-->

8 Cara Menghadapi Gempa Bumi agar selamat penting diketahui

Gempa bumi adalah salah satu bencana alam yang sangat berbahaya dan bisa menimbulkan banyak korban. Di Indonesia sendiri, gempa bumi sudah sering terjadi di berbagai tempat? Apakah daerah saudara juga rawan terdampak gempa bumi? Jika demikian, Anda setidaknya harus mempersiapkan diri dengan beberapa cara menghadapi gempa bumi agar selamat sebagai suatu hal yang penting untuk diketahui.

Gempa bumi bisa terjadi akibat adanya kerak bumi yang mengalami pergeseran. Dari pergeseran inilah mengakibatkan guncangan gelombang dan saling berbenturan pada tanah. Situasi ini dinamakan dengan istilah gempa bumi. Bencana alam yang satu ini tidak bisa dianggap remeh sama seperti musibah besar lainnya seperti tsunami, tanah longsor, gunung meletus, banjir, kebakaran dan masih banyak lagi.

Sebagaimana yang kita ketahui, mencegah lebih baik dari mengobati bukan? Hal ini juga berlaku untuk menghadapi gempa bumi, Anda harus siap kapan pun ada bencana alam yang sifatnya mendadak. Persiapan yang baik akan melatih Anda dan keluarga termasuk anak kecil untuk menghadapi gempa bumi dengan baik. 

Sebagai berikut kita akan membahas beberapa tips dan persiapan menghadapi gempa bumi baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Mari simak.

8 Cara Menghadapi Gempa Bumi agar selamat penting diketahui
 
 
1. Mempersiapkan mental

Gempa bumi termasuk dalam jenis gempa bumi yang kedatangannya selalu secara tiba tiba. Kita tidak bisa memprediksi kapan datangnya gempa bumi. Oleh sebab itu, untuk mempersiapkan diri menghadapi gempa bumi kapan pun terjadi, Anda harus mempersiapkan mental yang cukup kuat. Lantas, bagaimana caranya membuat mental Anda kuat untuk menghadapi gempa bumi?

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mencari sebanyak mungkin pengetahuan terkait bencara alam atau mempelajari ilmu pengetahuan yang dibutuhkan terkait bencana alam itu sendiri. Dengan pengetahuan yang cukup akan membuat Anda lebih percaua diri dalam menghadapi situasi bencana yang mendadak

2. Mengikuti Sosialisasi terkait tanggap bencana alam

Mempelajari bencana alam dapat Anda lakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengikuti tanggap bencana alam di daerah setempat. Disini Anda bisa mengetahui serta memahami  bagaimana bencana alam gempa bumi bisa terjadi dan apa yang bisa Anda lakukan dalam keadaan tertentu?

Umumnya, hal hal yang dibahas juga akan mencangkup cara seseorang menerapkan beberapa kegiatan yang sederhana untuk menjaga lingkungan mereka tetap aman. Tidak jarang sosialisasi ini sering dilakukan di beberapa daerah khususnya daerah yang rawan bencana alam.

3. Mengikuti simulasi menghadapi bencana alam

Simulasi menghadapi bencana alam sebenarnya sangat penting dan bermanfaat untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi situasi gempa bumi. Semua orang termasuk orang tua, anak muda, bahkan anak anak perlu mengikuti kegiatan simulasi kegiatan bencana alam yang umum diselenggarakan. Anak anak disekolah juga biasanya akan diajarkan pentingnya tetap siap dalam menghadapi bencana alam melalui simulasi.

4. Saat terjadi gempa bumi didalam ruangan

Saat tiba tiba Anda merasakan gempa bumi, jangan panik dan gegabah. Jika Anda di dalam ruangan lakukan beberapa hal penting seperti jangan panik dan dengan pasti berusaha berlari keluar ruangan. Jika tidak sempat keluar dari ruangan, cobalah cari perlindungan seperti di bawah meja atau tempat tidur yang memiliki kekuatan untuk Anda berlindung di bawah nya.

Patut diperhatikan hal tersebut harus tetap Anda lakukan meskipun ada banyak orang. Lindungi bagian kepala Anda dengan benda yang empuk seperti bantal dan sejenisnya. Selalu hati hati dan waspada terkait benda benda yang mungkin beresiko roboh seperti halnya langit langit rumah atau benda benda yang biasa tergantung di tembok. Jika memungkinkan segera keluar ruangan melalui tangga darurat jangan melalui lift.

5. Saat terjadi gempa bumi diluar ruangan

Jika terjadi gempa bumi saat Anda berada diluar ruangan, Anda juga penting sekali untuk melakukan beberapa hal untuk upaya menyelamatkan diri. Beberapa diantaranya adalah dengan menjauhi bangunan bangunan tinggi, tembok, tiang atau pusat listrik, pohom, tembok, papan reklame dan lain sebagainya.

Berusahalah untuk mencari tempat yang terbuka sebagai contoh lapangan yang luas. Jauhilah benda benda yang beresiko bisa melukai. Sebagai contoh rak sampai dengan jendela kaca yang sangat berbahaya apabila pecah.

6. Saat terjadi gempa bumi didalam kendaraan atau alam terbuka

Bagaimana jika Anda berada di dalam kendaraan atau berada di alam terbuka ketika terjadi gempa bumi secara mendadak? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap aman. Pertama tama, hentikan kendaraan Anda dan cobalah untuk menghindari tempat tempat yang rawan seperti berada di bawah jembatan. 

Sedangkan jika Anda berada di alam terbuka sebisanya Anda harus menghindari jurang dan lereng yang berpotensi bisa runtuh dan longsor khususnya di daerah pegunungan. Selanjutnya Anda bisa pindah ke daerah yang lebih tinggi. Hal ini penting untuk antisipasi kalau gempa bumi bisa berpotensi mengakibatkan tsunami khususnya di daerah pantai.

7. Menyiapkan tas siaga bencana

Jangan lupa juga, sebelum bencana alam terjadi siapkan selalu tas siaga bencana dimanapun Anda berada. Apa saja isi dari tas siaga bencana? Barang barang yang harus ada beberapa diantaranya adalah perlengkapan darurat seperti halnya makanan, minuman, pakaian dan kotak P3K. perlengkapan ini sangat dibutuhkan selama setidaknya beberapa hari sampai bantuan bencana alam datang.

Cobalah untuk mendiskusikan hal ini dengan keluarga. Pastikan bahwa setiap anggota keluarga tahu letak tas dan bisa dengan mudah di bawa kemana mana, misalnya orang tua bisa menyiapkan tas serupa di tempat kerja ataupun dikendaraan pribadi.

8. Menyimpan daftar nomor penting

Tahukah Anda, sekedar menyimpan nomor telepon seperti rumah sakit, polisi, ambulans, pemadam kebakaran, atau bahkan instansi pemerintah sebenarnya sangat penting ketika terjadi bencana alam secara mendadak. Sebagai orang tua, Anda bisa mengajari bagaimana cara anak anak bisa menghubungi nomor nomor tersebut pada saat terjadi kecelakaan sebagai upaya pertolongan pertama.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas langkah langkah mengatasi gempa bumi secara tepat dan tepat. Hal ini penting diketahui  sebagai upaya pertolongan dan penyelamatan dini untuk menghindari adanya korban. Selain mempersiapkan diri sebelum menghadapi bencana alam, Anda juga perlu memperlengkapi pengetahuan Anda terkait cara mengatasi dampak pasca gempa bumi tersebut.

Orang cerdik, menghindar ketika melihat bahaya. Mari sebisanya kita semua untuk menjaga diri dan keluarga tetap aman meskipun di dalam kondisi sulit sekarang ini. Khususnya jika Anda mengetahui bahwa daerah tempat tinggal Anda adalah daerah yang rawan terhadap bencana alam. Selalu waspada dan lakukan tahap antisipasi yang disarankan untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel