-->

Tips agar tidak bosan di rumah karena pandemi corona

Pandemi Covid 19 sudah berjalan cukup lama dan memberikan dampak pengaruh yang cukup besar dalam berbagai bidang. Sebagian besar orang mungkin sudah mulai bosan karena tidak bisa menjalani kegiatan seperti biasanya. Mereka tidak bisa jalan jalan secara bebas, kumpul bersama keluarga, bersekolah ataupun bekerja secara normal. Nah, ada beberapa tips agar tidak bosan dirumah karena wabah virus corona.

Apa saja yang bisa dilakukan supaya kegiatan selama dirumah aja bisa menjadi lebih menyenangkan? Ada beberapa kegiatan yang mungkin tidak ada sadari bisa bermanfaat ketika dilakukan dirumah. Namun, ada juga orang yang mungkin khawatir karena merasa lelah dengan pandemi yang tidak selesai selesai? Anda tidak sendirian, jutaan orang diseluruh dunia mengalami hal yang sama.

Anda mungkin merasa kurang semangat, gampang marah, kurang semangat, sulit berkonsentrasi, merasa putus asa sampai bahkan stres karena pekerjaan atau tugas sekolah tidak bisa berjalan dengan baik karena pandemi Covid 19. 

Nah, sebagai berikut kita akan membahas beberapa cara dan tips untuk mengatasi perasaan tersebut dan bagaimana caranya supaya kegiatan dirumah Anda bisa menyenangkan dan bermanfaat. Silahkan disimak.

Tips agar tidak bosan di rumah karena pandemi corona
 

1. Menghubungi keluarga dan teman teman
 
Disituasi wabah virus corona sekarang ini, kita mungkin tidak bisa bertemu dengan keluarga, teman teman, rekan kerja dan lain lain. Anda juga harus menghindari kontak fisik untuk memutuskan penyebaran covid 19, meskipun demikian Anda tetap bisa menjalin komunikasi dengan mereka melalui telfon, video call, email atau pesan singkat. 

Cobalah untuk secara rutin berkomunikasi dengan keluarga atau teman Anda via online. Hubungi ketika Anda sedang bosan, sedih atau kesepian. Dengan menanyakan kabar mereka, Anda bisa merasa lebih positif. Anda juga bisa melakukan sesuatu yang baik untuk teman Anda tersebut yang bisa membuat kalian sama sama merasa bahagia.

2. Memanfaatkan keadaan sekarang

Anda bisa memikirkan “Apa yang bisa saya lakukan selama dirumah sekarang?” cobalah tulis dan buat daftarnya. Misalnya, Anda memiliki hobi atau kegiatan tertentu yang belum bisa Anda lakukan sebelum pandemi karena terlalu sibuk bekerja atau sekolah seperti memasak, menggambar, membuat kerajinan, menjahit atau menghabiskan banyak waktu dengan keluarga dirumah.

3. Menetapkan aktivitas rutin

Umumnya banyak orang bisa merasa lebih tenang dan bahagia kalau memliki kegiatan yang rutin. Mungkin sebelum pandemi, Anda sudah punya kegiatan yang rutin, namun sewaktu pandemi mungkin kegiatan rutin Anda menjadi berubah. Meskipun demikian Anda bisa membuat aktivitas secara teratur. Cobalah untuk membuat jadwal yang sesuai dengan keadaan Anda sekarang. 

Anda bisa mulai menetapkan waktu untuk setiap kegiatan misalnya untuk mengerjakan laporan pekerjaan atau tugas PR, bersih bersih rumah dan juga kegiatan rohani. Tambahkan juga kegiatan bermanfaat lainnya seperti berjalan jalan sebentar di ruang yang terbuka, berolahraga, menghabiskan waktu dengan keluarga dan lain sebagainya.

4. Menyesuaikan diri dengan perubahan

Menyesuaikan diri dengan sesuatu yang baru tentu bisa menjadi suatu hal yang sulit. Hal ini juga termasuk perubahan cuaca yang kerap berubah selama pandemi. Anda perlu menyesuaikan dengan baik. Misalnya kalau sebentar lagi adalah musim dingin, cobalah untuk mengatur supaya ruangan Anda bisa mendapatkan banyak cahaya dari matahari. 

5. Tetap mengikuti protokol kesehatan

Sebagaimana yang kita ketahui virus corona ini sangat berbahaya. Meskipun mungkin kita sudah merasa lelah atau bosan dan bahkan punya keinginan untuk tidak lagi mengikuti protokol kesehatan, ingatlah bahwa kesehatan Anda dan keluarga adalah yang terpenting. 

Bertindaklah dengan bijaksana dengan menghindari bahaya dari corona dengan terus mengikuti protokol kesehatan yang berlaku di daerah Anda. Tindakan yang Anda ambil tidak hanya akan berpengaruh terhadap diri Anda sendiri, tetapi juga kepada keluarga, orang terdekat Anda dan orang lainnya. Jadi pastikan untuk tetap hati hati dan waspada ya.

Jangan lupa rencanakan juga beberapa kegiatan yang masih bisa Anda lakukan meskipun cuaca dingin atau panas. Sediakan pakaian yang cocok untuk musim dingin maupun musim panas. Ketika musimp panas, Anda bisa melakukan rencana untuk pergi dengan memilih waktu yang tepat dan tempat yang paling sepi.

Uraian diatas adalah informasi terbaru yang membahas tentang caranya supaya Anda bisa melewati masa masa sulit ini lebih positif. Meskipun wabah virus corona belum selesai selesai, bukan menjadi alasan untuk kita menjadi kurang semangat dan kurang produktif. Sebaliknya jadikanlah ini kesempatan untuk Anda bisa melakukan hal hal yang mungkin tidak bisa Anda lakukan ketika sebelum pandemi.

Teruslah lakukan hal hal positif dan membangun diri Anda menjadi orang yang kreatif. Daripada hanya memikirkan hal hal yang tidak bisa kita lakukan karena pandemi, kita bisa berfokus pada apa yang bisa kita lakukan sekarang. Yakinlah bahwa hal hal kecil yang Anda buat untuk Anda sendiri maupun orang lain akan sangat bermanfaat. Tetap semangat dan selalu positif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel