-->

Tips Mengenal Jenis Kain Bahan Pakaian sebelum Membeli Online

Membeli baju atau busana online sudah menjadi kegiatan yang umum dilakukan oleh banyak orang. Seringkali saat berbelanja online, kita khawatir mendapatkan barang atau produk yang tidak sesuai. Seperti kain yang terlalu tipis, tekstur yang kasar, nerawang dan lain sebagainya. Tahukah Anda, Anda bisa meminimal resiko atau mengatasi salah beli pakaian online dengan mengenal jenis kain untuk bahan pakaian tersebut sebelum akhirnya membeli online.

Apalagi dimasa sulit pandemi ini, kita tidak bisa berbelanja di Mall, butik atau toko pakaian lainnya. Jadi yang dulunya lebih suka berbelanja langsung, mungkin sekarang juga lebih memilih untuk belanja online. Nah, khusus untuk para pemula yang belum tahu toko online terpercaya dan masih cari cari baju secara online, coba kenali jenis kain seperti apa yang berkualitas untuk pakaian yang bagus dan nyaman.

Hal ini selaras dengan berbagai jenis kain yang mempunyai tekstur dan ciri nya masing masing. Jadi setiap jenis kain tidak sama, mereka memiliki kelebihan atau keunggulan yang bervariasi untuk dibuat sebagai material pakaian sehari hari atau fashion tertentu. Misalnya bahan kain yang digunakan untuk baju kaos oblong dan kemeja tentu berbeda bukan?

Jenis pakaian seperti apa yang Anda butuhkan? Coba yuk perhatikan deretan jenis kain dan pembahasannya untuk memudahkan kita saat berbelanja secara online.

Tips Mengenal Jenis Kain Bahan Pakaian sebelum membeli Online


1. Kain Katun

Anda mungkin sudah tidak asing dengan jenis katun yang satu ini, ya kain ini biasanya mudah ditemukan di pasaran. Katun berasal dari serat kapas yang terkenal paling nyaman digunakan sebagai bahan pakaian karena bisa dengan baik menyerap keringat. Sehingga tak jarang katun dijadikan sebagai bahan pakaian sehari hari.

2. Kain Linen

Sekilas kain linen menyerupai kain katun yang kita bahas sebelumnya. Namun kain linen sendiri termasuk bahan pakaian berkualitas terbaik dengan ciri dan karakteristik yang istimewa loh. Bahkan jika Anda sudah tahu kain linen seperti apa, Anda pasti bisa membedakannya dengan jenis kain lainnya. Linen terbuat dari serat alamai tumbuhan rami.

Jenis kain ini terasa kaku tetapi memiliki tekstur yang lebih halus daripada katun. Sehingga tidak heran kalau harganya lebih mahal dibanding katun karena kualitasnya yang memang tidak mengecewakan. Menarik salah satu fakta dari kain linen adalah sebagai material bahan pakaian pertama loh.

3. Kain Denim

Salah satu keistimewaan dari kain denim adalah mudah dibersihkan. Meskipun ia terbuat dari serat yang sangat kuat dan tebal, tetapi Anda tidak perlu khawatir untuk membersihkannya karena sangat mudah. Biasanya denim identic dengan pembuatan jaket dan celana panjang, denim juga bisa dimanfaatkan untuk bahan utama pakaian sehari hari loh seperti halnya rok, blus, casual dress.

Namun, sayangnya masyarakan sering salah dalam menilai kain denim. Beberapa orang menyebut kain denim dengan kain jeans. Padahal jeans sendiri adalah nama produk dari celana panjang yang mendunia sedangkan denim adalah jenis kainnya.

4. Kain Drill

Driil memiliki karakteristik yang cocok sebagai bahan pembuatan bottom. Sebenarnya tidak hanya linen yang mempunyai wujud yang menyerupai kain katun, tetapi drill juga. Hanya saja bedanya drill ini memiliki ciri yang lebih tebal jika dibandingkan dengan linen dan katun. Sebab kain drill terbuat daru campuran serat rayon, teotoran dan polyester.

Karena tebal dan cukup kaku, drill bisasanya digunakan untuk bahan utama pembuatan celana, rok, atau culotte. Selain pembuatan untuk buttom, Anda juga bisa menemui drill sebagai bahan pembuatan seragam karyawan pabrik dan juga topi.

5. Kain Kulit

Bahan kain yang memiliki nilai jual tinggi adalah kain yang terbuat dari kulit. Jenis kain ini sudah populer untuk pembuatan jaket. Tapi tidak jarang juga digunakan untuk produk atasan, rok, celana yang dibuat dengan bahan kulit. Bahan kulitnya sendiri beraneka ragam. Ada yang terbuat dari kulit domba, kulit sapi sampai dengan kulit kambing. Bahkan Anda bisa menemui produk tas dari kulot buaya dan kulit ular.

6. Kain Baby Canvas

Mungkin beberapa dari kita akan berfikir istilah “canvas” adalah kain kasar yang biasanya digunakan untuk kegiatan melukis, pembuatan sepatu atau tote bag. Namun hal ini berbeda lagi dengan baby canvas. Meski memiliki karakteristik yang kasar dibandingkan dengan jenis kain lainnya, namun baby canvas tetap dirasa nyaman untuk kulit bahkan apabila digunakan seharian loh.

7. Kain Polyster

Ada kelebihan tapi ada juga kekurangan dari kain polyster. Ya, sebagaimana yang kita tahu kain polyster saat digunakan bersifat panas dan kurang dapat menyerap keringat. Oleh sebab itu, bahannya biasanya dikombinasikan dengan menggunakan katun supaya bisa lebih nyaman saat digunakan. Namun, meski demikian polyster memiliki keunggulan tidak mudah kusut bahkan saat sudah berulang kali di cuci.

Demikianlah informasi selengkapnya yang membantu kita untuk mengenal jenis kain sebagai ragam bahan pakaian yang perlu kita ketahui sebelum membeli secara online. Sebelum memutuskan untuk membeli pakaian coba cek deskripsinya yang mencangkup jenis bahan pakaian, ukuran, motif, warna dan berbagai detail lainnya apakah sesuai dengan yang Anda inginkan.

Jangan hanya terpaku dengan harga yang murah, tapi pastikan juga kualitasnya dari deskripsi yang disediakan. Jangan lupa cek rating dan testimoni produk pakaian yang Anda minati. Selain itu pastikan untuk selalu berbelanja online di sumber terpercaya seperti Marketplace terbaik dan terkenal di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Blibli.com, Zalora, Lazada dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel