-->

Cara Bikin Story IG yang Keren dan Estetik biar Kekinian

Instagram adalah salah satu media sosial yang paling populer selain Whatsapp, Twitter, Facebook, Line, dan lain sebagainya. Apakah Anda adalah salah satu pengguna Instagram? Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu fitur Instagram yakni membuat story atau status. Bagaimana cara bikin story IG yang keren dan estetik biar kekinian?

Saat menggunakan Instagram kita bisa melihat berbagai cerita dari teman yang kita ikuti. Misalnya dari para artis, selebgram dan tokoh terkenal lainnya yang membagikan story yang bagus dan keren. Anda mungkin bisa berfikir kalau mereka menggunakan perangkat HP yang canggih dan mahal. Sebenarnya tidak demikian, Anda juga bisa membuat ig story yang keren meskipun menggunakan HP kentang.

Fitur fitur yang ada dalam Instagram sendiri beraneka ragam dan sudah sangat canggih untuk membantu kita membuat story atau status di Instagram yang keren loh. Fitur apa saja yang bisa Anda gunakan? Bagaimana cara menggunakannya? Bagi Anda yang masih bingung, atau mungkin masih tergolong pemula dalam menggunakan fitur story ig saat ini, yuk simak tips dan triknya pada uraian berikut ini.

Cara Bikin Story IG yang Keren dan Estetik biar Kekinian


1. Perhatikan ukuran foto atau video agar tidak terpotong

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membuat story ig yang keren adalah memperhatikan ukuran foto atau video agar tidak terpotong. Tentu berbeda kalau Anda langsung mengambil foto atau video menggunakan kamera di Instagram, pasti hasilnya akan langsung menyesuaikan ukuran di di tampilan Instagram. Namun, jika Anda membagikan foto atau video yang tersimpan tentu ukurannya ada yang berbeda.

Oleh sebab itu, perhatikan ukuran foto atau video supaya bisa menampilkan tampilan penuh pada tampilan story. Berapa ukuran untuk Instagram story agar tidak terpotong? Ukuran template yang diterapkan adalah :
  • Ukuran pikselnya adalah 1080 x 1920 piksel (portrait)
  • Ukuran aspect ratio nya adalah 9:16
  • Alternatif ukuran ig story adalah 720 x 1280 piksel, 450 x 800 piksel
  • Untuk format dokumen ig story adalah 30 MB (JPG atau PNG)
Bagaimana dengan video? Sementara ukuran video yang dibutuhkan adalah :
  • Ukuran video adalah 1080 x 1920 piksel
  • Ukuran aspect ratio adalah 9:16
  • Resolusi video minimal adalah 720p
  • Ukuran maksimal video adalah 4 GB dengan format MP4 atau MOV
Kalau Anda masih bingung dalam menerapkan tips ini, Anda menggunakan alat bantu aplikasi ketiga seperti No Crop For Instagram Story, yang akan membantu Anda untuk mengedit gambar atau video sesuai dengan ukuran tampilan Instagram.

2. Cara agar IG story tidak blur

Pernahkah Anda mengalami hal ini, dimana pada saat Anda mengunggah foto atau video di ig story, malah hasilnya blur atau pecah? Pastinya sangat membuat kesal bukan, padahal Anda sudah coba mengeditnya supaya tampil lebih menarik, namun saat diunggah tidak sesuai dengan keinginan. Nah, untuk menghindari hal ini, ada tips yang bisa Anda lakukan, yuk simak :

1. Mengubah resolusi gambar

Hal pertama yang bisa Anda perhatikan adalah mengubah resolusi gambarnya, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, sebaiknya gunakan ukuran standar resolusi untuk foto atau video Anda. Dimana ukuran paling kecil untuk ig story adalah 1600 x 1200 atau 1024 x 1024 (square) dalam pixel.

2. Mengubah pengaturan kamera di HP

Anda juga bisa mengubah pengaturan di Handphone Anda, apalagi jika kamera ponsel Anda saat ini sudah cukup memadai untuk mengambil foto atau video yang bagus. Cobalah untuk mengubah setting kualitas kamera menjadi resolusi terbaik.

3. Menggunakan aplikasi editor

Biasanya ada saja yang membuat story Instagram dari hasil tangkapan layar atau screenshot di Smartphone. Jika Anda juga demikian, disarankan untuk memanfaatkan aplikasi edit video ataupun edit video.

4. Mengubah settingan di Instagram

Apabila Anda sudah melakukan semua hal diatas, namun masih saja menghasilkan ig story yang blur, cobalah trik ini juga. Dimana Anda perlu mengubah pengaturan di Instagram Anda. Bagaimana caranya? Masuk kebagian profil Instagram, lalu setelah itu memilih bagian pengaturan. Disini Anda bis acari pengaturan kualitas uypload dan rubah menjadi mode normal. Mode ini memungkinkan hasil gambar yang diunggah akan sama dengan kualitas gambar aslinya.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas seputar cara bikin story ig yang keren dan estetik biar kekinian. Mudah sekali bukan? Apalagi media sosial yang sudah sangat populer di dunia ini, terus memperbaharui fitur dan banyak menambahkan fitur canggih terbaru sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Misalnya Anda bisa menambahkan lagu, musik kesukaan, filter yang sangat banyak, emoji dan berbagai hal lainnya. Manfaatkan setiap fitur yang ada di Instagram untuk membuat unggahan postingan dan story Anda Nampak keren dan estetik tidak kalah dari para selebgram atau selebritas. Siapa sangka dengan pintar membuat story ig yang keren pengikut Anda akan semakin banyak dan bisa menjadi selebgram dadakan nih. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel