-->

10 Jenis Kertas yang sering digunakan dalam kehidupan sehari hari

Kertas sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari khususnya dalam bidang pendidikan. Beberapa kegiatan sederhana yang membutuhkan kertas adalah kegiatan mencatat, menggambar, melukis sampai dengan media percetakan. Setiap kegiatan tersebut menggunakan jenis kertas yang berbeda beda yang disesuaikan dengan fungsinya.

Dalam kehidupan sehari hari di toko alat tulis, toko buku kita bisa menemui banyak jenis nama kertas. Contohnya ada kertas HVS, Karton, NCR, Buffalo, Origami, Watercolor dan masih banyak lagi. Jenis kertas seperti apa ya itu? Apa fungsinya? Atau apa yang membedakan satu jenis kertas dengan kertas lainnya? Jangan sampai Anda salah dalam membeli jenis kertas.

Karena ada begitu banyak sekali macam macam kertas yang bisa kita temui, kamu mungkin bingung jenis kertas mana yang cocok digunakan untuk menggambar, membuat surat, atau untuk mencetak. Jangan khawatir, kamu bisa coba untuk kenalan sama jenis jenis kertas itu terlebih dahulu. Dengan mengenal ciri, bahan dan karakteristik kertas, kamu bisa memilih jenis kertas yang cocok untuk digunakan dalam suatu kegiatan.

Nah, karena kertas sangat dekat dengan kehidupan sehari hari, mari kita mengenal jenis jenis kertas yang sering digunakan dalam kehidupan sehari hari tersebut.

Mengenal Jenis jenis Kertas yang sering digunakan dalam kehidupan sehari hari


1. Kertas HVS

Jenis kertas pertama yang kita bahas adalah kertas HVS. Jenis kertas ini sudah sangat populer untuk digunakan dalam berbagai keperluan sehari hari. Kita bisa dengan mudah menemukannya di tempat fotocopy atau alat tulis. Kertas ini biasanya digunakan untuk media cetak print seperti skripsi, karya ilmiah, dokumen perusahan sampai dengan penerbitan buku atau print yang lainnya.

Secara tampilan kertas ini, memiliki ciri berwarna putih dengan permukaan yang kasar dan memiliki ketebalan gsm 70-8- yang juga sangat cocok untuk kegiatan mencatat atau menggambar menggunakan pensil dan pewarna kayu.

2. Kertas NCR

NCR sendiri adalah singkatan dari no carbon required yang merupakan salah satu jenis kertas yang memiliki fungsi umum untuk membuat nota atau termasuk juga untuk pembuatan kwitansi maupun jenis bukti transaksi yang lainnya. Nah, ciri yang mencolok yang membedakannya dengan jenis kertas lainnya adalah dibagian bawahnya terdapat arsip untuk penjual atau si pembuat nota.

Untuk warnanya sendiri ada beraneka macam dimana lembar awal memiliki warna putih kemudian lembar berikutnya berwarna kuning, pink atau biru dan masih banyak lagi varian warnanya.

3. Kertas Art Paper

Bagi Anda yang belum pernah berkecimpung ke dalam dunia perbukuan ataupun penerbitan, mungkin akan asing ketika mendengar kertas Art Paper. Ya, kertas ini sendiri merupakan kertas yang sangat bagus karena memiliki tekstur yang berkilau dan lembut. Umumnya kertas ini digunakan untuk kebutuhan percetakan atau penerbitan buku. Selain itu juga pernah digunakan untuk membuat katalok, flyer sampai voucher.

4. Kertas Kraft

Kertas Kraft adalah jenis kertas yang dimanfaatkan untuk membuat paper bag. Saat ini sudah banyak paper bag yang menarik karena pastinya ramah lingkungan karena dibuat dari kertas yang bisa didaur ulang dengan mudah.

Sedangkan untuk ciri cirinya adalah memiliki warna kecoklatan, dengan tekstur yang tidak halus sama seperti HVS atau juga NCR. Bahkan Kraft lebih bertekstur kasar namun masih banyak yang menggunakannya.

5. Kertas Corrugated

Hampir menyerupai jenis kertas Kraft, namun ternyata ada perbedaan antara kertas Kraft dengan Kertas Corrugated. Perbedaannya adalah pada kertas Kertas Corrugated terdapat permukaan yang bergelombang. Lalu dari segi ketebalannya kertas ini juga memiliki ketebalan yang baik dan lebih cocok dimanfaatkan untuk membuat kardus atau tas kertas.

6. Kertas Bw Carton

Kertas Bw Carton dimanfaatkan dengan nyaman untuk menggambar secara manual. Jadi akan cocok untuk kamu yang suka coret coret menggunakan tangan. Nah, dalam dunia industri perusahaan, jenis kerta ini banyak dimanfaatkan untuk mencetak kartu nama, kalender, sampul buku sampai percetakan poster.

7. Kertas Ivory

Berbeda dengan jenis jenis kertas yang sudah dibahas, Kertas Ivory sering dimanfaatkan untuk membuat kotak kemasan. Variasi ketebalan yang dimilikinya mulai dari ketebalan 210 gsm sampai dengan 400 gsm tergantung dari fungsi yang dimanfaatkan. Ciri Kertas Ivory adalah terdapat kedua sisi yang berbeda. Sisi sebelahnya adalah sisi yang berkilau, namun sisi sebelahnya memiliki bentuk yang redup.

8. Kertas Linen Jepang

Selanjutnya ada kertas linen jepang yang sebenarnya memiliki peruntukan fungsi tidak jauh berbeda dengan kertas BW Carton. Kertas ini bagus digunakan untuk kepentingan mencetak undangan, kalender maupun kertas sertifikat.

9. Kertas Matt Paper

Matt Paper merupakan kertas dengan tampilan fisik yang kurang cerah. Nah, warna redup ini sendiri dirancang sesuai dengan fungsinya yakni untuk menyerap tinta pada saat melakukan proses percetakan. Dengan kata lain kertas ini digunakan untuk mencetak tabloid, majalah ataupun surat kabar loh. Kertas ini lebih tepat untuk percetakan karena mempunyai ketebalan mulai dari 120 gsm sampai 150 gsm.

10. Kertas Art Carton

Kertas Art Carton memiliki ketebalan mencapai 210 gsm, 260 gsm serta 320 gsm. Ketebalan ini bahkan lebih tebal dari kertas lainnya seperti jensi Art Paper. Pemanfaatakan kertas ini digunakan untuk percetakan buku seperti membuat poster, sampul buku, pembuatan pamphlet sampai dengan pembuatan buku menu.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang jenis jenis kertas yang sering digunakan dalam kehidupan sehari hari yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahui dan paham cara membedakannya, kamu bisa lebih mudah menyesuaikan jenis kertas dengan kegiatan yang akan kamu lakukan bukan?

Nah, informasi menarik lainnya seputar kertas yang perlu kamu ketahui adalah seperti darimana kertas dibuat? Yaa, kertas berasal dari bahan serbuk kayu loh. Sudah tahu belum? Oleh sebab itu, jangan boros dalam menggunakan kertas ya, gunakan secara efektif dan sesuai kegunaannya supaya tidak terjadinya penebangan pohon secara brutal hanya untuk memenuhi kebutuhan kita yang tidak ada habisnya ini. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel