-->

7 Cara Melatih Otak untuk berpikir cepat dan tidak lemot

Setiap manusia diberi kesanggupan oleh sang pencipta untuk bisa berpikir dan memahami suatu hal melalui kecerdasan otak kita. Namun, sebagaimana yang kita ketahui biasanya setiap orang memiliki tingkat pemahaman yang berbeda beda karena sebenarnya otak perlu dilatih. Ada beberapa cara ampuh untuk melatih otak supaya bisa berfikir cepat dan tidak lemot.

Sebagian besar orang mungkin pernah merasakan malas untuk melatih baik otak kanan maupun kiri mereka. Padahal, untuk melatih kecerdasan otak kita sangatlah mudah dan tidak sulit. Hanya saja, kita harus melakukannya secara rutin. Jika teratur lama kelamaan otak kita bisa terbiasa untuk berfikir dengan baik dan tidak tergantung menggunakan teknologi atau meminta bantuan orang lain. 

Otak merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh kita. Tanpa adanya otak atau otak yang tidak berfungsi maka kita tidak akan bisa berbuat apa apa. Oleh sebab itu, dalam hal ini penting sekali untuk melatih otak kita supaya bisa terus aktif. Kita bisa mempertajam daya ingat otak kita dan mengatasi otak telmi atau telat mikir. Bagaimana caranya? Cobalah tips dan trik berikut ini
.
7 Cara Melatih Otak untuk berpikir cepat dan tidak lemot
 

1. Jangan bergantung pada teknologi

Di era yang serba canggih sekarang, hampir semua orang menggunakan teknologi dalam kehidupan mereka. Ini juga yang menjadikan beberapa orang memiliki ketergantungan pada teknologi. Padahal di dalam teknologi, seperti halnya smartphone bisa mengakibatkan otak seseorang menjadi malas. Buktinya beberapa siswa yang diberikan tugas memilih searching di Google daripada untuk berfikir sendiri.

Untuk itu, mulailah dari sekarang untuk menghindari ketergantungan terhadap teknologi. Jangan sampai teknologi membuat Anda kecanduan sehingga otak menjadi malas untuk berfikir. Latihlah otak Anda untuk berfikir dan memecahkan suatu masalah sendiri. Sebaliknya gunakan teknologi tersebut untuk Anda bisa belajar dan memperoleh informasi terbaru.

2. Hindari MSG yang berlebihan

MSG atau yang lebih kerap disebut dengan mecin sebenarnya sangat berbahaya untuk tubuh kita. Dampak yang bisa segera dirasakan jika mengonsumsi MSG yang berlebihan adalah memperlambat perkembangan otak sehingga tidak menutup kemungkinan otak akan semakin sulit berfikir.
Jadi untuk itu upayakanlah jangan terlalu banyak mengonsumsi MSG, sebagai gantinya Anda bisa menggunakan alternatif lain seperti menggunakan gula atau gula merah dan garam.

3. Menghindari hal yang membuat stress

Sebagaimana yang kita ketahui stress bisa sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Dan yang terutama kesehatan otak kita juga akan terpengaruh. Apa penyebab dari stress? Sebenarnya ada banyak hal yang bisa buat kita stres. Misalnya, terlalu banyak hal yang difikirkan sehinggan membuat diri tertekan bahkan mengalami depresi. Ketika mengalami hal itu, secara otomatis otak juga tidak akan bisa berpikir.

Cobalah untuk sebisanya menghindari hal hal yang bisa membuat stress. Anda juga perlu membagi waktu dengan baik, jika memang Anda memiliki kegiatan yang sibuk atau ada banyak hal yang harus Anda tanggung tetaplah sisakan waktu untuk bersantai dan beristirahat dengan baik. Gunakan waktu Anda dengan sebaik baiknya dan jangan bermalas malasan.

4. Bersosialisasi

Cara melatih otak yang paling mudah untuk dilakukan adalah sering menjalin komunikasi atau diskusi dengan banyak orang yang berbeda beda. Hal ini sesuai dengan kebutuhan setiap manusia yang pada dasarnya sebagai manusia sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Sosialisasi yang baik akan baik juga sebagai cara menghindari stress sebagaimana yang sudah kita bahas pada poin 3.

5. Melakukan aktivitas baru

Aktivitas baru membuka kesempatan Anda untuk mendapatkan pengalaman baru yang mengharuskan otak untuk terus berfikir aktif dalam mendapatkan informasi yang baru tersebut. tidak hanya itu saja, melakukan aktivitas baru akan meningkatkan fungsi kognitif sehingga risiko Alzheimer akan bisa dicegah. Ada banyak aktivitas yang bisa Anda pilih seperti belajar bahas baru, belajar menjahit, desain dan masih banyak lagi.

6. Membaca

Membaca adalah kegiatan yang sangat bermanfaat karena bisa semakin meningkatkan pengetahuan seseorang. Membaca juga bisa dilakukan secara rutin untuk melatih otak Anda. Anda bisa membaca novel, majalah ataupun koran. Pilihlah bahan bacaan yang baik, maka akan memberikan efek yang baik pula dengan kondisi otak Anda.

Membaca akan membantu otak untuk bisa lebih banyak berfikir seperti membayangkan narasi di dalamnya dan memproses informasi tersebut. Secara rutin membaca setiap hari akan meningkatkan fungsi kognitif.

7. Bermain permainan asah otak

Beberapa permainan seperti teka teki silang, catur, puzzle, sudoku dan lain sebagainya adalah permainan yang sangat baik untuk melatih otak. Permainan tersebut akan melatih otak kiri yang umumnya digunakan. Nah, sebagai tips cobalah untuk meningkatkan kesulitasn permainan atau menggunakan strategi baru dalam permainan. Lama kelamaan otak Anda akan mengalami peningkatan dalam memecahkan masalah.

Uraian diatas adalah informasi terbaru yang membahas tentang tutorial cara melatih otak kita supaya bisa berfikir cepat dan tidak lemot. Mudah sekali bukan? Tidak perlu mengeluarkan biaya atau waktu yang lama, Anda hanya perlu secara rutin dan tekun melakukannya maka kesehatan otak Anda akan terjaga bahkan bisa membuat Anda lebih pintar.

Ini hanyalah beberapa saran dan tips untuk meningkatkan kinerja otak kita. Jangan lupa untuk imbangi juga dengan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan otak, juga olahraga yang baik untuk tubuh. Tidak ada yang lebih penting selain meningkatkan kesehatan kita, khususnya kesehatan otak supaya bisa berpikir dan melakukan segala aktifitas dengan baik. semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel