Inilah Alasan 17 Agustus dipilih sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia lengkap sejarah

Kemerdekaan negara Indonesia, mungkin anda menyimpan beberapa pertanyaan yang belum diketahui ya? Misalnya, pernahkah anda bertanya, Mengapa tanggal 17 Agustus dipilih sebagai hari untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia? atau Mengapa tidak memilih tanggal yang lainnya, misalnya tanggal istimewa, tanggal yang membawa hoki atau keberuntungan atau yang lainnya menurut beberapa pakar? Apa istimewanya tanggal 17 agustus ini menurut Ir. Soekarno?

Beberapa orang mulai bertanya -tanya tentang hal ini, dan mulai mencari tahu di berbagai sumber. Sebenarnya kalian bisa menemukan jawabannya di Buku sejarah negara Indnonesia mencangkup sejarah dan peristiwa yang terjadi. Kemudian kalian juga bisa melihat di berbagai situs yang membahas seputar makna penting 17 agustus di internet, media sosial atau sumber bahan yang lainnya.

Tidak punya waktu untuk mencari referensi jawabannya? Jangan khawatir, pada article ini kita akan membahas seputar pertanyaan -pertanyaan penting tentang hari kemerdekaan 17 agustus. Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa proklamasi kemerdekaan terjadi pada tanggal 17 agustus 1945. Anda mau tahu jawabannya? Pasti dong. Mengingat tahun ini kita akan kembali memperingati HUT RI ke -74 tahun 2019 yang jatuh pada hari sabtu, 17 agustus 1945.

Anda sudah siap? Pasti dong. Nah untuk memperlengkapi pengetahuan anda dan meningkatkan penghargaan penting anda terhadap hari ulang tahun negara kesatuan republik indonesia ini. Mari kita simak alasan penting mengapa tanggal 17 agustus yang dipilih sebagai hari spesial untuk memproklamasikan kemerdekaan indonesia. Langsung saja tanpa basa -basi lagi simak uraian nya di bawah ini.

Inilah Alasan 17 Agustus dipilih sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia lengkap sejarah


Tepat pada tanggal 17 agustus 1945, Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. Rupanya hal ini sudah direncanakan terlebih dahulu oleh bung karno. Bahkan ia memilih tanggal tersebut dengan banyak pertimbangan dan pemikiran yang matang. Hal ini terlihat dari penjelasan yang ia berikan sewaktu berdebat hebat dengan para pemuda ketika ia diculik pada tanggal 16 agustus 1945.

Pada waktu itu sebelum detik -detik kemerdekaan dimulai, tepatnya pada pukul 04.00 WIB, Sekelompok pemuda membawa bung karno dan bung hatta ke daerah yang bernama Rengasdengklok. Aksi penculikan ini membuat Soekarno marah dan merasa kecewa. Mengapa? Karena pemuda tersebut tidak mengikuti dan mendengar pertimbangannya tersebut.

Maka. di Lokasi penculikan tersebut, Ir. Soekarno dengan para pemuda yang menculiknya itu berdebat dengan sangat hebat. Bahkan para pemuda mau memaksa Soekarno dan Hatta untuk memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia hari itu juga.Sedangkan Ir Soekarno tetap bersikeras untuk memproklamasikannya pada tanggal 17 Agustus 1945.

Menurut Bung Karno, tanggal 17 itu bukanlah angka yang sembarangan. Ia memilih angka itu dengan beberapa pertimbangan saksama. Pertama, Tanggal 17 sesuai dengan diturunkannya Ramadhan, juga orang islam akan sholat sebanyak 17 rakaat setiap harinya. Selain itu, hebatnya lagi tanggal 17 agustus 1945 jatuh pada hari jumat legi (Jumat suci) pada waktu itu. Menurut Ir. Soekarni, ia menambahkan "menentukan tanggal bukanlah perkara yang mudah." sebab ia berfikir bahwa dipilihnya tanggal 17 akan membawa hal yang baik untuk bangsa dan negara kita tercinta. Ia merasakan bahwa pada tanggal 17 agustus 1945 adalah hari yang baik.

Oleh sebab itu, dengan pertimbangan yang matang dari Ir. Soekarno, pada tanggal 17 Agustus 1945 dipilih sebagai hari penting untuk mendeklarasikan teks proklamasi kemerdekaan negara indonesia. Hingga saat ini setiap tanggal 17 Agustus kita akan memperingatinya sebagai makna sejarah terpenting bagi bangsa indonesia.

Inilah dia informasi selengkapnya mengenai sejarah tanggal 17 agustus itu sendiri. Anda punya pertanyaan penting lainnya, kita bisa bahas bersama -sama. Atau jika anda memiliki pengetahuan seputar hari kemerdekaan yang ingin dibagikan yuk kita bisa sharing dan diskusi bareng melalui contact blog yang sudah tersedia. Indahnya semakin memaknai HUT RI dengan diskusi yang bermanfaat dan positif. Selamat memperingati Hari 17 Agustus 2019. Pastikan anda menyambut dan memperingatinya dengan semangat. Semoga informasi ini bisa membantu dan bermanfaat untuk sobat semua!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel