Cara Memperkecil Ukuran Byte Foto dengan Mudah Tanpa Mengurangi Kualitas

Holla sahabat semua. Kesempatan kali ini talitashare.com akan mulai bagikan hal yang tentunya bermafaat bagi kita semua. Kalian yang baca article ini pasti sedang membutuhkan informasi ini ya? maka, talitashare.com akan bantu kalian. Talitashare.com sudah rangkum beberapa jawaban dari para ahlinya yang bisa bantu menyelesaikan masalah kita. Sesuai dengan judul pada article ini yaitu cara mudah mengecilkan ukuran foto tanpa mengurangi kualitas foto tersebut. Mau tau caranya. kita akan ulas perihal hal ini ya..

Sebelumnya hal yang perlu kalian ketahui adalah bahwa biasanya ukuran foto yang di upload atau dikirim dalam sebuah aplikasi tertentu seperti medsos atau media sosial di tentukan ukuran maksimal byte nya. Ada banyak contoh, misalnya nih bagi kalian yang ingin mendaftar sebagai mahasiswa baru biasanya pada saat mengunggah foto identitas ukuran maksimal foto sudah ditentukan. Atau yang lain lagi ingin mendaftar sebagai seorang CPNS, lalu sewaktu melamar pekerjaan via email yang biasanya ukuran fotonya juga sudah ditentukan. Oleh karena alasan-alasan tersebut nih kita perlu menyesuiakan dengan mengecilkan ukuran byte foto atau sebuah gambar.


Selain ukuran foto yang sudah ditentukan dalam situasi tertentu, manfaat lainnya adalah ukuran byte foto atau foto yang diperkecil dapat memudahkan kita dalam proses upload sehingga proses upload akan lebih cepat dan berhasil. sahabat bisa coba sendiri deh mengupload dengan foto berukuran besar berbeda dengan mengupload foto yang sudah diperkecil, lebih mudah dan cepat yang mana? sahabat bisa buktikan sndiri yaa.

Maka, timbul pertanyaan nih sahabat. Bagaiman cara nya mengecilkan ukuran foto (Byte) foto atau gambar dengan mudah dan simple? Nah, melalui pembahasan ini untuk dapat memperkecil ukuran byte foto atau gambar kita bisa gunakan beberapa teknik. Salah satunya adalah dengan menggunakan cara online yang memanfaatkan fasilitas yang bernama TinyPNG dan juga cara non online seperti microsoft office picture manager. Cara mana yang lebih efektif? Kedua cara ini memiliki fungsi yang sama, yaitu berguna dalam mengkompres ukuran foto agar menjadi lebih kecil dari foto yang sebelumnya. Namun, ada juga perbedaan nya, mengenai mana yang lebih efektif sahabat bisa simpulkan sendiri melalui uraian dibawah ini.

Cara Memperkecil Ukuran Byte Foto dengan menggunakan Fasilitas TinyPNG

Apa itu fasilitas TinyPNG? apakah sahabat tahu? ini dia fasilitas TiniPNG Merupakan salah satu tool online yang sudah dikenal dalam proses mengkompres ukuran foto menjadi lebih kecil dari sebelumnya dengan tidak mengurangi sedikit pun kualitas dari gambar atau foto tersebut. Yang lebih hebat lagi aplikasi ini dapat mengkompres 20 foto sekaligus dengan ukuran masing-masing foto maksimal 5 MB. Maka bagi sahabat semua yang sudah penasaran bagaimana caranya menggunakan fasilitas TinyPNG? Yuuk kita simak pada uraian dibawa ini yakni Cara memperkecil ukuran byte foto dengan menggunakan fasilitas TinyPNG.
  1. Langkah pertama, kita perlu mengunjungi situs TinyPNG.com. Seperti terlihat pada gambar dibawah ini : 
                                          
  2. Selanjutnya klik area yang telah diberi tanda panah sebagai simbol dalam memasukkan foto atau file gambar yang ingin sahabat perkecil ukurannya atau dikompres. Sahabat juga bisa mendrag file foto atau gambarnya pada area tersebut.
  3. Kemudian, pilih lokasi dimana file atau foto yang ingin dikompres berada. dengan klik gambar, lalu open.
  4. Tunggu selama beberapa waktu, tidak lama yaitu beberapa detik atau menit untuk proses compressing. Sebenarnya lama tidaknya proses compressing dipengaruhi oleh ukuran atau banyaknya file gambar atau foto yang di kompres. 
  5. Apabila proses compressing telah selesai, sebagai tanda adalah pada bar hijau akan muncul tulisan "finished". Lalu, klik download untuk mengambil file gambar yang telah selesai di kompress atau diperkecil ukuran gambarnya. Jika sahabat mengkompress lebih dari satu file gambar, sahabat bisa mendownload nya sekaligus dengan cara klik tombol hijau dengan tulisan "Download all'. 



Cara Memperkecil Ukuran Byte Foto secara non online dengan menggunakan microsoft office picture manager "Mengedit atau mengecilkan ukuran byte foto atau gambar"

Cara lain dalam mengkompres atau memperkecil ukuran foto atau gambar adalah secara non online. Dengan cara sederhana ini sebenarnya memilii sedikit perbedaan dengan cara menggunakan aplikasi TinyPNG yakni kualitas foto atau gambar mungkin akan sedikit berkurang. Oleh karena itu, talitashare.com saranin sih, untuk menggunakan dua cara ini sekaligus. Bagaimana caranya? pertama, kecilkan atau compressing menggunakan TinyPNG, Kemudian sahabat bisa edit lagi secara non online menggunakan microsoft office picture manager.

Sebagai informasi buat sahabat, Pada Office 2007 dan office 2010, aplikasi micosoft office picture manager termasuk dalam aplikasi standar. Untuk sahabat pengguna microsoft office 2013 keatas, aplikasi microsoft  office picture manager harus diinstal tambahan, yakni dengan cara menginstal microsoft sharepoint designer  2010.

Kembali ke topik cara kedua yakni Cara Memperkecil Ukuran Byte Foto secara non online dengan menggunakan microsoft office picture manager "Mengedit atau mengecilkan ukuran byte foto atau gambar. Maka kita akan ulas juga pada uraian dibawah ini. Yukk perhatikan secara saksama.

Langkah awal adalah buka aplikasi microsoft office picture manager atau dengan kata lain aplikasi microsoft sharepoint designer 2010, biasanya kalau sahabat cari berada dalam folder microsoft office - microsoft office tools atau klik kanan file foto atau gambar kemudian pilih open with kemudian pilih microsoft office picture manager atau microsoft sharepoint designer 2010.



Langkah selanjutnya, pilih edit picture.

Kemudian untuk sahabat yang ingin mengambil titik fokus atau sebagian tidak keseluruhan gambar dari foto atau gambar tersebut, pilih "Crop". Setelah di crop klik "Save".

Sedangkan untuk mengubah ukuran byte foto atau gambar, pilih "Resize". Untuk bisa mengecilkan foto isi pada kolom presentaseof original with x heigh. Misalnya 80% 70% 60% dst. Tergantung dari ukuran yang sahabat inginkan. Maka, langkah terakhir adalah klik "Oke" dan "Save".

Uraian diatas merupakan secara singkat cara mempermudah sahabat semua dalam mengecilkan ukuran byte foto atau file gambar. Semoga dengan uraian ini dapat membantu dan bermanfaat buat sahabat semua. Punya kritik dan saran, remember.. tulis di kolom komentar yaa guys. Dengan kritik dan saran kalian kita bisa saling membangun. Dan semoga talitashare.com dapat memberikan informasi yang memberi nilai positif dan bermanfaat di mata masyarakat. Talitashare.com ucapkan terima kasih sudah mampir dan mari terus berkarya!