-->

Cara Menggunakan VPN di Laptop Tanpa Software yang Mudah

Saat ini sudah banyak orang tahu tentang VPN, termasuk Anda juga. Ya, semakin banyak pengguna internet, maka semakin populer juga VPN. Lantas apa sebenarnya VPN ini? VPN sendiri merupakan bagian dari jaringan komputer yang membuat jalur koneksi rahasia dengan memanfaatkan struktur dari jaringan lain. Lantas, apa cara untuk menggunakan VPN di laptop dengan mudah tanpa software?

VPN biasanya digunakan kebanyakan orang sebagai pelindung pada saat berselancar dalam dunia internet. Tidak hanya itu, kebanyakan juga memanfaatkannya untuk bisa membuka situs atau website yang telah diblokir oleh pemerintah atau ilegal dengan aman. Ya, sebagaimana yang kita tahu, dari banyaknya situs atau website yang kita temui tidak semuanya adalah website resmi.

Situs atau website tidak resmi ini karena tidak ada persetujuan pemerintah, tentu saja keamanannya tidak bisa dipastikan. Bisa saja, situs atau website yang kita kunjungi berbahaya seperti menyimpan konten tidak baik, memiliki virus atau malware dan masih banyak lagi. Beberapa kelebihan VPN yang mampu merahasiakan data lebih aman, memiliki akses jaringan lokasi yang berbeda, bisa mengakses website yang diblok dan lain sebagainya inilah yang dimanfaatkan.

Jika Anda ingin memanfaatkan VPN di laptop tanpa software dengan mudah, maka Anda bisa simak tutorialnya di bawah ini. Mari simak.

Cara Menggunakan VPN di Laptop Tanpa Software yang Mudah


Cara Mengaktifkan VPN di Windows 10

Banyak orang sudah menggunakan windows 10 di laptop atau PC mereka termasuk saya. Jadi kesempatan kali ini kita akan menggunakan Windows 10 untuk mengaktifkan VPN di laptop tanpa bantuan software dengan mudah. Panduannya silahkan Anda simak satu persatu di bawah ini.

1. Membuka fitur Network Status

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan VPN di windows 10 adalah memanfaatkan fitur “Open Network & Internet Settings” yang biasanya ada di windows 7 dan 8, namun untuk windows 10 kita bisa menggunakan fitur “Search” lalu mengetikkan “Network Status”, jika sudah menemukannya silahkan pilih dan buka.

2. Network And Sharing Center

Di bagian menu setting, Anda bisa cari “Advanced Network Settings” lalu cari opsi “Network And Sharing Center” dan pilih. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menemukan fitur ini. Jika Anda sudah tahu dimana tempatnya tinggal cari saja.

3. Pilih Set Up a Connection or Network

Pada menu Network Anda Sharing Center, Anda bisa menemukan “Set Up a New Connection or Network” lalu klik. Berikutnya Anda akan langsung diarahkan ke bagian menu selanjutnya.

4. Klik Connect to a Workplace

Ketika berada di tampilan selanjutnya yakni “Choose a Connection Option” silahkan pilih opsi “Connect to Workplace” lalu jangan lupa klik “Next”.

5. Pilih Use My Internet Connection (VPN)

Setelah Anda sudah berada di bagian menu “How Do You Want to Connect?” Anda bisa cari “Use My Internet Connection (VPN)” untuk berlanjut ke bagian selanjutnya.

6. Masukkan Internet Address

Pada tahapan ini Anda sudah diarahkan ke dalam menu “Type the internet address to connect to”. Disini Anda diminta untuk memasukkan alamat internet. Nah, bagaimana caranya mendapatkan alamat internet address tersebut? Mudah, sekali, Anda tingga membuka situs Vpnbook.

Disitu Anda bisa menemui list internet address. Silahkan pilih server VPN yang Anda inginkan. Nah, supaya tidak lupa, catat username dan password dari Vpnbook yang akan Anda gunakan tersebut.
Penting untuk diketahui, bagian username dan password tersebut akan diperbaharui oleh pemilik situs Vpnbook setiap bulannya. Oleh sebab itu, Anda setidaknya harus mengunjungi Vpnbook secara berkala setiap bulannya untuk memperoleh password dari VPN yang baru.

7. Mengaktifkan VPN

Langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengaktifkan VPN yang sudah kita pasang sebelumnya. Caranya adalah dengan membuka ikon jaringan/Network, lalu masukkan username dan password VPN Book dan klik “OK”. Sampai sini Anda tinggal periksa IP nya apakah sudah berubah atau belum yang biasanya ditandai dengan letak lokasi yang berubah menjadi IP negara asing.

Bagaimana cara mengeceknya? Silahkan buka di Whats Is My IP Address. Disitu Anda bisa melihat IP komputer Anda. Jika sudah berubah lokasi IP kota dan negara nya, maka Anda sudah berhasil mengaktifkan VPN.

Inilah informasi update yang mengulas cara menggunakan VPN di laptop tanpa software yang mudah. Tidak hanya penggunaan di laptop, VPN bisa digunakan dengan mudah di berbagai perangkat yang mendukung akses untuk memanfaatkan VPN baik itu HP Android atau Smartphone, tab, laptop, komputer dan berbagai jenis perangkat lainnya.

Namun, penting diketahui untuk mengaktifkan VPN di laptop maupun PC komputer Anda hendaknya menyesuaikan windows yang Anda gunakan. Seperti cara mengaktifkan VPN di windows 10 secara gratis. Biasanya cara yang dilakukan untuk setiap windows yang digunakan adalah berbeda beda. Ingatlah jika Anda berminat menggunakan VPN, tetaplah selalu berhati hati dan pintar dalam memanfaatkannya untuk hal yang baik. Semoga berman

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel