-->

Inilah Menu Sarapan Paling Populer yang Tidak Baik untuk Kesehatan

Apakah Anda suka sarapan pagi? Menu sarapan apa yang biasanya Anda santap? Nah, di Indonesia sendiri biasanya tidak lepas dari sarapan nasi, karena kalau bukan nasi bukan dianggap sarapan oleh orang Indonesia pada umumnya. Namun, beberapa orang lainnya lebih menyukai sarapan bukan nasi. Terlepas dari itu semua, ada beberapa menu sarapan paling populer yang sebenarnya tidak baik untuk Kesehatan.

Kebanyakan orang yang memiliki kegiatan harian padat, mengorbankan waktu sarapan pagi bahkan kalau mungkin harus sarapan, mereka hanya menyediakan menu sederhana karena terburu buru. Meski sering disepelekan, sebenarnya sarapan itu sangat penting. Begitupula dengan menu makanan dan minuman untuk sarapan yang dipilih. Jika hanya sembarang memilih menu sarapan akibatnya bisa negatif terhadap tubuh.

Saat ini sudah banyak menu sarapan yang populer atau identik dengan sarapan pagi. Mungkin Anda sendiri sudah mengonsumsi menu sarapan tersebut. Namun, tahukah Anda ada beberapa menu makanan untuk sarapan yang sebenarnya berdampak tidak baik untuk Kesehatan. Ini karena kandungannya yang tidak cocok untuk energi di dalam tubuh khususnya untuk memulai hari Anda.

Menu sarapan paling populer apa saja yang tidak baik untuk Kesehatan? Yuk kita simak informasinya pada daftar di bawah ini.

Menu Sarapan Paling Populer yang Tidak Baik untuk Kesehatan


1. Hanya Nasi

Di Indonesia terdapat berbagai jenis nasi yang berbeda. Mulai dari nasi uduk, nasi goreng atau juga nasi kuning. Nah, berbagai jenis nasi ini, sudah populer dijadikan sebagai menu sarapan orang Indonesia. Namun tahukan Anda, menu ini bisa bahaya kalau hanya dikonsumsi polos tanpa ada lauk pauk atau sayuran yang dibutuhkan untuk memenuhi gizi yang diperlukan tubuh.

Apabila hanya sarapan nasi saja, maka tubuh hanya akan mendapat asupan karbohidrat yang tinggi di pagi hari. Belum lagi kandungan santan dan lemak yang terdapat di nasi kuning dan nasi uduk yang efeknya tidak baik untuk dikonsumsi di pagi hari.

2. Mie Instan

Mie instan sudah menjadi menu andalan bagi banyak orang apalagi untuk anak muda yang ngekos, merantau dan lain sebagainya. Tak jarang mie instan juga dijadikan sebagai menu sarapan yang populer. Meski mie instan praktis dan tidak lama dalam hal penyajiannya, namun Anda harus tetap hati hati karena mie instan mengandung karbohidrat dan lemak yang tinggi, rendah akan serat, vitamin, mineral dan kandungan baik lainnya.

Sebuah studi yang dilakukan menyatakan kalau mengonsumsi mie instan dengan zat zat yang tidak baik tersebut seperti halnya MSG bisa berpengaruh terhadap kinerja fungsi otak bahkan tidak baik juga untuk jantung dan liver.

3. Donat

Siapa yang suka donat? Menu jajanan yang satu ini termasuk jenis kue pastry yang manis dan seringkali disukai untuk dikonsumsi sebagai menu sarapan di pagi hari. Namun, siapa sangka, ternyata kalau dilihat dari kandungannya sebenarnya donat tidak baik untuk sarapan pagi. Di dalamnya terdapat kandungan gula dengan topping yang manis sehingga akan memaksa tubuh untuk memompa insulin. Akibatnya Anda akan merasa lapar dan cepat kembali. Selain itu, jumlah karbohidratnya lumayan tinggi dan tidak ada asupan serat, protein maupun vitamin.

4. Gorengan

Gorengan memiliki kandungan lemak jenuh yang sebenarnya tidak memberikan pengaruh baik untuk Kesehatan tubuh. Sebaliknya mengonsumsi gorengan bisa menyebabkan penyakit kolesterol. Khususnya jika Anda mengonsumsi gorengan untuk sarapan di pagi hari. Lemak jenuh di dalam gorengan akan membuat tubuh kesulitan dalam membersihkan gula dari darah sehingga bisa berakibat kegemukan atau obesitas juga.

5. Makanan olahan daging

Berbagai macam olahan daging mulai dari Sosis, ham, bacon, nugget, dan lain lain sejenisnya memang sangat mudah untuk didapatkan. Namun, makanan ini sebenarnya tidak baik untuk dikonsumsi sebagai menu sarapan. Mengapa demikian? Karena makanan makanan tersebut mengandung bahan pengawet yang tinggi. Kalau dikonsumsi secara terus menerus untuk sarapan pagi dapat mengundang penyakit berbahaya.

Inilah informasi terbaru yang membahas deretan menu sarapan paling populer namun tidak baik untuk Kesehatan. Menu sarapan paling populer diatas hanya beberapa yang disebutkan. Sebenarnya masih banyak lagi menu lainnya yang umumnya banyak dinikmati untuk sarapan. Mengingat kandungan di dalam makanan yang kurang sehat, sebaiknya hindari sarapan dengan makanan makanan tersebut.

Untuk mengawali hari Anda dengan semangat sekaligus untuk menjaga Kesehatan, cobalah untuk memilih macam macam makanan dan minuman dengan kandungan vitamin dan gizi yang baik. Kalau Anda mengonsumsi makanan yang sehat di pagi hari, seluruh bagian tubuh termasuk otak dan pikiran Anda akan bekerja dengan maksimal dan baik. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel