Contoh Susunan Acara 17 Agustus pada HUT RI Ke-73 beserta tata cara lengkap

Hallo kakak semua,

Tahukah kalian sebentar lagi kita semua sebagai warga negara indonesia akan memperingati satu hari peringatan kebebasa, yapp, yaitu 17 Agustus. Sudah seperti tradisi setiap tahunnya kita akan menyambut Hari tersebut dengan antusias dan semangat dengan berbagi Ucapan HUT RI, Kumpulan Pantun, dan juga bersyairkan puisi kemerdekaan yang indah. Dan Misalnya juga ada berbagai kegiatan yang seru seperti Upacara dan sambutan dari berbagai tokoh publik, lomba yang menyenangkan dan seru, dan yang peling penting adalah kebersamaan kita semua dalam memperingati Hari Kemerdekaan 17 Agustus.

Namun, Tak heran kebanyakan orang akan mempersiapkan segala sesuatu, mulai dari penyusunan proposal kegiatan, dekorasi dan perlengkapan 17 Agustus, kegiatan mengumpulkan dana dan lain sebagainya. Namun ada hal lain lagi yang penting sebelum kegiatan 17 Agustus. Apakah itu? Penyusunan susunan acara kegiatan 17 Agustus memiliki peranan penting dalam kelancaran sebuah kegiatan. Apabila tidak ada susunan acara, bagaimana kita bisa bayangkan keadaan nya nanti? Bisa jadi kegiatan tersebut akan terkendala, dan tidak teratur.

Maka, untuk memperlancar kegiatan memperingati 17 agustus kalian perlu membuat susunan acara kegiatan terlebih dahulu. Mau buat susunan acara 17 agustus tapi bingung mulai dari mana? Jangan risau, sebagai berikut talitashare.com akan bantu kamu untuk lihat contoh susunan acara kegiatan peringatan 17 Agustus yang baik dan benar. Kalian bisa gunakan susunan acara tersebut sebagai contoh dalam pembuatan susunan acara lainnya. Bisa gunakan sesuai keadaan dan jenis acara ya, namun secara garis besar pembuatan susunan acara 17 Agustus adalah seperti uraian berikut ini.

Contoh Susunan dan tata cara Kegiatan 17 Agustus

1. Pusatkan perhatian hadirin bahwa acara tersebut akan segera dimulai, hal ini bertujuan agar orang-orang dapat mengerti dan dapat menerima arahan selanjutnya untuk memulai acara tersebut anda dapat mengatakan "Mohon Perhatiannya acara akan segera dimulai."

2. Berikan Salam pembuka atau dengan mengucapkan salam dan mengucap syukur. Kemudian            bacakan susunan acara seperti uraian dibawah ini :

Assalamu'alaikum wr. wb
Bapak Kepala Kelurahan Loa Bahu yang kami hormati.
Ibu RT 01 RW 12 yang kami hormati.
Serta para warga RT 01 yang kami hormati.
Tak lupa juga bagi rekan-rekan panitia yang kami cintai.
Pertama-tama marilah kita ucapkan puji syukur kita kepada Allah SWT karena berkat izinnya kita dapat berkumpul untuk memperingati Har Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73.
Sebelumnya, Atas nama panitia penyelanggara, kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga dan para donatur dari RT. 01 yang telah membantu sehingga acara ini sekiranya dapat berjalan dengan lancar.
Langsung saja, kami akan bacakan susunan acara pada kegiatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 73,  yaitu sebagai berikut :
  1. Pembukaaan
  2. Menyanyikan Lagu wajib yaitu Indonesia Raya dan 17 Agustus 1945
  3. Mengheningkan Cipta
  4. Sambutan-sambutan
  5. Potong Tumpeng 
  6. Pembagian Hadiah Untuk anak-anak dan peserta lomba
  7. Penutup / Do'a
  8. Hiburan

3. Pembukaan lebih baik diawali dengan ucapan bassmalah sebagai awal yang baik.

     Acara Pertama, Pembukaan.
     Untuk kelancaran acara dan membuka acara ini. Marilah kita mengucapkan bassmalah bersama-         sama..

4. Menyanyikan Lagu wajib yaitu Indonesia Raya dan 17 Agustus 1945 dilakukan serentak oleh      semua hadirin, dapat menggunakan iringan instrumen atau tidak sesuai keadaan.
 
    Sekarang, Mari kita lanjutkan acara ini dengan Menanyikan Lagu Indonesia Raya dan 17 Agustus
    bersama-sama. Untuk para hadirin dipersilahkan untuk berdiri.

    (mulai menyanyikan lagu)

    Untuk hadirin dipersilahkan untuk duduk kembali.

 5. Menghenigkan  Cipta, Merupakan salah satu cara menunjukan penghargaan kepada peringatan         17 Agustus 1945.

     Selanjutnya, Marilah kita mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah         berjuang dalam rangka merebut kemerdekaan Negara kita tercinta ini......
     Mengheningkan Cipta Mulai.......    Selesai......

     Bapak-bapak, Ibu-ibu dan Adik-adik  kami persilahkan duduk kembali.

6. Sambutan-sambutan. Biasa nya bagian ini diisi oleh orang yang bertanggung jawab pada                  kegiatan      tersebut atau orang yang berwenang dalam daerah itu.Acara

    Selanjutanya, sambutan-sambutan.
    Sambutan pertama oleh ketua panitia, Untuk Bapak.... Kami Persilahkan (sambutan)

   Terimakasih untuk sambutannya. silahkan menuju tempat duduk kembali

    Sambutan kedua oleh Ibu Ketua RT 01 , Untuk Ibu..... Kami Persilahkan (sambutan )
    Terimakasih untuk sambutannya Ibu Ketua RT.01. silahkan menuju tempat duduk kembali

    Sambutan selanjutnya oleh Bapak Kepala kelurahan Loa Bahu, Untuk Bpk Lurah Kami                        Persilahkan (sambutan)

    Terimakasih untuk sambutannya Bapak Kepala kelurahan Loa Bahu.. Silahkan menuju tempat            duduk kembali.

7. Pemotongan Tumpeng, biasanya dilakukan sebagai lambang rasa syukur atas apa yang telah              diterima. Pemotongan tumpeng diawali atau dilakukan oleh orang yang ditua kan dan sangat                dihormati.

   Pemotongan Tumpeng akan dilakukan oleh Bapak........ selaku ... dan akan diberikan kepada               generasi muda kita Adik…. Sebagai simbolis bahwa sebagai generasi muda yang siap untuk               melanjutkan perjuangan para pahlawan.

8. Acara selanjutnya adalah Penyerahan Hadiah, biasanya ini adalah yang ditunggu tunggu bagi            para      peserta yang telah menang dalam lomba sebelumnya.

    Selanjutnya, Kita akan menyaksikan Penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba 17 Agustus      tahun 2018 ini. Untuk yang dipanggil diharapkan langsung maju ke depan.

    ( Pembagian hadiah lomba ......  Kategori.......... Nama...... Juara ...)
    ( Untuk Bu / Pak / Mas... untuk memberikan hadiahnya)

    Kami ucapkan Selamat untuk para pemenang semoga hadianya dapat bermanfaat..

9. Pembacaan doa dan penutup, dilakukan dengan tenang.

    Para hadirin, setelah ini akan kita saksikan acara hiburan. Banyak sekali yang akan tampil untuk          mengisi acara pada kegiatan memperingati 17 Agustus ini,semuanya penuh semangat.

    Namun, Sebelumnya kita tutup acara resmi peringatan HUT Ke 73 Kemerdekaan Republik                  Indonesia ini dengan pembacaan Do'a, yang akan dipimpin Bapak....
    Untuk Bapak... kami persilahkan...

    Terimakasih untuk Bapak....

    Baiklah, Tibalah saatnya Hadirin yang berbahagia kita menikmati berbagai hiburan pada acara            HUT kemerdekaan RI ke 73 ini.

Yaa, kakak-kakak uraian diatas adalah sebagai contoh susunan acara dan sudah termasuk tata cara dalam acara kegiatan memperingati 17 Agustus 1945. Kalian bisa gunakan sesuai kondisi atau keadaan dimasing-masing daerah yaa. Karena di setiap daerah pastinya memiliki cara tersendiri dalam pembuatan acara. Jadi, apabila kamu ingin buat susunana acara, sesuai kan juga dengan kebutuhan setempat. Semoga article ini bermanfaat dan terima kasih sudah mampir di talitashare.com.

Salam sahabat...