pastikan juga Anda membeli atau mendapatkan aksesoris komputer yang berkualitas bagus. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel