-->

Cara Menggunakan Mouse dan Keyboard Wireless bukan Bluetooth untuk iPad

Mouse dan keyboard wireless saat ini sudah banyak menggantikan posisi mouse dan keyboard dengan kabel. Salah satu alasannya tentu saja karena kepraktisannya. Misalnya kita bisa langsung menyambungkan mouse dan keyboard menggunakan fitur Bluetooth. Namun, ada juga jenis mouse dan keyboard wireless bukan Bluetooth. Lantas bagaimana cara menggunakan mouse dan keyboard wireless yang tidak ada Bluetoothnya untuk iPad?

Sebenarnya caranya mudah sekali. Khususnya jika Anda hanya mempunyai mouse atau keyboard wireless manual tanpa Bluetooth dan ingin menghubungkannya ke iPad, Tab, HP Android atau Smartphone, cara ini akan sangat membantu. Ya, Anda tidak perlu membeli mouse atau keyboard Bluetooth baru untuk bisa dihubungkan ke perangkat Anda.

Beberapa orang juga mungkin ada yang salah beli jenis produk mouse atau keyboard wireless. Ya, bagi yang tidak terlalu paham, mungkin menganggap mouse dan keyboard wireless pasti mempunyai fitur penyambungan melalui Bluetooth, padahal tidak demikian. Anda perlu jeli saat membeli produk mouse dan keyboard yang sesuai dengan kebutuhan.

Namun kalau salah beli ya jangan khawatir, sebagai berikut kita akan membahas cara menggunakan mouse dan keyboard wireless bukan Bluetooth untuk iPad. Yuk simak.

Cara Menggunakan Mouse dan Keyboard Wireless bukan Bluetooth untuk iPad


Langkah pertama untuk menghubungkan mouse atau keyboard wireless manual Anda, adalah dengan memeriksa lebih dulu spesifikasi, fitur atau apa saja yang mouse dan keyboard Anda bisa dukung. Jika tidak paham caranya, cukup lihat merek dan tipenya lalu cari di Google deh.

Nah, jika sudah paham dengan spesifikasinya dan memang mouse atau laptop Anda tidak mendukung Bluetooth dan hanya menggunakan receiver USB wireless, Anda bisa memanfaatkannya.

Namun, sebelum memanfaatkannya, disini Anda perlu membeli alat tambahan yaitu OTG converter. Atau jika Anda sudah memilikinya bisa langsung menggunakannya sebagai alat bantu. Nah, perlu diperhatikan OTG converter yang Anda gunakan harus sesuai dengan tipe perangkat iPad Anda supaya bisa masuk port iPad .

Jika sudah memiliki OTG Converter, Anda tinggal colok ke port iPad, lalu pasang receiver USB wireless mouse atau keyboard ke OTG tersebut.

Setelah berhasil disambungkan, maka selesai kini mouse dan keyboard tanpa Bluetooth bisa Anda gunakan di perangkat Anda yang lain. Nah menariknya, cara ini juga dapat dilakukan untuk mouse atau keyboard dengan kabel jika ingin disambungkan ke perangkat lainnya yaitu menggunakan alat bantu OTG converter.

Demikianlah informasi update yang mengulas cara menggunakan mouse dan keyboard wireless bukan Bluetooth untuk iPad. Mudah sekali bukan? Kini Anda tidak perlu khawatir, sebab ternyata tanpa Bluetooth sekalipun Anda tetap bisa menghubungkan mouse dan keyboard wireless tanpa Bluetooth untuk perangkat Anda yang lain seperti halnya iPad, Tab atau bahkan Handphone Android Anda. Simak juga tutorial iPad yang lainnya.

Meski harus mengeluarkan modal lagi, tentu ini menjadi solusi yang lebih praktis dibandingkan harus membeli mouse dan keyboard dengan Bluetooth yang baru bukan? Anda bisa memilih sendiri mana solusi yang ingin Anda gunakan. Namun, solusi ini bisa menjadi salah satu referensi Anda untuk menyelesaikan masalah penggunaan mouse dan keyboard wireless tanpa Bluetooth untuk perangkat Anda yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel