-->

Mengenal Arti Warna Menurut Psikologi yang Belum Banyak Diketahui

Ingatkah Anda, sewaktu masih kecil dan baru mengenal warna, apa yang Anda rasakan? Kita semua pasti merasakan takjub dan bersyukur atas banyaknya warna yang indah bukan? Tidak hanya sekedar indah, warna warna tersebut memiliki arti menurut psikologi yang belum banyak diketahui orang. Misalnya arti warna biru, arti warna hijau, arti warna kuning, arti warna hitam, arti warna emas, arti warna ungu dan masih banyak lagi.

Sewaktu mewarnai dan melukis kita sangat bahagia karena melihat banyak warna dan perpaduannya menggunakan berbagai jenis pensil warna. Apa warna kesukaan Anda? Mungkin beberapa orang lebih menyukai warna yang cerah, warna yang kalem atau warna yang melambangkan kebahagiaan atau bahkan kesedihan. 

Tidak heran Sebagian orang juga penasaran apa sebenarnya arti dan warna tersebut. Apakah Anda juga penasaran? Mungkin Anda ingin mencari arti dari warna favorit Anda atau psikologi warna yang terpopuler menurut para ahli.

Sebenarnya semua arti dan warna adalah baik. Namun, beberapa warna mungkin lebih identik dengan sesuatu. Seperti warna pink atau dalam Bahasa Indonesia adalah warna merah muda adalah warna untuk Wanita yang feminim dan masih banyak lagi. Nah, pada uraian berikut ini kita akan coba mengenal arti banyak warna menurut psikologi yang umumnya belum banyak diketahui. Yuk simak.

Mengenal Arti Warna Menurut Psikologi yang Belum Banyak Diketahui


1. Arti Warna Merah

Warna merah sering dikaitkan dengan keberanian. Hal ini sesuai karena warna ini memberikan aura yang kuat untuk memberi energi dan gairah untuk menyerukan adanya suatu tindakan. Nah, apa arti warna merah menurut psikologi? Dalam psikologi warna ini memberikan arti sebagai simbol kekuatan, keberanian, energi untuk melakukan suatu tindakan. Merah juga melambangkan kegembiraan.

2. Arti Warna Jingga

Warna jingga yang biasa disebut warna orange ini merupakan kombinasi antara warna merah dan kuning. Warna ini identic dengan kehangatan musim gugur dan juga keindahan saat matahari terbenam. Sehingga arti dan maknanya memberikan simbol kehangatan, petualangan, percaya diri, optimism serta kemampuan untuk bersosialisasi. Warna hangat ini sering digunakan untuk memperingati kenangan manis.

3. Arti Warna Biru

Warna biru tua menurut psikologi adalah warna yang mampu merangsang pemikiran yang jernih. Sedangkan untuk biru muda adalah membantu untuk menenangkan pikiran serta meningkatkan konsentrasi. Tidak heran biru memberikan nuansa ketenangan. Namun apabila warna biru diambil dari warna dingin atau es maka bisa memberikan kesan sedih, kesendirian, relaksasi serta refleksi sebuah kesunyian.

4. Arti Warna Kuning

Warna kuning secara psikologi mengarah ke warna yang paling Bahagia. Warna ini cocok digunakan oleh mereka yang ekstrovert atau ingin tampil dan diperhatikan oleh orang lain. Nah, disisi lain kuning juga identic dengan matahari yang terlihat alami, keberadaannya inilah yang bisa merangsang pikiran juga mental. Warna ini bisa digunakan untuk membantu penalaran secara analitis dan logis.

5. Arti Warna Hitam

Hitam identic dengan warna yang gelap, suram, namun elegan. Sebenarnya apa makna dari warna hitam ini? Warna hitam dapat melambangkan kemakmuran, keanggunan, kecanggihan serta warna yang menunjukkan independent dan penuh dengan misteri. Biasanya warna ini disukai oleh anak muda yang sedang dalam fase penuh misteri untuk menemukan jati diri.

6. Arti Warna Hijau

Sebagaimana yang kita tahu warna hijau sendiri identic dengan warna alam dan memberikan kesan yang santai dan sejuk. Nah, berdasarkan cara pandang psikologi, warna hijau ini akan membantu seseorang yang tertekan untuk bisa menyeimbangkan Kembali emosinya serta mendorong keterbukaan untuk berkomunikasi. Hal tersebut diyakini karena efek dari relaksasi yang menenangkan yang terdapat dalam warna ini.

7. Arti Warna Merah Muda

Warna merah muda atau yang biasa disebut dengan warna pink ini merupakan warna perpaduan antara warna merah dan putih. Secara keseluruhan kedua warna ini memang memiliki arti yang berbeda. Namun warna merah muda sendiri mampu merepresentasikan prinsip yang feminim dan umumnya disukai oleh wanita. Warna ini memiliki nuansa yang penuh kelemahlembutan, romansa dan peduli.

8. Arti Warna Putih

Bagi para pekerja di bidang Kesehatan pasti sudah mengetahui bahwa warna ini memberikan kesan yang steril dan bersih. Putih sendiri adalah warna yang murni dan tidak dipadukan atau dicampur dengan apapun sehingga memberikan kesan yang bersih dan suci layaknya kertas putih. Tahukah Anda salah satu kelebihan warna putih adalah kemampuannya dengan baik membantu untuk mengurangi rasa nyeri.

9. Arti Warna Ungu

Ada yang bilang kalau warna ungu adalah warna janda. Ya, ungkapan ini sudah umum ditemui di Indonesia. Lantas apa sebenarnya makna dari warna ungu ini? Warna ungu disebut sebagai warna yang melambangkan keagungan, kebijaksanaan, kemewahan sehingga pada jaman dulu kerap dikaitkan dengan nuansa kerajaan.

10. Arti Warna Cokelat

Berikutnya adalah warna cokelat yang merupakan salah satu warna yang mengandung unsur bumi. Warna cokelat bisa memberikan kesan yang nyaman, aman dan hangat. Secara psikologis warn aini juga memberikan kesan yang kuat serta dapat diandalkan. Warna ini juga dapat dikatakan sebagai symbol pondasi dan kekuatan hidup.

Uraian diatas adalah informasi update yang membahas seputar arti warna menurut psikologi yang belum banyak diketahui. Masing masing warna memiliki arti dan maknanya sendiri, manakah warna yang memiliki arti sesuai dengan diri Anda atau warna yang mampu mendeskripsikan diri Anda? Apakah Anda orang yang berani? Orang yang menyukai kelembutan? Atau orang yang menyukai kebersihan?

Setiap orang diantara kita pasti punya warna kesukaan masing masing. Dengan warna kita bisa menikmati hidup. Benar sekali kalimat populer yang mendefinisikan kebahagiaan seperti “Hidupku berwarna” karena sebenarnya warna bisa menjadi sumber kebahagiaan yang tidak kita sadari. Warna bisa menunjukkan perasaan, objek, cahaya, mata serta otak dalam persepsi secara kompleks. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel