-->

Cara Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19 seperti KTP yang Mudah

Sertifikat vaksin Covid 19 menjadi syarat penting yang harus dipenuhi dalam berbagai kegiatan. Misalnya sebagai syarat untuk bepergian dengan naik pesawat, kereta, bus atau masuk ke pusat perbelanjaan seperti mall dan masih banyak lagi. Namun, mungkin kita bisa merasa kesulitan untuk membawa sertifikat vaksin kemana mana, padahal Anda dapat membuatnya seperti KTP. Lantas bagaimana cara cetak sertifikat vaksin Covid 19 seperti KTP yang mudah?

Bentuk kartu vaksin yang dibuat seperti KTP, SIM dan lain sebagainya, bisa dengan mudah Anda taruh di dompet atau tas. Sehingga tidak akan khawatir sertifikat vaksin tertinggal karena selalu bisa Anda bawa kemana mana. Khususnya di masa PPKM saat ini, sertifikat vaksin tidak boleh ketinggalan dan harus selalu Anda bawa. Selain itu saat proses pemeriksaan akan memudahkan petugas di lokasi untuk check ini sertifikat vaksinasi bukan?

Tertarik untuk membuat kartu vaksinasi dalam bentuk KTP tapi tidak tahu caranya? Jangan khawatir, caranya sangat mudah dan praktis sekali. Bahkan Anda bisa membuatnya hanya dari rumah saja loh. Bagaimana caranya? yuk kita lihat cara cek sertifikat vaksin, lalu ke proses cara simpan dan cara cetak yang baik dan benar. Selengkapnya yuk simak informasinya pada ulasan ini.

Cara Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19 seperti KTP yang Mudah


Tutorial cara mendownload sertifikat vaksin covid 19 adalah sebagai berikut :
  • Pertama tama, Anda perlu mengunjungi situs web di pedulilindungi.id, lalu jika sudah berhasil silahkan untuk melakukan log in dengan cara mengarahkan perhatian pada bagian kanan atas.
  • Langkah berikutnya adalah memasukkan nomor HP yang Anda gunakan sewaktu melakukan pendaftaran vaksinasi kemudian jangan lupa klik “Login Sekarang
  • Dalam tahap ini Anda akan dikirimin berupa nomor kode OTP melalui SMS. Kode OTP ini bermaksud untuk verifikasi bahwa nomor telepon tersebut adalah benar milik Anda. Setelah menerima kode tersebut segera masukkan ke kolom yang tersedia.
  • Apabila sudah berhasil melakukan log in, maka silahkan untuk memasukkan nama Anda sesuai dengan nama di KTP atau KK yang sebelumnya sudah digunakan untuk mendaftar di vaksinasi.
  • Pada tampilan halaman pedulilindungi.id, silahkan untuk mengklik menu “Sertifikat vaksin”
  • Apabila sudah sesuai, maka selanjutnya Anda bisa melihat tampilan sertifikat milik Anda baik dosis pertama dan kedua jika Anda sudah melakukan keduanya.
  • Pilih sertifikat vaksin yang ingin Anda cetak baik itu sertifikat vaksin pertama atau kedua dengan cara klik “Unduh Sertifikat”
  • Setelah itu, secara otomatis sertifikat vaksin akan tersimpan di perangkat Anda dengan nama file “Certificate.jpg”

Cara Cetak Sertfikat Vaksinasi seperti KTP
  • Pertama tama Anda bisa menggunakan aplikasi pengolah kata di Microsoft Word. Caranya dimulai dari mengklik menu file lalu new dan blanck document untuk membuat dokumen atau pengerjaan file baru
  • Setelah tampilan Microsoft word terbuka klik pada menu Insert lalu ke Illustration kemudian pictures
  • Masukkan file sertifikat Anda dengan cara klik file dan pilih Insert
  • Apabila gambar sudah terimport, klik kanan pada gambar kemudian pilih opsi pictures. Selanjutnya tab format picture terbuka secara otomatis
  • Anda bisa mengatur panjang dan lebar dari sertifikat vaksin. Untuk ukuran KTP adalah 5.398 cm x 8.56 cm
  • Kemudian pilih opsi “Aspect Ratio”, lalu hilangkan tanda centang dan klik “OK
  • Selanjutnya untuk mencetak sertifikat vaksin covid 10 Anda tinggal mengklik tombol CTRL+P
  • Secara otomatis tampilan untuk print akan ditampilkan, Anda bisa memilih ukuran kertas sesuai dengan kebutuhan. Lalu apabila sudah selesai diatur, silahkan klik print dan cetak kartu vaksin tersebut.

Uraian diatas adalah informasi update yang membahas seputar cara cetak sertifikat vaksin covid 19 seperti KTP yang mudah. Bagaimana praktis sekali bukan? Selain dapat mempermudah Anda untuk membawa dan menunjukkan sertifikat vaksin, informasi ini menandaskan jawaban atas pertanyaan apakah sertifikat vaksin harus dicetak? Cobalah pahami mengingat aturan di tempat tempat tertentu membutuhkan sertifikat vaksin.

Semoga setelah melalui proses ini, situasi yang ditimbulkan akibat covid 19 bisa semakin membaik. Dan tentu saja kita menginginkan keadaan bisa pulih kembali dan kita bisa menjalankan berbagai kegiatan seperti semula. Dapatkan informasi terbaru seputar tips dan trik di masa sekarang dan dapatkan segala kemudahannya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel