-->

10 Contoh bisnis startup di Indonesia dan tips untuk memulai

Bisnis startup kini menjadi perwujudan teknologi yang canggih dan modern sekarang ini. Dukungan akses internet yang semakin mudah pun turut mempengaruhi, hasilnya pekerjaan manusia semakin dipermudah. Di Indonesia sendiri sudah banyak muncul ide inspirasi bisnis startup yang menjanjikan kesuksesan cocok untuk Anda yang mulai merintis bisnis.

Apa itu Startup? Startup memiliki pengertian yakni sebuah perusahaan rintisan atau perusahaan baru yang masih dalam tahap penelitian dan perkembangan. Karena kemunculannya bbersama dengan perrkembangan internet yang semakin maju maka startup berkaitan dengan teknologi seperti internet, web dan lain sebagainya. Mayoritas penggerak start up kebanyakan di lakukan oleh anak muda modern.

Anda berminat untuk menjalankan bisnis startup? Tapi tidak tahu cara memulai dan jenis bisnis startup apa yang akan Anda jalankan? Jangan khawatir, ada berbagai referensi ide bisnis startup yang bisa Anda ketahui. Meskipun Anda masih pelajar, mahasiswa ataupun seorang dewasa, siapapun bisa mempelajarinya. 

Sebagai berikut kita akan membahas contoh sederhana dari bisnis startup yang semoga bisa membantu para pemula. Mari simak.

10 Contoh bisnis startup di Indonesia dan tips untuk memulai
 
 
1. Akses layanan online

Sekarang kita sudah hidup di era yang serba canggih. Darimana kita tahu? Lihat saja hampir semua kegiatan bisa dilakukan dengan cepat, mudah dan praktis bukan? Ini semua berkat munculnya akses layanan online mulai dari antar jemput transportasi, membeli barang, membayar, mengantarkan makanan dan masih banyak lagu yang bisa dilakukan via online.

Dari kebutuhan masyarakat yang terus berkembang ini, Anda bisa menemukan ide bisnis startup yang bagus. Anda bisa memikirkan layanan online seperti apa yang akan Anda coba. Sebagai contoh sewa jasa guru les privat, pembelian token listrik, pembayaran indihome atau wifi, pesan antar makanan dan masih banyak lagi layanan online lainnya.

2. Jasa Penerjemah

Di era sekarang, masyarakat dunia dituntut harus mengerti dan paham bahasa internasional. Bagaimana tidak, hampir setiap bidang di dalam kehidupan kita memerlukan keterampilan bahasa yang baik. tidak hanya dalam dunia pendidikan tetapi juga dalam bidang industri, politik sampai dengan ekonomi.
Hal ini juga dipengarungi mulai diterapkannya MEA atau masyarakat ekonomi ASEAN yang membuat hubungan antar negara akan semakin berkembang. Karena inilah banyak orang membutuhkan jasa penerjemahan, nah ide bisnis startup sebagai perusahaan penerjemahn menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

3. Layanan pemerintahan

Ide bisnis startup ini tidak akan pernah ketinggalan jaman. Kebutuhan masyarakat akan urusan dalam hal pemerintahan tidak akan pernah habis dan selalu dibutuhkan. Apalagi tidak semua aparatur negara memahami teknologi modern. Menciptakan bisnis layanan urusan pemerintahan dengan demikian memiliki potensi yang besar untuk berkembang di Indonesia.

4. Dunia pendidikan

Pendidikan memang tidak memandang usia atau jabatan. Semua orang membutuhkan pendidikan dan pendidikan tidak hanya bisa di dapat disekolah atau perguruan tinggi saja, era digital mampu memberikan pendidikan untuk siapa saja secara mudah. Anda juga bisa memanfaatkan kebutuhan pendidikan sebagai ide bisnis startup.

Pendidikan tidak hanya yang bersifat formal, tetapi nonformal seperti kerajinan salon, menjahit, bengkel dan lain sebagainya akan sangat dibutuhkan bukan? Menciptakan aplikasi startup dalam bidang pendidikan ini akan sangat cocok berkembang di Indonesia karena bisa mengurangi jumlah pengangguran yang sekarang terus bertambah.

5. Konsultasi kesehatan

Situasi sekarang yang semakin sulit karena wabah virus corona yang menggemparkan seluruh dunia, membuat kita tidak bisa bergerak bebas seperti dulu. Bahkan ketika sakit, kita tidak bisa pergi ke dokter sebebas dulu. Nah, untuk membantu mudahnya melakukan konsultasi kesehatan pasti dibutuhkan layanan melalui aplikasi. Aplikasi konsultasi kesehatan akan sangat membantu untuk menghubungkan para dokter dengan pasien secara online tanpa harus bertemu.

6. Dunia Hiburan

Siapa yang tidak suka hiburan? Semua orang membutuhkan hiburan untuk menghilangkan penat atau stres karena kesibukan belajar atau bekerja. Anda bisa mengambil ide bisnis startup dalam dunia hiburan. Seperti maraknya penyedia layanan TV streaming berlangganan sekarang beberapa diantaranya adalah Netflix, Viu, Iflix dan masih banyak lagi. Gaya hidup mobile yang kuat mampu menggeser hiburan yang di dapat di TV.

7. Perawatan Hewan

Sekarang sudah tidak jarang lagi, seseorang atau keluarga yang memiliki hewan kesayaan loh. Apalagi semakin tinggi ekonominya maka kecenderungan untuk mempunyai binatang peliharaan juga akan semakin tinggi pula. Sebagian besar orang juga membutuhkan perawatan hewan yang eksklusif untuk hewan peliharaan mereka. Anda bisa menciptakan bisnis startup untuk jasa perawatan seperti untuk anjing, kucing, reptil atau hewan lainnya.

8. Dunia perempuan

Dunia perempuan juga bisa menjadi inspirasi untuk mencari ide bisnis startup yang manjanjikan di jaman sekarang ini. Kebutuhan pria dan wanita sangat berbeda, kebutuhan wanita sangatlah bervariatif dan terus berkembang mulai dari produk kecantikan, perawatan tubuh, tips kecantikan, gosip, fashion, resep makanan kue dan masih banyak lagi. 

9. Dunia anak

Sekarang anak anak bisa mengenal teknologi dengan mudah. dimulai dari game atau permainan online, pendidikan dan lain sebagainya. Bisnis startup dapat membantu orang tua untuk memberikan manfaat positif kepada anak anak terkait penggunaan teknologi itu sendiri. Misalnya menyediakan informasi terkait cara mengurus anak, serba serbi dunia anak dan berbagai informasi kreatif lainnya.

10. Virtual Reality dan Augmented

Virtual Reality dan Augmented adalah contoh inovasi terbaik yang pernah dibuat oleh manusia. VR dan AR ini membantu manusia untuk bisa merasakan sensasi dalam dunia digital supaya nampak terlihat seperti asli. AR dan VR biasanya dimanfaatkan dalam game, namun akhir akhir ini teknologi ini sudah mulai diterapkan di bidang lainnya. Ide bisnis startup menggunakan AR dan VR bisa memiliki masa depan yang cerah.

Uraian diatas adalah informasi terbaru yang membahas tentang daftar ide bisnis startup yang bisa Anda jadikan pilihan yang bagus untuk memulai usaha baru dibidang digital. Startup memiliki potensi peluang bisnis yang menjanjikan keberhasilan di era modern sekarang. Cara memulainya sebenarnya tidak begitu sulit, jika Anda sudah memiliki ide cemerlang yang inovatif.

Ide bisnis startup yang bagus akan menarik daya tarik para investor dan mau membantu dalam mengembangkan perusahaan Anda tersebut. Contoh bisnis startup yang sukses di Indonesia adalah seperti Grab dan Gojek. Tentu contoh ini bisa menginspirasi orang lain, untuk bisa mencapai impian mereka menjadi wirausaha dalam bisnis starup. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel