-->

10 Mesin pencari terbaik selain Google yang aman

Google adalah salah satu mesin pencarian terbaik paling popular di seluruh dunia. Mayoritas kalangan pengguna internet banyak menggunakan Google untuk melakukan pencarian terkait informasi yang dibutuhkan. Namun, diseputar dunia sebenarnya tidak hanya Google yang bisa dijadikan mesin pencari di Internet. Setidaknya ada beberapa search engine terbaik lainnya selain google yang aman.

Mengapa Anda ingin menggunakan mesin pencari selain google? Setiap platform mesin pencari mempunyai fitur dan fasilitas canggihnya masing masing. Bahkan kelebihan dan kelemahannya berbeda beda. Anda mungkin ingin menggunakan mesin pencari yang memiliki fasilitas tertentu tidak ada di Google. Yang lain lagi mungkin memikirkan serius terkait Google yang mengumpulkan data penggunanya.

Apapun alasan menggunakan platform search engine selain google, Anda bisa menggunakan mesin pencari lainnya sebagai alternative. Tidak kalah dari google, beberapa mesin pencari ini merupakan search engine terbaik dan terpopuler di dunia. Berbagai fitur dan cara kerja mesin pencarian ini berupaya memberikan pelayanan yang nyaman untuk setiap pengguna. Ingin tahu apa saja? Yuk simak informasinya di bawah ini.

10 Mesin pencari terbaik selain Google yang aman

1. Yahoo! Search

Yahoo! search merupakan salah satu mesin pencarian paling popular selain google yang sudah ada sejak tahun 1955. Yahoo search terus mengalami peningkatan hingga di awal tahun 2000an sudah menjadi pesaing google. Layanan dalam yahoo! search ada berbagai macam mulai dari Yahoo! Mail, Finance, News, Answers, Sport dan lain sebagainya. Disini Anda bisa menggali berbagai macam bentuk informasi.

Tahukah Anda sekarang, Yahoo! search sudah melakukan kerja sama dengan Bing dan Microsoft dalam upaya memberikan informasi yang relevan. Anda juga bisa melihat bahwa tampilan Yahoo! search dan Bing selalu berganti dan ada kesamaan fitur.

2. Bing

Hampir sama dengan Google, Bing telah menyediakan berbagai fitur untuk memberikan berbagai bentuk informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya. Dalam satu halaman Anda bisa menemui informasi lengkap mulai dari gambar, video dan berita terkait keyword atau kata kunci yang Anda cari. Untuk tampilannya pada halaman awal mirip dengan search engine Yahoo! Search yang tidak statis mengingat keduanya telah menjalin kerja sama.

Bing juga menjalin kerjasama dengan Microsoft, jadi memungkinkan Anda juga bisa mengakses program seperti MSN, Outlook dan berbagai program yang terdapat di Microsoft Office pada halaman awal. Lengkap sekali bukan?

3. Yandex

Pernahkah Anda mendengar atau menggunakan mesin pencarian bernama Yandex? Yandex sendiri merupakan alat mesin pencari yang diciptakan pada tahun 1997 oleh negara Rusia. Tujuan dirancangnya Yandex adalah untuk membantu para pengguna dalam menjalankan bisnis baik melalui dunia offline maupun online secara baik. Melalui fiturnya, Yandex bisa digunakan sebagai pengganti Google.

4. Baidu

Berikutnya adalah mesin pencari Baidu. Mesin ini sering disebut dengan sebutan “Google nya China”. Mengapa demikian? Sebab Baidu sendiri sudah menguasai market share di negara China sejak tahun 2018. Tahukah Anda, tidak hanya Baidu ada juga Bilibili yang menyediakan ragam informasi melalui video sebagai pengganti youtube. Menariknya platform ini bisa Anda gunakan untuk belajar Bahasa mandarin karena halaman pencariannya menggunakan aksara Han atau Hanzi.

5. DogPile

DogPile mungkin berada di peringkat yang lebih rendah daripada mesin pencarian lainnya, namun ini bukan alasan Anda tidak bisa menggunakan DogPile sebagai search engine pengganti DogPile. Menariknya disini Anda bisa mendapatkan fasilitas berupa kompilasi beberapa mesin pencarian seperti halnya Yahoo!, Google, MSN, dan Yandex. Walaupun tampilannya tidak modern tapi hasil pencariannya 50% lebih banyak ketimbang platform lainnya loh.

6. StartPage

Berbeda dengan search engine lainnya, StartPage memiliki kepercayaan bahwa data probadi memang sudah seharusnya disimpan sendiri bukan di Big data. Oleh sebab itu, StartPage tidak akan mengambil data yang Anda berikan pada mesin pencari dan menjamin hal itu. Startpage sangat mengutamakan kenyamanan pengguna untuk melakukan pencarian tanpa khawatir terdeteksi.

7. Ask

Ask.com dan Ask.fm apakah website yang sama? Tidak, jangan sampai Anda salah mengira padahal keduanya adalah website yang berbeda. Apabila Ask.com merupakan mesin pencari maka Ask.fm adalah seperti media social. Nah, di Ask Anda bisa secara spesifik mencari informasi dalam dua tipe yakni informasi umum dan video. Sayangnya, Ask telah dipenuhi iklan iklan online pada halaman awalnya.

8. Swisscows

Swisscows juga berupaya untuk menjaga keamanan data para penggunanya apabila data yang bersifat privasi. Tidak hanya itu Swisscows juga telah memperlengkapi website mereka dengan konten yang ketat sehingga aman untuk keluarga. Informasi yang disajikan dapat berupa video, gambar, penerjemahan sampai dengan musik.

9. DuckDuckGo

DuckDuckGo merupakan salah satu platform alternative selain google yang cenderung paling aman dan sederhana yang direkomendasikan untuk Anda. Pasalnya, DuckDuckGo telah menjamin privasi data yang Anda berikan aman selama melakukan pencarian. Jejak pencarian Anda juga tidak akan terdeteksi oleh para pengiklan.

10. Gibiru

Hampir sama dengan DuckDuckGo, Gibiru juga memfokuskan pada keamanan data yang dimiliki oleh penggunanya. Anda bisa lihat pada beberapa informasi yang disajikan pada website utamanya sangat berbanding terbalik dengan Google. Gibiru mengaku hanya akan memperoleh komisi jika pengguna melakuan pembelian pada website tertentu. Mereka juga tidak akan memperjualbelikan data hanya demi keuntungan semata.

Uraian diatas adalah informasi terbaru yang membahas tentang daftar mesin pencarian selain google yang tidak kalah bagus dan popular diseluruh dunia. Penggunanya sendiri sudah tersebar di seluruh dunia. Jadi, Anda tidak perlu bingung jika ingin menggunakan mesin pencari selain google, sebab ada banyak sekali pilihan yang direkomendasikan untuk Anda.

Anda yang update dalam bidang teknologi dan informasi pasti sudah tidak asing lagi dengan mesin pencari atau platform yang disebutkan dalam daftar ini. Anda bisa memilih dan memanfaatkan serach engine tersebut yang disesuaikan dengan kebutuhan. Perhatikan setiap fitur yang bisa membantu Anda lebih nyaman untuk berselancar di dalam internet. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel