-->

Cara Mengendalikan Emosi Negatif di dalam diri yang Ampuh

Apakah Anda tergolong orang yang suka marah atau emosi yang meledak ledak padahal hanya karena masalah yang sepele? Bukan hanya Anda tapi sebagian orang lainnya juga mengalami hal yang sama. Jangan khawatir kalau Anda tidak bisa mengatasinya sebab ada cara untuk mengendalikan emosi yang negatif di dalam diri dan meledak ledak ampuh yang perlu Anda ketahui.

Manusia diberikan emosi oleh pencipta sehingga kita bisa merasakan senang, sedih, kesal, marah dan lain sebagainya. Namun, kita harus mampu mengontrol itu semua dengan baik. Misalnya Anda mungkin dikenal orang yang mudah marah, bagaimana caranya supaya Anda tidak mudah marah? kestabilan emosi bisa dikontrol dengan beberapa tips dan trik.

Membuang emosi negatif tidaklah mudah. Kita semua pasti pernah merasakannya dan harus berupaya untuk mengatasinya supaya tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Apalagi emosi negatif ini sangat mudah terjadi kapan dan dimana saja baik disekolah, ditempat kerja bahkan dirumah.

Cobalah salah satu atau beberapa cara berikut ini yang menjelaskan bagaimana kita bisa mengendalikan emosi yang negatif dan sering meledak ledak. Silahkan disimak.

Cara Mengendalikan Emosi Negatif yang Meledak ledak


1. Coba menenangkan diri dengan tarik napas lalu keluarkan perlahan

Cara pertama yang dianggap ampuh untuk bisa mengendalikan emosi negatif yang mulai berakar dalam diri kita adalah menenangkan diri segera. Metode menenangkan diri ini salah satunya adalah dengan menarik napas dalam dalam lalu keluarkan secara perlahan lahan. Cara ini bisa Anda lakukan segera setelah merasa sesuatu sesang memancing emosi Anda untuk marah marah atau kesal.

Anda dapat melakukan teknik pernapasan ini selama beberapa menit dengan cara berulang ulang. Lalu rasakan perbedaannya sebelum dan sesudah menenangkan diri dengan metode ini. Semoga cara ini membantu Anda mengurangi emosi negatif yang bersarang dalam diri Anda.

2. Melatih diri untuk berfikir positif

Siapa bilang kalau berfikir positif itu mudah, sebenarnya sangat sulit. Apalagi kalau kita sedang mengalami suatu masalah, tidak mudah untuk bisa berfikir positif. Namun, dari sekarang memang Anda harus berupaya untuk melatih diri dalam berfikir positif karena inilah yang akan membantu Anda untuk terhindar dari asumsi buruk yang kemungkinan Anda ciptakan sendiri.

3. Belajar bersabar pada hal yang sering memicu emosi negatif

Kata “Sabar” memang sudah seringkali kita dengar. Mungkin dari sahabat, keluarga,kerabat dan lain lain bilang “Kamu yang sabar ya” atau “kamu orang yang sabar” saat menghadapi suatu masalah. Apa respon Anda ketika mendengar ini? Ya, mungkin Anda pernah berpikir bahwa betapa mudahnya bilang kata sabar, tapi mempraktikkan memang sangat sulit.

Tidak heran kalau ada pepatah yang mengatakan bahwa sabar adalah ilmu yang berada ditingkat tinggi yang tidak semua orang mampu untuk mempraktikkanya. Meskipun demikian, untuk bisa mengendalikan emosi negatif Anda perlu memupuk kesabaran. Kesabaran ini dalam arti tahu cara bereaksi dengan benar yakni kapan saatnya untuk bertindak dan kapan waktunya untuk diam saja.

4. Terima keadaan yang tidak bisa dikendalikan

Anda perlu ingat, bahwa hal yang wajar kok apabila Anda tersulut emosi ketika sedang ada masalah. Namun, kembali lagi yang perlu Anda ingat adalah bagaimana cara menenangkan diri dan kendalikan pikiran Anda untuk gak terus larut larut dalam pikiran yang negatif. Ingatlah bahwa tidak semua hal bisa kita kendalikan. Banyak hal didunia ini dipengaruhi oleh sifat manusia yang berbeda beda dan tidak sempurna serta kejadian yang tidak terduga.

5. Memikirkan sebab dan akibat

Pernahkah Anda coba berfikir tentang sebab dan akibat dari suatu tindakan yang Anda perbuat. Pada saat Anda hanya mengikuti emosi negatif yang muncul akan sulit bagi Anda untuk mengatasinya. Namun, cobalah untuk berfikir sejenak tentang akibat bila Anda melampiaskan amarah atau merasa kesal dan tindakan lainnya yang bukan malah membuat lega justru membuat masalah lebih runyam.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang cara mengendalikan emosi negatif yang terkadang bisa berlebihan. Mulailah dari sekarang untuk mengontrol emosi Anda ke arah yang positif. Jika Anda masih merasa kesulitan, jangan putus asa dan menyerah. Mintalah bantuan orang lain untuk mendengarkan keluh kesah Anda sehingga diri menjadi lebih baik.

Tahukah Anda sebenarnya ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kita jadi susah untuk mengendalikan emosi. Misalnya karena memang banyak tekanan atau masalah yang dihadapi sehingga apabila terjadi suatu konflik, emosi menjadi meledak ledak sebagai pelampiasan. Oleh sebab itu tips lainnya adalah dengan mengenali penyebabnya dan coba atasi perlahan lahan supaya emosi Anda kembali stabil. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel