-->

7 Cara menjaga kesehatan mental selama Pandemi Covid 19

Bagaimana cara menjaga kesehatan mental selama Pandemi Covid 19 yang terus berlangsung sampai dengan sekarang? Sebagaimana yang kita tahu, wabah virus corona tidak hanya mengancam kesehatan secara fisik namun juga sangat memengaruhi kesehatan mental kita. Bahkan dampaknya bisa sangat berbahaya. Sebelum mengalaminya, sebaiknya cegah depresi dengan cara tepat menjaga kesehatan mental Anda dengan baik.

Virus corona sudah semakin meluas dan telah menjangkit banyak negara di seluruh dunia. Bahkan di negara kita sendiri yakni Indonesia, korban pasien positif covid 19 terus mengalami pertambahan yang begitu cepat. Hal ini tentu membuat banyak orang khawatir, bingung bahkan takut terkena virus sampai dengan kehilangan orang orang yang disayangi.

Kita memang hidup di masa yang serba sulit. Mungkin dalam bidang pekerjaan, pendidikan, tidak bisa bertemu dengan keluarga atau teman, kesepian dan masih banyak lagi. Namun, apapun alasannya jangan sampai membuat Anda stres bahkan depresi yang bisa mengancam kesehatan Anda. Untuk itu, sebagai berikut kita akan membahas cara menjaga kesehatan mental  selama Pandemi Covid 19. Mari simak bersama sama.
 
7 Cara menjaga kesehatan mental selama Pandemi Covid 19

 
1. Melakukan kegiatan fisik

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mental Anda adalah dengan mengisi waktu luang Anda dengan berbagai kegiatan atau aktivitas fisik yang Anda minati. Nah, ada banyak sekali pilihan kegiatan yang bisa Anda jalankan. Mulai dari olahraga ringan seperti halnya lompat lompat ditempat atau lari lari kecil. Olahraga ini bisa Anda lakukan selama karantina di dalam rumah.

Tahukah Anda. dengan melakukan aktifitas fisik, tubuh Anda akan memproduksi yang namanya hormon endorfin. Hormon ini bermanfaat untuk mengurangi rasa khawatir, meredakan stres bahkan memperbaiki mood Anda menjadi lebih baik. selain itu, latihan pernapasan dan peregangan juga bermanfaat untuk membuat Anda tenang.

2. Konsumsi makanan bergizi

Makanan dan minuman yang bergizi tidak hanya bermanfaat bagi tubuh secara fisik tetapi juga mental loh. Darimana kita tahu? Berbagai kandungan baik yang terdapat pada sayuran, buah, makanan laut, daging, kacang kacangan sampai dengan susu akan menjaga kesehatan mental kita baik secara langsung maupun tidak langsung. Jadi selama karantina, cobalah untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi dan sehat.

3. Membuat rutinitas kreatif

Selama Pandemi Covid 19, kita banyak menghabiskan waktu hanya dirumah saja. Nah, ini kesempatan yang bagus untuk Anda bisa memanfaatkan waktu lebih baik lagi. Bagaimana caranya? Buatlah rutinitas baru yang kreatif dan Anda sukai. Misalnya menjalankan hobi Anda dalam hal memasak, menonton film, membaca buku, atau menanam berbagai tanaman di halaman depan atau belakang rumah Anda.

Memiliki rutinitas kreatif yang Anda sukai akan bermanfaat menghilangkan rasa jenuh dan bosan karena terus dirumah aja. Dengan demikian, Anda akan bisa menjaga kondisi pikiran Anda untuk tetap positif dan menghindari stress.

4. Menghentikan kebiasaan buruk

Apakah Anda seorang perokok? Jika iya, cobalah untuk menghentikan kebiasaan tersebut secara perlahan lahan mulai dari sekarang. Mengapa? Sebagaimana yang kita ketahui kegiatan merokok bisa meningkatkan resiko terkena infeksi kuman penyakit juga khususnya virus virus corona.

Hal ini juga berlaku untuk mengonsumsi minuman beralkohol. Jika ingin menjaga kesehatan tubuh dan mental Anda harus berupaya menghindari kebiasaan buruk ini. Hindari juga keseringan bergadang yang bisa dengan mudah membuat Anda mengalami kecemasan dan mood yang tidak stabil.

5. Menjaga komunikasi dengan keluarga dan teman

Pandemi covid 19 bukanlah salah satu alasan yang bisa memutus komunikasi kita dengan keluarga, saudara dan teman teman. Luangkanlah waktu Anda untuk tetap menjaga komunikasi yang baik dengan orang orang terdekat Anda. Bisa melalui telfon, pesan singkat atau video call. Anda bisa sekedar menanyakan kabar atau bahkan menceritakan kekhawatiran yang mungkin Anda rasakan.

Menceritakan hal hal yang membuat kita cemas dapat mengurangi tekanan dalam pikiran kita dan manfaatnya membuat kita bisa jadi lebih tenang. Jangan ragu, untuk menceritakan perasaan Anda dengan orang lain yang Anda rasa cocok.

6. Bijak dalam memilah informasi

Di era modern sekarang ini, informasi dapat dengan mudah kita dapatkan. Bahkan ada banyak sekali informasi terbaru yang bisa kita dapatkan setiap hari. Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua informasi yang kita dapat adalah informasi yang baik. Ada informasi yang bisa membuat kita semakin cemas dan takut, padahal belum tentu berita itu benar.

Oleh sebab itu, mulailah dengan bijak memilah informasi dan jangan telan suatu informasi mentah mentah. Cobalah untuk batasi waktu Anda untuk menonton, membaca atau mendengar berita soal pandemi baik dari televisi, Handphone, media sosial, media tercetak untuk mengurangi kecemasan Anda.

Pilihlah informasi secara kritis dan bijak. Update terkait informasi tetap penting tetapi upayakan untuk mendapatkannya hanya dari sumber yang terpercaya.

7. Membedakan hari kerja dan hari lainnya

Sebagian dari kita tentu melakukan segala sesuatu hanya dari rumah. Mulai dari bekerja, bersekolah dan lain sebagainya. Nah, rutinitas baru ini mungkin mengubah banyak rutinitas kita secara drastis. Mungkin kalau biasanya Anda rapi untuk berangkat kerja, sekarang selama covid Anda bisa mengenakan baju santai. Kadang, kita juga bisa lupa hari karena setiap hari dirumah.

Nah, salah satu tips supaya Anda tidak bosan dirumah, cobalah untuk tetap menjalankan rutinitas seperti biasanya sebelum pandemi. Gunakan pakaian kerja seperti dahulu dan tetapkan waktu untuk bekerja dan melakukan kegiatan lainnya. Dengan demikian jadwal yang teratur juga sangat penting untuk membedakan hari kerja dengan hari lainnya.

Inilah informasi terbaru yang membahas tentang cara dan tips menjaga kesehatan pikiran Anda supaya tetap baik dan tidak stres. Kesehatan mental yang baik akan menjadi sumber daya tahan tubuh Anda yang paling ampuh untuk menghalau berbagai macam penyakit khususnya Covid 19. Anda juga dibantu untuk bisa berfikir jernih dalam mengambil setiap keputusan.

Mungkin bagi sebagian dari kita ada yang merasa sulit untuk menerapkan tips tips yang diberikan tersebut. Ya, hal ini memang tidak mudah mengingat ada banyak sekali faktor yang bisa membuat kita stres dan sakit secara mental. Tapi yakinlah, dengan usaha dan saran praktis ini bisa membantu Anda mencegah stres akibat Covid 19. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel