-->

Cara Mengatasi Tersambung Tapi Tidak Ada Koneksi Internet pada WIFI

Apakah Anda sekarang sedang menggunakan jaringan WiFi? Baik wifi kantor ataupun wifi dirumah sering bermasalah? Ya, kemajuan teknologi dalam bidang internet memang sudah sangat canggih. Namun, tidak dipungkiri masih ada kendala atau masalah yang harus kita hadapi sebagai kelemahannya. Salah satunya adalah kondisi dimana internet tersambung tapi tidak ada koneksi internet. Bagaimana cara mengatasinya?

Kondisi ini terjadi ketika kita menyambungkan wifi seperti biasanya dan sudah terhubung ke internet. Namun, saat kita menggunakannya malah tidak bisa mengakses Google, menggunakan aplikasi, bermedia sosial atau kegiatan lainnya yang membutuhkan koneksi internet. Dengan kata lain tidak ada koneksi internet untuk kita bisa melakukan hal hal tersebut.

Kondisi lainnya yang juga kerap terjadi adalah muncul tulisan pada jaringan wifi “Tidak ada koneksi internet” atau “No Internet Conection” dalam bahasa Inggris. Jadi dalam hal ini, memang tidak ada jaringan internet sehingga perangkat kita meskipun wifi dihidupkan tetap tidak bisa mengakses internet. Lantas, bagaimana cara kita mengatasinya?

Mari simak, uraian sebagai berikut yang membahas tentang cara mengatasi kondisi internet tersambung tapi tidak ada koneksi internet pada WiFi dengan ampuh.

Cara Mengatasi Tersambung Tapi Tidak Ada Koneksi Internet pada WIFI


Penyebab Tidak Ada Koneksi Internet WiFi

1. Masalah Router

Penyebab pertama tidak ada koneksi internet pada sambungan wifi adalah adanya masalah pada router. Misalnya mungkin ada pengaturan yang salah pada router. Ini biasa terjadi, jika Anda menggunakan modem WiFi.

2. Gangguan Provider

Selain dari masalah router, masalah terjadi juga bisa karena adanya gangguan provider wifi yang Anda gunakan tersebut.

3. Adanya Gangguan Jaringan

Tidak dipungkiri, di berbagai daerah, tidak hanya di daerah kecil, di daerah daerah besar juga bisa mengalami gangguan jaringan. Nah, bisa jadi pesan no internet pada jaringan wifi Anda tersebut muncul karena adanya gangguan jaringan tersebut.

4. Berbagai penyebab lainnya

Penyebab penyebab yang sudah kita bahas hanya beberapa kemungkinan saja dan belum pasti, sehingga untuk mengatasinya memang tidak bisa terburu buru.

Cara Mengatasi Tidak Ada Koneksi Internet WiFi

1. Restart Perangkat kita

Solusi pertama yang bisa dilakukan secara manual untuk mengembalikan kondisi internet menjadi baik adalah dengan merestart perangkat kita. Mengapa demikian? Sebab dengan restar, perangkat kita akan dimuat ulang. Dengan demikian jika ada masalah memungkinkan perangkat kita bisa normal kembali.

2. Restart Router atau Modem

Selain perangkat kita yang perlu di restart, penyebab lainnya mungkin bisa dari router atau modem kita. Jadi cobalah untuk merestart router dan modem juga selama beberapa detik. Meskipun sangat sederhana, namun seringkali cara ini efektif loh. Perhatikan juga mungkin router atau modem panas, sehingga mengakibatkan gangguan koneksi pada internet Anda.

3. Mengaktifkan Mode Pesawat

Nah, trik berikutnya juga merupakan trik yang umum dan sederhana yakni dengan mengaktifkan mode pesawat. Mengaktifkan fitur tersebut akan memutuskan koneksi wifi yang terhubung secara paksa. Nah, biasanya setelah mode pesawat dinonaktifkan maka koneksi yang bermasalah bisa kembali normal.

4. Memasukkan Ulang Password WiFi

Kesalahan memasukkan password WiFi juga bisa menjadi salah satu penyebab, internet tidak tersambung. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengulangi memasukkan password dengan benar dan tepat.

5. Memeriksa Jaringan WiFi

Kalau masalahnya ada pada gangguan provider atau jasa penyedia layanan internet, solusinya Anda bisa mencoba dengan sabar tunggu selama beberapa waktu terlebih dahulu hingga jaringan menjadi normal. Atau Anda juga bisa telpon call center jika gangguan terjadi sampai berhari hari.

Demikianlah informasi terbaru yang membahas tentang cara mengatasi kondisi tersambung tapi tidak ada koneksi internet pada jaringan WiFi. Karena admin sendiri juga merasakan betapa kesalnya internet yang bermasalah, jadi mari kita coba untuk selesaikan permasalahan ini. Cobalah untuk jangan panik dan coba tips cara mengatasi yang sudah dijabarkan di artikel ini.

Bagi sebagian besar orang, internet memang sudah menjadi kebutuhan yang wajib terpenuhi. Bayangkan saja sehari tanpa internet, kita mungkin bisa merasa hampa atau bahkan berbagai aktivitas kita sehari hari jadi terganggu. Inilah yang admin juga rasakan, jadi tidak heran sewaktu jaringan wifi mengalami gangguan kita akan merasa kesal. Kita memang harus pintar dalam mengatasi hal ini. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel