-->

Deretan Sungai Terpanjang di Indonesia yang Wajib Diketahui

Indonesia adalah negara kepulauan yang wilayahnya mempunyai banyak sungai besar. Bahkan beberapa diantaranya disebut sebagai deretan sungai terpanjang yang ada di Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia, sudahkah Anda tahu nama sungai terpanjang apa saja yang ada di Indonesia. Pengetahuan ini wajib diketahui untuk semakin mengenal negara kita tercinta.

Beberapa nama sungai terpanjang di Indonesia sebenarnya sudah populer di banyak daerah bahkan seluruh wilayah di Indonesia. Sungai tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi para masyarakat daerah tersebut. Tidak heran kalau nama sungai tersebut bisa menjadi ciri khas suatu daerah. Tidak hanya menyandang sebutan sungai terpanjang di Indonesia, ada juga yang menyebutkan sungai terbesar, sungai paling indah, tempat wisata favorit dan lain sebagainya.

Nah, sungai sungai terkenal tersebar diberbagai wilayah di Indonesia. Mulai dari pulau Kalimantan, Jawa, Sumatera, Sulawesi dan lain sebagainya. Lantas dari banyaknya nama sungai di Indonesia dari berbagai wilayah, manakah yang termasuk dalam daftar sungai terpanjang di Indonesia? Untuk mendapatkan jawabannya, yuk simak informasi update di bawah ini.

Deretan Sungai Terpanjang di Indonesia yang Wajib Diketahui


1. Sungai Kapuas

Sungai terpanjang pertama di Indonesia adalah Sungai Kapuas yang lokasinya berada di pulau Kalimantan. Tepatnya berada di Provinsi Kalimantan Barat. Tahukah Anda, sungai ini memiliki panjang mencapai hingga 1.143 kilometer. Panjangnya dimulai dari daerah pegunungan Muller sampai dengan selat Karimata (Laut China).

Nah, sungai terpanjang ini melintasi sejumlah daerah sehingga masyarakat telah menjadikannya sebagai jalur untuk transportasi. Tidak hanya itu, karena begitu populernya sungai ini, daerah daerah di bagian tepi sungai juga dijadikan sebagai objek wisata loh. Ditambah lagi daerah pinggir sungai tersebut sudah disulai menjadi tempat pariwisata yang menarik.

2. Sungai Mahakam

Sungai Mahakam mempunyai panjang mencapai 920 kilometer sehingga menyandang predikat sebagai sungat terpanjang kedua di Indonesia. Dimana lokasi Sungai Mahakam? Lokasinya juga terletak di pulau Kalimantan, namun bedanya kalau Sungai Kapuas berada di Kalimantan Barat maka Sungai Mahakam berada di Kalimantan Timur.

Sungai ini melintasi banyak wilayah yang ada di Kabupaten Kutai Barat yakni bagian hulu sampai dengan Kabupaten Kutai Kartanegara serta Kota Samarinda bagian Ilir. Dari sejak dulu sampai dengan saat ini, Sungai Mahakam sudah dijadikan sebagai sumber air, potensi perikanan sampai dengan saran transportasi. Jadi tidak heran kalau keberadaan sungai ini sangat penting.

3. Sungai Barito

Masih membahas sungai terpanjang, kali ini ada di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah sampai dengan Kalimantan Selatan dengan panjang sungai mencapai 890 kilometer. Nama sungainya adalah Sungai Barito. Mungkin Anda sendiri sudah tidak asing lagi mendengar nama sungai ini bukan? Menariknya, sungai ini sebenarnya mengalir dari hulu yakni pegunungan Schwaner sampai dengan laut jawa.

Anda bisa berwisata ke Sungai Barito, terutama ada wisata Pasar Apung yang adalah pasar tradisional yang unik karena letaknya diatas sungai. Menarik sekali bukan? Apalagi Anda bisa merasakan sensasi belanja dan melakukan transaksi di atas perahu.

4. Sungai Batanghari

Selanjutnya ada Sungai Batanghari yang lokasinya berada di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat yang mengalir sampai dengan Jambi. Tahukah Anda, kalau sungai ini sendiri mengalirkan air dari Gunung Rasan hingga Laut China Selatan. Nah, panjangnya sendiri adalah mencapai 800 kilometer. Karena disana terpada kegiatan eksploitasi hutan dan pertambangan, bisa berdampak pada perubahan arus sungai, pendangkalan, erosi di tepian sungai dan lain lain.

5. Sungai Musi

Berikutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Sungai Musi yang memiliki panjang sampai dengan 750 kilometer. Nah, kalau Sungai Musi ini berada di provinsi Sumatera Selatan yang mengalirkan air dari mata air di wilayah Kawasan Kepahiang di Bengkulu sampai dengan ke Selat Bangka.

Sungai inilah yang membelah Kota Palembang menjadi dua wilayah. Di sini Anda juga bisa menemui Jembatan Ampera yang menjadi salah satu daya tari masyarakat Palembang loh.

Uraian diatas adalah informasi update yang membahas deretan sungai terpanjang di Indonesia yang Wajib diketahui sebagai warga masyarakat negara Indonesia. Apakah Anda termasuk salah satu masyarakat yang tinggal didaerah tersebut? Pasti akan sangat bangga karena mengetahui harta wilayah dan menyandang nama sungai terpanjang yang ada di Indonesia.

Mengetahui hal ini, maka mari kita menjaga kebersihan sungai supaya tetap bisa menjadi kebanggaan bukan hanya warga sekitar melainkan seluruh masyarakat Indonesia. Bagaimana caranya? Yaitu dengan tidak membuang sampah atau limbah sembarangan khususnya di sungai. Ingatlah perilaku kita sangat berpengaruh terhadap kondisi alam. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel