-->

Cara Membedakan Flu Biasa dengan Covid yang Tampak Mirip

Pandemi covid 19 sudah berlangsung cukup lama di negara kita, Indonesia dan berbagai negara lainnya. Sampai dengan saat ini korban yang terjangkit virus corona terus mengalami pertambahan setiap harinya. Bahkan sebagian orang merasa sudah terpapar virus corona saat mengalami gejala flu padahal gejala flu tidak selalu karena terinfeksi virus corona. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu cara membedakan flu biasa dengan Covid 19 yang tampak mirip.

Sebagaimana yang kita tahu Covid 19 merupakan infeksi yang menyerang sistem pernapasan pada manusia. Sehingga gejala, tanda, dan ciri cirinya memang seperti terkena flu biasa. Namun, sebagian orang mungkin merasakan gejala yang lebih parah dan berakibat fatal. Saat mengalami flu seperti batuk, pilek, radang tenggorokan, demam dan lain lain kita ingin segera mengetahui apakah kita positif covid 19 atau tidak.

Pemeriksaan ke rumah sakit, puskesmas, atau tenaga medis lainnya mungkin membuat khawatir karena situasi yang ramai dan lain sebagainya. Sebenarnya Anda bisa membedakan flu biasa dengan covid dengan tepat jika tahu tips dan triknya. Meski flu biasa dan Covid 19 sama sama disebabkan oleh virus yang menyerang sistem pernapasan, tetapi kedua virus ini sendiri berasal dari golongan yang berbeda serta karakteristik yang berbeda pula.

Nah, sebagai berikut coba lihat hal hal apa saja yang bisa Anda perhatikan untuk membedakan flu biasa dengan covid yang tampak mirip. Silahkan disimak.

Cara Membedakan Flu Biasa dengan Covid yang Tampak Mirip


FLU BIASA

Flu biasa disebabkan oleh adanya rhinovirus yang menyerang sistem saluran pernapasan manusia. Akibatnya muncul berbagai keluhan yang umum dirasakan seperti halnya hidung dan tenggorokan yang mulai terasa tidak nyaman. Gejalanya adalah meliputi :
  • Hidung tersumbat dan berair
  • Bersin bersin
  • Sakit kepala ringan
  • Sakit tenggorokan
  • Batuk
  • Deman tapi jarang terjadi
 
Gejala tersebut biasanya akan mulai terasa setelah 1 sampai 3 hari setelah seseorang terpapar virus dari orang yang sedang flu atau sakit. Flu juga bisa diakibatkan oleh situasi sehari hari yang kurang sehat seperti cuaca atau sering minum es yang mengandung bahan bahan tidak baik untuk kesehatan.

COVID 19

Nah, sama seperti flu biasa yang terjadi karena adanya rhinovirus yang menyerang sistem pernapasan, virus corona juga menyerang titik yang sama. Oleh sebab itu, seseorang yang terpapar virus corona akan menderita gejala yang hampir mirip seperti flu biasa. Namun, meskipun demikian virus corona sendiri sekarang lebih sering menyebabkan gejala keluhan di pernapasan bawah.

Virus corona ini dapat menyerang atau menjangkit siapa saja, mulai dari anak anak, anak remaja, ibu menyusui, ibu hamil, orang dewasa, lanjut usia atau lansia bahkan bayi sekalipun. Gejala yang dimunculkan tersebut merupakan reaksi tubuh untuk melawan virus corona yang ada di dalam tubuh. Gejala utama virus corona yang bisa muncul yakni :

  • Demam tinggi
  • Sesak napas
  • Batuk
 
Tidak hanya itu, gejala gejala lain yang bisa timbul karena terpapar virus corona adalah adanya gangguan pernapasan seperti pengecapan atau penyiuman yang tidak peka, sakit kepala, nyeri otot, pilek, diare, mual, muntah, sakit tenggorokan dan lain lain. Namun, gejala gejala tersebut tidak selalu terjadi pada pasien yang terjangkit covid 19.


Dalam kasus yang lebih parah, infeksi karena virus corona dapat menyebabkan komplikasi yang sangat serius. Misalnya sindrom pernapasan akut, edema paru, pneumonia atau infeksi pada paru yang berat serta berbagai kegagalan fungsi organ tubuh yang lainnya. Umumnya gejala ini lebih sering dialami oleh mereka yang sudah lansia dan orang orang yang memiliki kondisi medis tertentu yang tidak baik.

Uraian diatas adalah informasi update yang membahas seputar cara membedakan flu biasa dengan covid 19 yang tampak mirip. Dengan cermat mengamati gejalanya Anda bisa tahu dan langsung ambil tindakan yang tepat. Ingatlah bahwa sekarang flu biasa tidak bisa diremehkan karena bisa menjadi salah satu gejala penyakit yang berbahaya.

Meskipun beberapa orang yang positif covid 19, tidak merasakan gejala apapun atau OTG, sebaiknya bagaimana pun kondisi Anda, selalu hati hati dan waspada dengan selalu menerapkan protokol kesehatan, menggunakan masker, menjaga jarak dan dirumah aja. Pastikan jika harus keluar rumah untuk urusan yang penting saja. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel