Kumpulan Ayat Alkitab tentang Kesabaran dan ketekunan yang menyentuh hati

Salah satu sifat yang bagus untuk terus dikembangkan oleh kita adalah Kesabaran dan ketekunan. Melalui dua sifat dasar itu saja kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Di dalam Alkitab sendiri sifat tersebut termasuk dalam sifat buah roh. Untuk bisa menyenangkan TUHAN, kita perlu mempelajari dan mempraktekkannya secara langsung dalam kehidupan kita. Siapa yang bisa kita jadikan contoh dan teladan dalam hal ini? Melalui teladan dari tokoh -tokoh terkenal di Alkitab dan apabila kita banyak membaca kisahnya langsung, tentu saja ini akan membuat kita tersentuh. Terutama teladan terbesar kita, Yesus Kristus.

Kita perlu sabar dalam segala hal dan dalam semua segi kehidupan kita baik dalam bekerja, bersekolah, menjalin persahabatan, sabar menghadapi sikap orang -orang terutama orang -orang terdekat kita sampai dengan sabar dalam hal kisah asmara dan percintaan. Kalau menurut Anda sendiri, apa sih pengertian dan definisi dari sifat sabar dan tekun ini? Pendapat setiap orang pasti berbeda -beda berdasarkan cara pandang mereka. Namun, dalam article ini kita akan artikan sifat kesabaran dan ketekunan berdasarkan Alkitab.

Secara Umum Kesabaran berarti suatu sikap yang memungkinkan manusia dapat menahan emosi, keinginan dan dapat bertahan dalam keadaan yang sulit sekalipun serta tidak mengeluh. Sabar juga disebut sebagai sikap yang menunjukkan kemampuan manusia dalam mengendalikan dirinya. Sifat ini dipandang memiliki nilai yang tinggi dan tentu saja mencerminkan kekokohan jiwa seseorang yang memilikinya. Lantas bagaimana dengan ketekunan?

Ketekunan adalah sifat yang menunjukkan kesungguhan dalam bekerja atau melakukan sesuatu. Bisa dikatakan juga seseorang yang bertekun tidak akan mudah menyerah meskipun dalam keadaan yang sulit sekalipun. Tujuannya tidak akan pernah berubah sampai bila nanti keinginan tersebut dapat terwujud. Seringkali ketekunan diartikan baik seperti tekun menggapai cita- cita, tekun bekerja keras, tekun belajar dan lain sebagainya. Nah, untuk semakin mengerti arti dari kesabaran dan ketekunan, Alkitab juga memberikan kita pengetahuan yang saksama tentang hal ini. Selengkapnya yuk kita simak.

Kumpulan Ayat Alkitab tentang Kesabaran dan ketekunan yang menyentuh hati


Yakobus 1:19,20

Ayat ini mengingatkan kita suatu sifat yang perlu kita terapkan dalam kehidupan kita sehari -hari. Jika kita mengikutinya, kita bisa berbuat benar di mata ALLAH. Prinsip ini mengatakan bahwa saudara -saudari terkasih, hendaknya cepat mendengar dan tidak cepat berbicara serta tidak cepat marah. Anda pasti setuju ya, Alkitab memberi tahu kita caranya mengendalikan emosi. Dengan bertindak demikian kita bisa melatih kesabaran dalam diri kita. Prinsip ini lebih unggul dibanding gagasan umum yang dibuat manusia.

Amsal 16:32

Ayat ini sekali lagi memotivasi kita untuk mengembangkan sikap sabar dan tekun. Jika Anda baca dan renungkan, sifat sabar dan tidak cepat marah pada seseorang diumpamakan lebih baik dari seorang pahlawan atau bahkan orang yang berkuasa dan orang yang bisa mengendalikan kemarahannya tersebut lebih kuat dibanding seseorang yang berhasil merebut kota. Anda bisa bayangkan betapa pentingnya sifat sabar dan tekun melalui gambaran di ayat Alkitab ini.

Amsal 25:15

Tahukah Anda? kata -kata puitis di Amsal 25:15 memperlihatkan kekuatan dari kesabaran. Kesabaran dapat mengalahkan sang penguasa, dan yang lebih penting dikatakan lidah yang lembut ini berarti kata -kata yang manis bisa mematahkan tulang. Ayat ini secara tidak langsung menyatakan bahwa dengan pengendalian diri kita bisa bersikap sabar dan menunjukkan sikap lembut hati kepada sesama. Dengan mempertunjukkan sikap ini tentu saja, kemarahan sebesar apapun dapat dipatahkan seperti diumpamakan mematahkan tulang.

Roma 12:12

Ayat ini menjadi ayat Alkitab favorit, bahkan beberapa orang menganggapnya sebagai kata -kata yang paling menyentuh. Isinya menyiratkan suatu perintah untuk kebaikan kita para manusia. Kalau Anda baca dan renungkan, di ayat tersebut memperingatkan kita untuk bersukacita dalam pengharapan, kita perlu sabar meskipun dalam kesesakan dan yang penting lagi adalah bertekun dalam doa. Dengan membaca ayat ini kita bisa merasa terhibur dan serasa mendapat kekuatan lagi, Doa juga menjadi sarana yang penting untuk kita bisa berfikir positif dalam bertindak sabar dan tekun.

Efesus 4:2

Sifat kesabaran dan ketekunan berhubungan dengan sifat yang penting dan sebagai ciri orang kristen yakni kasih. Kita mau rela membantu dan mengasihi saudara -saudari kita. Sifat lainnya yang perlu kita pupuk dalam ayat ini juga disebutkan diantaranya adalah rendah hati, lemah lembut dan sabar. Sungguh sifat baik yang perlu terus kita upayakan sebagai anak -anak TUHAN yang mengerti dan suka membaca Firmanya dalam Alkitab.

Inilah informasi singkat yang tentunya sangat bermanfaat untuk kita. Ayat -ayat ini bisa dijadikan sebagai ayat penghiburan dari Alkitab. Kumpulan ayat tersebut bisa dijadikan sebagai kata motivasi terbaik karena asalnya dari ALLAH, pencipta kita sebagai pribadi terbesar yang tahu semua hal tentang kita masing -masing. Kata -kata nya yang menyentuh hati adalah yang terbaik dan tidak ada kata -kata lain yang sehebat dari Alkitab, Sobat pastinya setuju bukan? Kita bisa belajar teladan ketekunan dan kesabaran yang sangat bagus.

Baca Juga Article terkait :

Ayat alkitab juga bisa membuat kita semangat lagi dan pantang menyerah, yang terpenting kita juga berupaya menumbuhkan sikap -sikap baik dalam kehidupan kita. Anda bisa berbagi dengan keluarga, kerabat, sahabat, teman yang membutuhkan hal serupa. Gunakan sarana media sosial seperti facebook, instagram, line, whatsapp, twitter dengan bijak, baik  untuk membuat status, caption, story dan lain sebagainya. Sekian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat buat sobat para pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel