-->

Simak 5 Penyebab Memori HP Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

Pernahkah Anda mengalami penyimpanan HP penuh padahal aplikasinya hanya sedikit? Atau mungkin mungkin Anda sudah berusaha untuk mengurangi penyimpanan supaya tidak penuh dengan menghapus beberapa aplikasi besar. Namun, hasilnya malah hanya berkurang sedikit? Ya umumnya banyak orang juga mengalami masalah yang serupa. Inilah penyebab memori HP penuh padahal sudah hapus aplikasi yang patut Anda ketahui.

Sekarang ini berbagai macam gadget, HP Android maupun Smartphone sudah dirancang sedemikian rupa canggihnya. Namun, meskipun demikian masalah memori penyimpanan penuh masih menjadi masalah padahal banyak ponsel pintar sudah menyediakan ruang penyimpanan yang besar. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui tips dan trik perawatan penyimpanan di perangkat Anda dengan tepat dan ampuh.

Pada saat memori penyimpanan penuh ada banyak dampak yang ditimbulkan. Tentunya akan menghambat berbagai aktivitas yang Anda lakukan di HP. Beberapa diantaranya adalah sulit untuk mendownload atau memasang aplikasi, memperlambat kinerja HP menjadi lambat sekali sampai dengan membuat kamera tidak bisa bekerja.

Mengingat hal ini, mari kita cari tahu penyebab memori HP penuh padahal aplikasi sedikit pada informasi sebagai berikut.

Simak 5 Penyebab Memori HP Penuh Padahal Aplikasi Sedikit


1. Ukuran aplikasi cukup besar

Dalam beberapa situasi mungkin Anda tidak menyadari kalau sebenarnya aplikasi yang Anda gunakan memiliki ukuran aplikasi yang cukup besar dan menguras memori penyimpanan cukup banyak. Ya, meskipun Anda hanya memiliki sedikit aplikasi tetapi aplikasi tersebut memiliki ukuran yang besar, maka dampaknya sama saja akan membuat memori HP Anda cepat penuh.

2. File Cache, Cadangan, Thumbnail dan lain lain semakin menumpuk

Tidak hanya dari segi aplikasi yang bisa menguras penyimpanan, tetapi juga file file dalam bentuk cache, cadangan, thumbnail, bisa sangat berpengaruh terhadap ruang penyimpanan di perangkat Anda. Perlu Anda ketahui kalau sebenarnya aplikasi yang Anda gunakan dna berjalan tersebut membutuhan beberapa jenis data dengan ukuran yang bisa bikin memori gemuk.

Sebagai contoh adalalah aplikasi Whatsapp. Aplikasi pesan yang sudah populer ini hampir digunakan oleh semua orang. Anda juga pasti menggunakannya. Setiap hari kita akan melakukan pemindahan data atau pencadangan secara online ke layanan google drive. Nah, besarnya file tersebut biasanya berbeda beda dan bisa menumpuk sampai dengan total 1 GB.

3. Sisa data aplikasi lama

Jika Anda sudah menghapus beberapa aplikasi yang terlalu banyak menyita ruang penyimpanan, namun hasilnya hanya melegakan sedikit ruang berarti ada yang belum Anda lakukan. Salah satunya adalah hapus juga data data sisa dari aplikasi lama tersebut. Meskipun aplikasi tertentu sudah dihapus, bisa jadi meninggalkan sisa data penggunaan di memori penyimpanan.

4. Memiliki banyak aplikasi bawaan

Tidak hanya aplikasi aplikasi yang kita install diperangkat saja yang bisa menghabiskan ruang penyimpanan tetapi juga bawaan aplikasi dari perangkat yang sudah ada dari pertama kita beli. Menariknya ukurannya bisa semakin bertumbuh seraya kita menggunakannya dan melakukan pembaharuan. Ada dua tipe aplikasi bawaan yakni sistem operasi seperti hal nya google playstore dan bloatware yang merupakan bawaan dari pihak pengembang.

5. File foto dan video yang menumpuk

Jika Anda sudah tidak menggunakan aplikasi berukuran besar, namun masih saja ruang penyimpanan penuh, bisa jadi penyebabnya adalah karena file foto dan video yang semakin banyak. Apalagi kalau berkas foto atau video adalah beresolusi tinggi sehingga ukurannya sangat besar. Walaupun tidak terlihat namun apabila tidak dipindahkan maka akan menumpuk dan membuat memori penyimpanan penuh.

Demikianlah informasi terbaru yang membahas apa saja Penyebab Memori HP penuh padahal aplikasi sedikit. Setiap handphone umumnya sudah memiliki berbagai fitur dan kelebihannya masing masing. Untuk masalah memori penyimpanan HP Android atau Smartphone yang penuh Anda harus mencari tahu penyebab utamanya terlebih dahulu, sehingga bisa mengetahui cara penanganan dengan tepat.

Dengan mengetahui faktor penyebab memori HP penuh ini diharapkan bisa membantu Anda untuk mengatasinya dan membuat ruang penyimpanan ponsel pintar Anda menjadi semakin lega. Jika Anda memang mengingkan ruang penyimpanan perangkat yang lega silahkan pilih perangkat yang memadai atau memfasilitasinya dengan memori tambahan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel