Pengertian Coronavirus dan Pembahasan lengkap seputar penyakit

Apa itu coronavirus? penyakit apa kah itu? apa gejalanya? bagaimana cara mencegahnya? dan bagaimana cara mengatasinya? pertanyaan pertanyaan ini kemungkinan menjadi pertanyaan yang paling banyak dicari tahun ini. Bagaimana tidak virus corona merupakan salah satu penyakit menular yang telah memakan banyak sekali korban di seputar dunia. Apakah penyakit covid19 ini berbahaya? jawabannya tentu sangat berbahaya. Mari kita lakukan pembahasan secara lengkap tentang coronavirus.

Baru baru ini semua masyarakat dunia sedang digemparkan dengan penyakit coronavirus yang umumnya disebut dengan covid 19. Penyakit ini diakibatkan oleh infeksi virus yang menyerang pada sistem pernapasan. Dampaknya akan menyebabkan adanya gangguan pada sistem pernapasan, pnemonia akut sampai dengan dampak paling fatal adalah kematian.

Siapa saja yang bisa terkena virus corona ini? virus ini dapat menyerang siapa saja dengan kata lain semua orang bisa terinfeksi tanpa terkecuali. Baik bayi, balita, anak anak, remaja, dewasa, orang tua atau lansia, ibu hamil ataupun ibu menyusui. Salah satu kunci untuk mencegah penyakit ini menular adalah melakukan beberapa tips penangkalan coronavirus. Yang terpenting adalah Anda harus mempunyai sistem kekebalan immune tubuh yang baik. Untuk lebih lengkapnya mari kita simak poin poin berikut ini.

Pengertian Coronavirus dan Pembahasan lengkap seputar penyakit


PENGERTIAN CORONAVIRUS

Coronavirus merupakan bentuk virus yang masuk dalam keluarga besar virus yang terjadi pada hewan dan manusia. Manusia bisa terjangkit virus tersebut dengan menunjukkan gejala infeksi pada saluran pernapasan dimulai dari flu biasa sampai dengan yang lebih serius seperti SARS, MERS atau sindrom pernapasan akut yang berat.

Memang sebagaimana yang kita tahu, virus ini sendiri adalah jenis baru yang muncul di Wuhan, China pada bulan Desember tahun 2019 lalu. Sebelumnya mungkin kita tidak menyadari betapa cepatnya virus ini melakukan penyebaran. Kalau kemunculannya hanya dalam satu daerah, sekarang banyak negara sudah terjangkit bahkan sudah disebut sebagai penyakit pandemi.

Virus corona ini diberi nama yakni Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 atau SARS-COV2. Penyakit ini juga disebut dengan nama Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19.

GEJALA CORONAVIRUS

Sama seperti penyakit lainnya, penyakit yang berbahaya ini memiliki sejumlah gejala, ciri ciri atau tanda bahwa seseorang terinfeksi virus corona ini. Umumnya penderita covid 19 akan mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek, sakit kepala, sakit tenggorokan bahkan gejala yang parahnya adalah adanya infeksi pernapasan berat misalnya batuk berdahak dengan darah, sesak napas, terdapat nyeri dada sampai akhirnya demam tinggi.

Namun, secara umumnya gejala yang dialami pasien covid 19 akan mengalami dema, dengan suhu diatas 38 derajat celcius, sesak napas dan batuk. Menurut penelitian yang dilakukan, gejala yang ditimbulkan tersebut terjadi atau muncul setelah melewati masa 2 hari sampai dengan 2 minggu setelah terpapar dengan virus corona.

CARA PENYEMBUHAN

Kapan seharusnya Anda pergi ke dokter atau rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan apabila dirasa telah terinfeksi virus corona? Apabila Anda mengalami gejala gejala yang sudah kita sebutkan diatas terutama jika terjadinya setelah 2 minggu sesudah kemungkinan Anda berada di situasi terserang coronavirus seperti pergi ke daerah tertentu atau berinteraksi dengan penderitanya segeralah untuk melakukan pemeriksaan. Disana Anda akan diberikan pengarahan untuk melakukan perawatan dan proses karantina.

Namun, apabila Anda positif corona namun tidak mengalami gejala atau tanda apapun, Anda tidak perlu pergi ke dokter untuk memeriksakan diri. Mengapa? untuk memutuskan tali corona yang terus menular, Anda yang positif tapi tidak mengalami gangguan sebaiknya diam dirumah selama 14 hari dan membatasi melakukan interaksi atau kontak dengan orang lain. Dengan demikian, virus corona dalam diri Anda mungkin akan kalah dengan sistem kekebalan tubuh Anda yang baik sampai pada akhirnya Anda bisa sembuh sendiri.

PENYEBAB CORONAVIRUS

Penularan virus corona dapat terjadi dengan berbagai macam cara yang perlu Anda hindari. Apa saja sebagai berikut adalah poin poin utamanya :
  • Melakukan kontak jarak dekat dengan penderita coronavirus. Misalnya dalam kondisi ini Anda melakukan sentuhan seperti berjabat tangan atau berpelukan.
  • Menyentuh bagian mulut, hidung, mata setelah menyentuh barang barang yang terkena cipratan air liur dari sang penderita covid 19.
  • Tidak secara sengaja menghirup percikan ludah dari batuk atau bersin penderita covid 19
  • Pergi ke daerah yang rawan coronavirus
  • Berkerumanan dengan orang banyak dll

CARA PENCEGAHAN PALING AMPUH

Setelah membahas semua poin yang ada di atas, belum lengkap rasanya kalau kita belum membahas tentang cara mencegah virus corona ini. Nah, sebagai berikut adalah rincian hal hal yang perlu Anda hindari dan lakukan sebagai upaya keras memutus mata rantai virus corona.
  • Hindari bepergian ketempat yang ramai seperti tempat umum dimana banyak orang berkerumunan sebagai contoh pasar, mall, toko, terminal dan lain sebagainya. Lakukan social distanding dengan lebih banyak dirumah, dan keluar hanya saat benar benar penting saja.
  • Rajin dalam menjaga kebersihan tubuh. Terutama sering mencuci tangan menggunakan sabun atau memanfaatkan Hand Sanitizer dengan kandungn minimal alkohol 60% setelah melakukan ativitas.
  • Meningkatkan daya kekebalan tubuh dengan menjalani pola hidup yang sehat seperti makan makanan bergizi dan olahraga.
  • Jangan memegang bagian wajah setelah beraktivitas sebelum Anda mencuci tangan.
  • Hindari melakukan kontak dengan hewan liar maupun hewan peliharaan.
  • Mengolah dan memasak daging sampai benar benar matang sebelum akhirnya di konsumsi
  • Tutup mulut ketika batuk dan bersin menggunakan tisu. Jangan lupa tisu langsung dibuang ke tempat sampah.
  • Menjaga kebersihan benda benda di sekitar Anda terutama barang barang yang sering Anda sentuh.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang kita bahas tentang apa itu virus corona dari pengertian dan definisnya, cara melakukan penanganan sebagai upaya pencegahan coronavirus, proses penyembuhan dan lain sebagainya. Dengan mengetahui informasi ini mari kita semua perlu sadar dan memahami pentingnya memutus mata rantai dari virus corona yang sangat meresahkan ini. Bagaimana caranya?

Tentu saja dengan mengikuti sesuai pengarahan yang sudah diberikan oleh pihak berwenang yang sudah kita sebutkan diatas. Tidak ada hal lain yang lebih penting untuk mengatasi penyakit menular dari manusia ke manusia tersebut. Ingatlah virus ini bukan hanya berbahaya bagi diri kita sendiri, melainkan juga orang yang kita sayangi dan orang lain yang berada di sekitar kita.

Mari beri perhatian dengan baik untuk tindakan pencegahan penularan yang lebih parah lagi. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel