-->

Cara Menggunakan Goggle Docs untuk Mempermudah Pekerjaan yang Canggih

Apa itu Google Docs? Google Docs adalah salah satu layanan berbentuk aplikasi yang berkaitan dengan file atau dokumen seperti Word, Excel, PDF serta Power Point yang digunakan menggunakan jaringan internet secara online. Sistem online yang satu ini adalah aplikasi alternatif untuk mempermudah pekerjaan. Lantas bagaimana cara menggunakan Google Docs untuk mempermudah pekerjaan yang canggih secara maksimal tersebut?

Google Docs juga disebut sebagai layanan pengolah kata yang diberikan kepada para pengguna Google secara cuma cuma. Anda dimungkinkan untuk membuat, mengedit sampai dengan membagikan beberapa file dokumen tertulis Anda secara online menggunakan RAR kapan pun dan dimanapun. Dari pengertiannya saja kita Sudah menemui berbagai keuntungan dari memanfaatkan Google Docs bukan?

Apalagi di jaman yang modern sekarang ini, sudah banyak sekali pengguna yang mendapatkan keuntungan dari penggunaan Google Docs. Khususnya dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan. Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda memanfaatkan Google Docs untuk kelancaran pekerjaan baik dalam bisnis online, usaha pribadi, atau pekerjaan perkantoran di perusahaan tertentu?

Yuk simak jawaban atas pertanyaan bagaimana cara menggunakan Google Docs untuk mempermudah pekerjaan yang canggih? Lihat informasinya di bawah ini.

Cara Menggunakan Goggle Docs untuk Mempermudah Pekerjaan yang Canggih


1. Mengedit File tanpa Aplikasi

Salah satu kelebihan utama yang dimiliki saat menggunakan Google Docs adalah kita bisa membuka sampai dengan mengedit suatu file dokumen tanpa aplikasi dengan mudah. Mungkin, biasanya kalau kita mau membuka file dokumen tertentu, kita hanya bisa mengaksesnya melalui komputer. Nah, semenjak Google Docs dibuat kita bisa membuka dan mengeditnya secara langsung bahkan di HP Android atau Smartphone saja.

Kalau dulu mungkin kita harus memasang berbagai aplikasi untuk membuka berbagai dokumen dengan jenis berbeda, kini dengan Google Docs, Anda bisa membuka berbagai jenis file dokumen dengan mudah. Cara menggunakannya sangat mudah, dimana Anda hanya cukup mengaktifkannya saja pada bagian akun google di browser sehingga Anda sudah dapat menggunakan Google Docs disini untuk membuka dan mengedit file dokumen.

2. Mengconvert PDF ke Word

Bagi Anda yang mencari cara mudah untuk mengubah atau mengcovert PDF ke Word dengan mudah, bisa memanfatkan google docs. Ya, google docs bisa memungkinkan Anda untuk memindahkan dokumen dalam bentuk PDF ke Word loh.

Caranya cukup praktis, pertama tama Anda perlu mengunggah file PDF yang ingin diubah ke Word. Lalu setelah berhasil di unggah klik file dan pilihlah opsi “Download as Microsoft Word (docx)”. Dengan demikian secara otomatis file dokumen yang sebelumnya berbentuk PDF akan berubah menjadi bentuk Word sehingga Anda bisa mengeditnya dengan mudah.

3. Menconvert file dokumen ke PDF

Tidak hanya dapat mengubah file dokumen PDF ke Word, dengan menggunakan Google Docs Anda juga dapat menubah file dokumen ke dalam bentuk PDF loh. Biasanya kalau kita mau mengubah file ke PDF kita membutuhkan aplikasi khusus , nah dengan google docs Anda tidak perlu memasang aplikasi tertentu dan bisa mengubahnya secara langsung.

Bagaimana caranya? Mudah sekali. Pertama tama Anda tinggal mengunggah file yang ingin diubah menjadi PDF. Lalu buka file dokumen dengan memilih menu “File” kemudian “Save as”. Cara ini dengan mudah dilakukan di Android. Sedangkan untuk PC, silahkan klik opsi “File” kemudian pilih lagi “Download as PDF Document (*pdf)”. Selesai, secara otomatis file menjadi bentuk PDF.

4. Mengubah file gambar ke PDF

Berikutnya yang tidak kalah menjadi kebutuhan penting dalam beberapa urusan adalah mengubah file gambar menjadi bentuk PDF. Hal ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan Google Docs. Pertama tama, Anda tinggal memasukkan gambar yang ingin diubah menjadi PDF ke aplikasi Microsoft Word atau sejenisnya. Jangan lupa atur tata letak yang diinginkan. Setelah itu simpan dan beri nama.

Jika sudah melakukan hal hal tersebut, silahkan untuk membuka Google Docs pada browser Anda dan unggah file dokumen yang sudah berisi gambar gambar yang ingin dimasukkan ke PDF. Selanjutnya buka file Word yang Anda unggah sebelumnya serta download sebagai PDF. Mudah bukan?

5. Dapat digunakan di berbagai macam perangkat

Menariknya Google docs dapat digunakan untuk berbagai perangkat sekaligus. Jadi sangat cocok untuk mendukung pekerjaan yang praktis tanpa harus terpaku pada satu perangkat saja bukan? Apalagi penggunaan Google Docs juga sudah sangat mendukung untuk berbagai merek HP Android atau Smartphone.

6. Mempunyai fitur pemeriksa ejaan

Keunggulan lainnya dari Google Docs yang bisa sangat membantu adalah memiliki fitur pemeriksa ejaan. Dengan adanya fitur yang canggih ini, Anda jadi tidak perlu khawatir kalau ada kata kata yang tidak sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan atau EYD. Cara kerjanya pun sangat mudah, dimana Anda tinggal pilih tombol “A” yang posisinya sejajar dengan gambar printer pada taskbar. Setelah klik tombol tersebut maka secara otomatis akan mengubah kata kata sesuai dengan EYD. Canggih bukan?

Uraian diatas adalah informasi terbaru yang membahas cara menggunakan Google Docs untuk mempermudah pekerjaan yang canggih. Anda bisa memaksimalkan pekerjaan dengan baik dan mudah dengan memanfaatkan persediaan teknologi yang ada. Masing masing teknologi atau fitur yang Anda gunakan seperti halnya Google Docs memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Jadi pastikan Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan ya.

Tidak hanya Google Docs yang dapat Anda gunakan, sebab masih banyak lagi persediaan layanan yang dapat membantu pekerjaan Anda menjadi lebih mudah. Misalnya Google Drive, Google Maps, Google Play, Google Chrome, Google Playstore dan masih banyak lagi layanan untuk para pengguna google. Masing masing memiliki fungsinya sendiri yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda sekarang. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel