-->

Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer Seharian Cegah Mata Rusak

Bekerja seharian di depan komputer menjadi salah satu hal yang umum dikhawatirkan membuat mata cepat rusak. Pasalnya menatap layar komputer memberikan efek yang negatif apabila tidak dilakukan dengan baik dan benar dengan memperhatikan kesehatan. Untuk itu, setidaknya Anda harus tahu cara dan tips sehat bekerja di depan komputer seharian untuk mencegah mata rusak.

Anda tentu pernah dengar pepatah yang bilang “lebih baik mencegah daripada mengobati” bukan? Istilah ini memang benar adanya. Selagi kita masih bisa mencegahnya dari sekarang, alangkah lebih baik mempersiapkan diri supaya terhindar dari bahaya penyakit akibat kesalahan posisi saat bekerja di depan komputer maupun perangkat elektronik terkenal lainnya seperti laptop, Handphone Android, Gadget dan lain lain.

Berbagai gangguan bisa menjadi ancaman karena rutinitas kegiatan yang buruk. Cobalah untuk menyesuaikan diri Anda terhadap rutinitas Anda khususnya pada saat bekerja untuk menghindari segala kemungkinan penyakit yang muncul. Beberapa diantaranya adalah seperti gangguan persendian, sakit punggung sampai dengan sakit mata.

Sebagai berikut akan dibahas tips dan trik bekerja didepan komputer seharian yang baik untuk mencegah mata rusak atau gangguan kesehatan lainnya. Yuk simak.

Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer Seharian Cegah Mata Rusak


1. Mengatur Jarak Pandang

Langkah pertama yang perlu Anda perhatikan saat bekerja di depan komputer adalah mengatur jarak pandang. Hal ini menjadi poin yang sangat penting sebab sinar komputer bisa berbahaya bagi mata jika tidak ditempatkan pada jarak pandang yang baik dan benar. Tidak hanya itu, apabila jarak pandang tidak seimbang, berakibat juga terhadap persendian yang beresiko terkena gangguan seperti halnya sakit leher dan bahu.

2. Sering Minum Air Putih

Minum air putih sudah seringkali menjadi tips sehat dalam berbagai kesehatan. Khususnya juga sewaktu Anda saat bekerja, jangan sampai Anda kurang minum air putih. Air putih sendiri disini berperan dalam membantu menjaga kelembapan kulit. Memang, kalau banyak minum air putih menyebabkan kita harus sering ke toilet, namun inilah yang baguu karena membuat tubuh Anda tetap harus bergerak.

3. Bunyikan Alarm setiap satu jam sekali

Meskipun ada banyak kerjaan yang harus Anda kerjakan setiap hari di depan komputer, tubuh Anda juga perlu gerak. Oleh sebab itu, cobalah luangkanlah hanya sedikit waktu untuk menggerakkan badan Anda. hal ini menjadi poin yang sangat penting juga karena dibutuhkan untuk melancarkan aliran darah dan merenggangkan otot oto yang kaku. Tidak perlu bergerak yang sulit, bisa hanya berjalan mengelilingi ruangan atau menuruni tangga secukupnya saja.

4. Mengatur tampilan layar

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengatur tampilan layar Anda. bagaimana caranya? Anda hanya cukup mengatur besar kecil tampilan layar komputer yang pas. Pas dalam arti upayakan untuk jamgan terlalu kecil dan terlalu terang sebab tampilan layar yang terlalu dan terlalu terang dapat menyebabkan mata Anda cepat kelelahan bahkan menyebabkan sakit kepala.

5. Berkedip

Tips berikutnya ini mungkin tampak sederhana. Namun, tahukah Anda manfaatnya sendiri sangat besar. Dengan berkedip, dapat mengurangi resiko gangguan pada mata Anda. Hal ini tentu sangat cocok untuk Anda yang sering bekerja di depan komputer seharian, Anda bisa berkedip atau menutup mata dalam beberapa saat untuk mengistirahatkan mata dari aktivitasnya. Lakukan secara terus menerus daam kurun waktu tertentu sampai Anda selesai bekerja.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang memberitahu Anda terkait cara dan tips bekerja di depan komputer yang sehat. Dengan memperhatikan cara yang benar dalam bekerja dengan komputer, Anda bisa mencegah kemungkinan penyakit yang mengganggu rutinitas Anda tersebut. Ingatlah meskipun Anda bekerja seharian dan setiap hari, tetap imbangi dengan pola hidup yang sehat.

Perlakuan ini sebenarnya tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan Anda secara pribadi, namun juga mampu meningkatkan rasa nyaman saat bekerja. Terlebih lagi Anda bisa produktif dan tidak khawatir kalau ada gangguan kesehatan sebab Anda sudah melakukan tindak pencegahan. Anda juga bisa konsultasikan hal ini dan cek rutin kesehatan Anda di dokter kepercayaan Anda. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel