-->

Kumpulan Contoh Ayat Hafalan untuk Anak Sekolah Minggu sebagai bahan ajar

Anak -anak sekolah minggu adalah anak yang berharga, mereka mau diajar dan belajar banyak hal. Terkhususnya mereka juga mau tau caranya melayani dan menjadi sahabat ALLAH. Bagi Ibu, bapak atau kakak sekolah minggu pasti merasakan dan melihat hal ini ya.. Karena anak -anak cenderung  mau diajar, kita sangat senang mengenalkan buah -buah pikiran rohani melalui acara sekolah minggu. Sekarang pun dapat diakui bahwa sekolah minggu bisa menjadi sekolah yang baik untuk mengajarkan hal moral berdasarkan Alkitab mulai dari kisah cerita Alkitab, tokoh dan teladan yang bagus, prinsip yang bisa menuntun mereka ke arah yang lebih baik dan tentu saja membentuk pikiran mereka memiliki pola pikir berdasarkan kitab suci.

Anak sekolah minggu, mungkin jika dilihat sekilas hanya seperti bermain saja. Tapi kita bisa lihat bahwa di dalamnya ada begitu banyak arti dan pembelajaran untuk mereka. Dari lagu yang mereka nyanyikan, game yang mereka mainkan, drama yang menunjukkan kesungguhan mereka, ketika mereka berdoa, dan pada saat mereka mendengarkan firman ALLAH. Semua hal itu adalah yang terbaik dan kakak sekolah minggu sudah mempersiapkan itu semua dengan sangat baik. Eiittss.. ada satu lagi yang kurang, dalam ibadah sekolah minggu ada satu hal yang biasanya selalu ada dan tidak pernah lepas. Apakah itu? Ya, ini adalah Hapalan ayat alkitab.

Apa manfaatnya diberikannya ayat hafalan untuk anak -anak? Yaa, dengan tiap tentu memberikan mereka ayat -ayat emas dari alkitab akan membantu mereka mengenal dan mengingat ayat -ayat bagus dan bisajadi menjadi ayat dari favorit mereka. Mereka secara tidak langsung akan menanamkan dalam diri sikap suka membaca dan mengingat. Menarik sekali bukan? Dengan memberikan ayat hafalan setiap hari minggunya, mereka akan merasa tertantang untuk bisa menghapal dan menunjukkan sikap berani di depan umum ketika mengucapkan ayat hapalan tersebut.

Simak bahan ajar anak sekolah minggu dari Alkitab :

Mungkin beberapa dari kakak sekolah minggu, ingin memberikan buah pikiran ayat sekolah minggu terbaik ya untuk mereka? Di dalam Alkitab sendiri ada banyak dan semuanya bagus. Namun, untuk taraf anak -anak, sebaiknya kita sesuaikan terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan mereka. Kalau untaian ayat tersebut sesuai dengan yang mereka inginkan dan mereka menyukainya, tentu saja mereka akan dengan senang hati untuk menghapalnya bukan? Lantas referensi ayat alkitab apa saja yang bisa kakak gunakan? Nah, sebagai berikut selengkapnya sudah tersedia contohnya. Silahkan untuk kakak simak.

Kumpulan Contoh Ayat Hafalan untuk Anak Sekolah Minggu sebagai bahan ajar


Lukas 5:32

Ayat ini bisa Anda gunakan untuk menandaskan topik tentang pertobatan. Ketika Anak -anak
belajar apa itu bertobat? orang seperti apa yang dikatakan bertobat? Maka mereka juga akan semakin mengerti berdasarkan alkitab bahwa seseorang harus melakukan pertobatan untuk bisa menerima Tuhan dalam diri mereka. Tujuan lainnya adalah anak -anak paham dan mau bertobat dari kesalahan yang sudah di lakukan dan berjanji untuk selalu berupaya melakukan yang baik.

Yohanes 15:14

Ayat ini bagus karena mengajarkan bagaimana caranya kita bisa menjalin persahabatan dengan ALLAH. Dan bahwa Ia menganggap orang -orang yang bersahabat dengannya adalah orang yang melakukan apa yang Tuhan perintahkan. Ayat hapalan ini cocok digunakan ketika kakak selesai menjelaskan kepada mereka apa saja perintah Tuhan untuk anak -anak atau caranya kita bersahabat dengan Tuhan.

Amsal 17:17

Jika Anda sudah membaca ayat tersebut, Anda akan tersentuh mengetahui apa arti persahabatan menurut Alkitab. Maka untuk menekankan cara menjadi sahabat yang baik untuk sesama, kakak bisa memberikan ayat hapalan ini. Selain dari makna yang sangat bagus, kata -kata nya juga dapat memotivasi anak -anak untuk berperilaku layaknya sahabat sejati untuk teman -temannya.

 Yohanes 3:16

Ayat ini merupakan salah satu ayat yang begitu populer dan banyak digunakan. Sebab di dalam ayat ini sendiri memperlihatkan kasih yang begitu besar dari ALLAH untuk kita umatnya. Di mana di dalamnya memberi tahu kita, karena kasih setianya Ia rela mengaruniakan anak-Nya yang tunggal supaya kita semua bisa memperoleh harapan hidup kekal melalui karunia tebusan. Jadi dari ayat ini anak -anak bisa semakin mengerti kasih yang TUHAN berikan untuk kita, hambanya.

Mazmur 27:10

Ayat penghibur yang satu ini bisa sangat menguatkan bagi setiap orang yang membaca dan merenungkannya. Khususnya ketika kita saat merasakan kecewa, maka ayat ini begitu cocok. Kakak bisa memberikan ayat hapalan ini dengan tema bersandar kepada TUHAN. Sebab dari ayat ini kita belajar, meskipun orang -orang meninggalkan kita bahkan orang terdekat kita, ALLAH kita tidak akan pernah meninggalkan kita bahkan ia akan menyambutnya. Menentramkan hati bukan?

2 Timotius 3:16

Jika kakak ingin memberikan pelajaran kepada anak sekolah minggu seputar manfaat membaca alkitab secara teratur, maka kakak bisa menggunakan ayat ini sebagai ayat alkitab hapalan. Di dalam ayat tersebut terdapat beberapa manfaat yang dapat membantu anak -anak mengerti pengaruh baik dari buku terbesar sepanjang masa ini. Dan bahwa mereka bisa mulai untuk mencintai Alkitab sebagai buku favorit yang patut di baca dan di pelajari.

Yesaya 41:10

Ayat berikutnya di yesaya 41:10 adalah ayat yang sangat bagus dan bahkan menjadi ayat Favorit saya. Di dalamnya terdapat kata -kata yang sangat bagus dan menyentuh hati bahkan tidak hanya untuk kalangan tertentu saja tetapi sangat cocok untuk semua kalangan termasuk anak -anak. Karena dengan mengetahui ayat yang bagus ini anak -anak akan belajar bahwa TUHAN selalu ada untuk mereka sebagai tempat perlindungan.

Amsal 3:5

Ayat ini merupakan ayat yang bagus tentang bagaimana caranya kita bisa beriman dan tidak bertindak egois. Ayat ini mengajarkan bahwa percaya sepenuhnya kepada TUHAN adalah yang terbaik di banding bersandar kepada pengertian sendiri. Sebab sebagaimana yang kita tahu hikmat ALLAH lebih unggul daripada pengertian kita sendiri. Dan bahwa kita akan jauh lebih bahagia jika kita bersandar dan beriman kepada-Nya.

Amsal 10:12

Sekarang ini maraknya kebencian begitu sangat memprihatinkan, nah melalui ayat ini anak -anak bisa belajar bahwa kebencian akan menimbulkan pertengkaran yang tidak akan baik. Tetapi dengan kasih akan menutupi segala pelanggaran. Oleh sebab itu, kakak bisa berikan ayat ini untuk menandaskan kebencian itu tidak baik dan bahwa kasih adalah yang terbaik untuk mereka terapkan dalam kehidupan mereka.

Amsal 16:20

Ayat ini sangat cocok untuk mengajarkan bahwa Firman Tuhan yang mereka dengarkan setiap hari minggu adalah kebaikan yang mereka dapatkan jika mereka mendengarkan dengan baik -baik. Di tambah lagi dengan percaya kepada TUHAN adalah caranya kita bisa bahagia.

Uraian diatas adalah kumpulan contoh ayat -ayat Alkitab yang umum dan cocok digunakan untuk anak -anak sekolah minggu. Silahkan pilih mana kah dari ayat -ayat tersebut yang belum pernah sobat gunakan sebelumnya. Karena referensi yang diberikan sudah lengkap dengan sedikit penjelasan, maka kakak bisa bertanya juga kepada mereka, apa pendapat mereka? dan apakah mereka menyukainya? Tidak ada yang lebih membuat kita bahagia, selain mereka bisa melakukan tugas dengan baik yaitu membawa ayat alkitab yang sudah mereka hapalkan dengan lancar.

Baca juga article terkait :

Tidak hanya Ayat hafalan di sekolah minggu yang menarik, sebenarnya masih ada banyak lagi yang bisa kita soroti untuk membuat acara ini lebih efektif. Misalnya pemilihan lagu sekolah minggu, pemilihan cerita dan kisah alkitab, berbagai game yang unik dan asyik tapi berisi pengajaran yang bagus, gerakan -gerakan dan permainan yang mengasah otak serta tidak lupa berbagai kreativitas lainnya seperti menggambar, melukis, menari, membaca puisi dan lain sebagainya. Kita bisa membuat berbagai komponen tersebut menjadi sesuatu yang berharga untuk mereka. Sekian informasi ini semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel