-->

Cara Menonaktifkan Whatsapp Sementara tanpa harus Uninstal Aplikasi

Whatsapp sudah menjadi media sosial yang populer di berbagai negara. Hampir setiap orang punya Wa untuk memudahkan dalam berkomunikasi baik berupa pesan singkat atau chat, telfon sampai dengan video call. Namun, beberapa alasan mungkin membuat Anda ingin mematikan Whatsapp sementara. Nah, ada cara menonaktifkan Whatsapp sementara tanpa harus uninstall aplikasi nya.

Sebagaimana yang kita tahu, aplikasi terkenal lainnya seperti facebook, twitter, Instagram dan lain sebagainya menyediakan tombol “Sign out” bagi mereka yang ingin keluar akun atau rehat sejenak dari penggunaan akun. Namun, hal ini tidak demikian dengan Wa singkatan dari Whatsapp ini. Whatsapp tidak menyediakan pilihan “Sign Out” bagi para penggunanya.

Kemajuan teknologi sudah semakin canggih, seringkali kita pasti membutuhkan kondisi istirahat dari gangguan baik itu berkirim atau berbalas chat dengan teman, rekan kerja, keluarga dan lain sebagainya. Ini salah satu alasan mengapa beberapa orang memilih untuk menonaktifkan Whatsapp sementara. Namun, mungkin kita bingung cara menonaktifkan Wa tanpa harus ribet uninstall aplikasi nya bukan?

Walaupun belum ada solusi untuk menonaktifkan wa tanpa mencopot aplikasinya, ada trik yang bisa Anda lakukan untuk menonaktifkan Wa sementara tanpa uninstall yang bisa Anda ketahui. Yuk simak.

Cara Menonaktifkan Whatsapp Sementara tanpa harus Uninstal Aplikasi

1. Force Stop

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan Whatsapp adalah menonaktifkannya kinerja Whatsapp secara paksa di perangkat Anda. Bagaimana caranya? Anda bisa melakukannya dengan pergi ke menu “Pengaturan” atau bagian “Setting” di perangkat HP Smartphone Anda. Lalu buka bagian “Aplikasi” dan cari aplikasi Whatsapp.

Setelah masuk pada pengaturan aplikasi Whatsapp, Anda akan melihat beberapa pilihan opsi. Salah satu opsi yang akan kita gunakan adalah “Force Stop” atau “Paksa Berhenti”. Tombol ini berfungsi untuk menghentikan kinerja dari Whatsapp. Selanjutnya Anda juga bisa menonaktifkan pada bagian “Background data” serta mencabut semua izin yang ada di aplikasi Whatsapp.

Yang perlu Anda ketahui, saat Anda mengaktifkan “Force Stop” maka pengiriman pesan dari kontak Wa Anda hanya akan ada keterangan centang satu yang menandakan bahwa Anda sedang tidak aktif Whatsapp. Namun, Anda tetap bisa mendapatkan pesan tersebut ketika kembali membuka Whatsapp. 
Jika Anda hanya ingin menghindari gangguan dari pemberitahuan atau notifikasi Whatsapp yang mengganggu istirahat Anda, bisa lakukan beberapa cara lainnya yakni sebagai berikut :

2. Nonatifkan Nada Dering Whatsapp

Cara paling praktis adalah mematikan nada dering Whatapp untuk menghindari gangguan Whatsapp sementara waktu. Lantas, bagaimana cara menonaktifkan nada dering notifikasi Whatsapp? Mudah sekali, Anda cukup buka aplikasi Whatsapp lalu pergi ke bagian “Pengaturan” aplikasi. Bagian pengaturan dapat Anda temukan dengan klik titik tiga vertikal yang biasanya ada di bagian kanan atas.
Lalu pilih menu “Notifikasi”. Disinilah Anda akan melihat halaman untuk nada notifikasi atau percakapan, nada notifikasi panggilan dan grup. Pilihlah opsi “Hening” atau “Silent yang terdapat di perangkat Anda tersebut.

3. Nonaktifkan Pop Up

Cara menonaktifkan Pop Up sangat mudah sekali. Dimana Anda cukup membuka menu pengaturan di HP Android Anda, lalu kebagian aplikasi dan cari aplikasi Whatsapp. Setelah itu pilih untuk menonaktifkan pemberitahuan di Whatsapp. 

4. Nonaktifkan lampu notifikasi

Cara menonaktifkan lampu notifikasi cukup sederhana saja. Dimana Anda perlu membuka aplikasi Whatsapp lalu buka ke bagian menu pengaturan. Di bagian ini Anda bisa pili opsi untuk pemberitahuan dan notifikasi. Lalu pilih menu “Light” atau cahaya dan pilih “Tidak ada”. Maka secara otomatis Anda tidak akan menerima notifikasi cahaya.  

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas seputar cara dan tips menonaktifkan Whatsapp sementara tanpa harus uninstall aplikasinya. Menarik sekali bukan? Anda bisa menyesuaikan sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda berdasarkan cara yang sudah dijabarkan diatas. Dijaman yang serba canggih sekarang, berbagai aplikasi akan semakin dirancang untuk mempermudah Anda.

Whatsapp sendiri dari tahun ke tahun terus diperbaharui dengan berbagai fitur terbaru yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari hari. Kita pasti sangat menantikan kemudahan lainnya yang lebih membantu dari aplikasi komunikasi terbaik yang hampir dimiliki oleh setiap orang ini. Manfaatkan semua fitur yang tersedia dan dapatkan manfaatnya. Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel