Inilah Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Asli lengkap penjelasan singkat

Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan salah satu tanggal yang penting dalam sejarah berdirinya bangsa Indonesia. Dimana pada tanggal tersebut ada suatu peristiwa yang begitu istimewa wajib diketahui oleh semua warga negara Indonesia. Moment penting apakah itu? Yuup, benar ini adalah Hari lahirnya bangsa Indonesia. Hari kemerdekan Indonesia dan Hari berdirinya bangsa Indonesia sebagai bangsa yang mandiri dan diakui oleh dunia. Tidakkah penting tanggal 17 Agustus tersebut? Pernah terfikir sebelumnya mengapa tanggal 17 Agustus ini dipilih sebagai tanggal di proklamasikannya Kemerdekaan RI? Simak penjelasaannya pada article sebelumnya di "Inilah alasan 17 Agustus dipilih sebagai hari kemerdekaan."

Setelah mengerti makna dan penting HUT RI ini. selanjutnya kita akan menambah wawasan kita kembali untuk semakin menghargai Hari kemerdekaan Indonesia. Sebagai orang Indonesia, apakah kamu hafal teks proklamasi indonesia tanpa melihat teks tertulisnya? Sebagian dari kalian pasti ada yang mengingatnya dengan jelas, sebagian saja, atau bahkan tidak sama sekali. Tapi tahukah anda? Sejarah dari penulisan naskah proklamasi itu sendiri?


Teks proklamasi yang telah dibacakan Soekarno sebelumnya dirumuskan terlebih dahulu. Dalam proses penyusunan teks proklamasi ini dilakukan oleh Ir. Soekarno, Moh. Hatta dan Achmad Soebardjo pada hari Kamis, 16 Agustus 1945 mulai pukul 02.00 sampai 04.00 dini hari di kediaman Laksamana Tadashi Maeda yang beralamat di Jalan Imam Bonjol No. 1. Sedangkan untuk Proses penyusunan teks juga disaksikan oleh Soekarni, B. M. Diah dan Sudiro. Perumusan teks proklamasi ditulis sendiri secara langsung oleh Bapak Ir. Soekarno. Kemudian atas usul Sukarni, teks proklamasi itu lalu ditanda tangani oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Selanjutnya, teks proklamasi tersebut diketik oleh Sayuti Melik.

Baca juga article yang gak kalah menarik lainnya di Contoh naskah pidato Hari Sumpah pemuda terbaru

Namun tahukah juga kamu bahwa teks proklamasi 17 Agustus 1945 yang dibacakan itu bukanlah naskah yang pertama kali dirumuskan? Ada beberapa perubahan kecil yang sebelumnya dilakukan dari naskah awal hingga naskah resmi yang dibacakan pada saat proklamasi. Apabila anda ingin belajar dan mengenal teks proklamasi kemerdekaan bangsa indonesia itu bagus. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa anda peduli terhadap negara dan bahkan ingin tahu beberapa hal yang menjadi bagian dari kemerdekaan rakyat Indonesia. Selengkapnya inilah naskah dan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang sudah dilengkapi penjelasan singkat yang mudah anda mengerti. Silahkan di simak.

Inilah Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Asli lengkap penjelasan singkat

Teks Proklamasi kemerdekaan Indonesia :

Proklamasi 
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia
Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, 17 - 8 - '05
Wakil2 bangsa Indonesia.

Naskah baru setelah mengalami perubahan sebagai berikut :

P R O K L A M A S I
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta.
Beberapa perubahan dari naskah sebelumnya yang diperbaharui adalah sebagai berikut :
  • Ejaan Kata "Proklamasi" diubah menjadi kata "P R O K L A M A S I"
  • Ejaan Kata "Hal2" diubah menjadi kata "Hal-hal"
  • Ejaan Kata "tempoh" diubah menjad kata  "tempo"
  • Penulisan Kata "Djakarta, 17 - 8 - '05" diubah menjadi "Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05"
  • Ejaan Kata "Wakil2 bangsa Indonesia" diubah menjadi kata "Atas nama bangsa Indonesia",
  • Isi naskah Proklamasi Klad adalah asli yang merupakan tulisan tangan sendiri oleh Bapak Ir. Soekarno sebagai pencatat, dan merupakan hasil gubahan atau karangan dari Drs. Mohammad Hatta dan Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo. Sedangkan untuk isi naskah Proklamasi Otentik adalah merupakan hasil ketikan oleh Mohamad Ibnu Sayuti Melik sebagai tokoh pemuda yang ikut andil dalam persiapan Proklamasi
  • Pada naskah Proklamasi Klad ini memang tidak ditandatangani sedangkan pada naskah Proklamasi Otentik sudah ditandatangani oleh presiden RI Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta
Apabila sedang membicarakan kemerdekaan negara Indonesia, pastinya dalam sebuah upacara akan dibacakan sebuah teks atau sebuah naskah proklamasi yang dahulu pernah dibacakan oleh Ir. Soekarno. Dalam hal ini, kita dapat simpulkan bahwa teks proklamasi memiliki arti yang sangat penting untuk bangsa kita Indonesia dan berbagai tujuan atau dasar negaranya terdapat di dalamnya. Uraian ini dibuat untuk menambah pengetahuan dasar kita akan makna HUT Kemerdekaan RI yang sebentar lagi akan kita peringati pada hari Sabtu, 17 Agustus 2019. Semoga informasi ini dapat turut menyukseskan hari peringatan kita ini. Selamat membaca dan semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel