-->

Cara Melihat Flashdisk yang Tidak Terbaca di Komputer dengan Mudah

Flashdisk adalah salah satu kemajuan teknologi saat ini yang bisa membantu memudahkan kita dalam menyimpan dan memindahkan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Biasanya kita menggunakannya di laptop atau komputer. Namun, bagaimana kalau flashdisk tidak terbaca di komputer? Bagaimana cara mengatasinya?

Jangan panik dulu, meskipun di dalamnya ada file atau data penting Anda bisa kok menanganinya sendiri. Turunkan kepanikan Anda, dan coba solusinya perlahan lahan secara bertahap. Sebagaimana yang kita tahu flashdisk memang memiliki cukup banyak kelebihan. Tetapi perangkat ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah rentan terhadap virus dan rusak.

Apabila flashdisk mengalami masalah tersebut, kemungkinan flashdisk bisa tidak terbaca. Banyak juga masalah lainnya yang bisa membuat flashdisk tidak bekerja dengan baik. Namun, jangan khawatir sebab ada berbagai cara yangt bisa Anda lakukan untuk memulihkan flashdisk yang tidak terbaca tersebut. Apa saja caranya?

Mari simak informasi berikut ini yang membahas tentang cara melihat flashdisk yang tidak terbaca di komputer dengan mudah. Cekidot.

Cara Melihat Flashdisk yang Tidak Terbaca di Komputer dengan Mudah


1. Cek Port USB laptop terlebih dahulu

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengecek port USB laptop terlebih dahulu. Mengapa? Sebab ada kemungkinan flashdisk tidak terbaca adalah karena bukan dari flashdisknya yang bermasalah melainkan port USB komputer atau laptop yang sedang rusak.

Anda bisa mencoba untuk menghubungkan flashdisk ke port USB lainnya, apabila di port USB lain flashdisk bisa terbaca, maka yang bermasalah adalah port USB komputer Anda. Selain itu, sebelum menghubungkan flashdisk ke perangkat, sebaiknya pastikan terlebih dahulu port bersih dan terhindar dari debu. Jaga port USB juga supaya tidak longgar atau bisa digerakkan ke bawah atau keatas.

2. Memeriksa Kondisi Flashdisk

Setelah selesai mengecek port USB laptop dan jika tidak ada masalah, hal yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa kondisi dari flashdisk itu sendiri. Pertama tama, coba ambil flashdisk lainnya dan hubungkan ke PC komputer. Jika flashdisk lainnya mau terbaca sedangkan flashdisk Anda tidak maka, sudah dapat dipastikan kemungkinannya flashdisk Anda sedang bermasalah.

3. Menggunakan Disk Management Tool

Untuk menangani flashdisk yang bermasalah salah satu caranya adalah dengan melakukan scanning flashdisk atau pemindaian dengan memanfaatkan Disk Management Tool. Metode ini bermanfaat untuk memperbaiki flashdisk secara otomatis terhadap kerusakan atau mungkin terjangkit adanya virus. Bagaimana cara menggunakan Disk Management tersebut?

Pertama tama Anda bisa menghubungkan flashdisk terlebih dahulu ke port USB laptop atau komputer. Lalu, setelah itu arahkan perhatian pada symbol windows dan klik kanan. Pada jendela yang dimunculkan, Anda bisa pilih Disk Management Tool. Selanjunya pada tampilan tersebut pilih disk flashdisk Anda lalu klik kanan. Pilih opsi “Properties”.

Pada tab baru klik “Tools” lalu “Check”. Pilih “Scan and Repair Drive”, sampai sini Anda tinggal menunggu prosesnya sampai selesai. Setelah melakukan metode ini, Anda bisa langsung mencoba menghubungkan flashdisk Anda kembali.

4. Buka Flashdisk dengan Device Manager

Selain cara diatas, Anda juga mengecek flashdisk menggunakan Device Manager. Cara ini biasanya dicoba ketika flashdisk masih bisa terbaca namun data atau file nya tidak bisa ditampilkan. Caranya adalah dimulai dengan mencari fitur Device Manager kolom pencarian agar lebih mudah menemukannya. Setelah berhasil membuka, Anda tinggal cari drive flashdisk lalu uninstall.

Terakhir tinggal pilih “Scan For Hardware Changes” untuk bisa memperbaharui perubahan pada drive tersebut. Setelah melakukan ini, Anda bisa merestart komputer dulu lalu menghubungkan flashdisk kembali.

5. Format Flashdisk

Cara terakhir memang kejam karena Anda harus memformat flashdisk dimana semua datanya akan hilang. Namun, cara ini dilansir efektif khususnya apabila ada virus yang mengakibatkan si flashdisk tidak terbaca. Namun, jika Anda mau menggunakan cara ini, Anda bisa pergi ke menu “Disk Managemet” yang sempat dibahas di poin sebelumnya.

Di jendela Disk Management Anda bisa langsung pilih disk yang akan diformat. Lalu klik kanan dan klik “Format”. Maka secara otomatis akan diproses. Anda hanya tinggal menunggu sampai selesai. Setelah selesai, Anda bisa menggunakan kembali flashdisk tersebut.

Demikianlah informasi selengkapnya yang membahas tentang tutorial cara melihat flashdisk yang tidak terbaca di komputer dengan mudah. Anda bisa memilih dan mencoba salah satu cara diatas atau mencari cara lainnya. Jika Anda masih bingung dan tidak paham, cobalah meminta bantuan teman atau kenalan yang mengerti masalah perangkat dan flashdisk. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel