5 Cara Meningkatkan percaya diri yang ampuh dan berhasil

Pernah kah kamu merasakan ketidakpercayaan diri? Setiap orang pastinya tidak pernah lepas dengan satu hal ini. Mengapa? Karena setiap orang pada dasarnya memiliki sifat yang demikian. Misalnya karena satu atau dua kekurangan yang ada dalam diri, diyakini mampu menurunkan derajatnya sebagai manusia, inilah yang membuat seseorang sering tidak PeDe atau dengan kata lain tidak percaya diri. Apakah kekurangan yang ada dalan dirimu telah nenjadi alasan mu tidak percaya diri?

Sebenarnya ada alasan atau faktor lain yang bisa buat orang tidak Pede yaitu Ketidaknyaman akan suatu hal ataupun juga anda baru menjajaki suatu hal yang baru misalnya dalam hal pendidikan, persahabatan, karier, pekerjaan dan masih banyak lagi. Manakah salah satu nya yang menjadi hambatan dari diri anda? Jangan khawatir, ada masalah pasti juga ada penyelesaian terbaik. Sekedar motivasi dan semangat saja sebenarnya tidak cukup. Anda perlu suatu hal yang lebih baik lagi untuk bisa meningkatkan rasa percaya diri anda tersebut.

Bagaimana ya caranya aku bisa lebih mengeksplor kemampuan ku, tidak malu, dan cenderung lebih pede untuk memperlihatkan diri ku yang sebenarnya? Pada uraian di bawah ini adalah beberapa referensi dasar cara supaya lebih pede dilengkapi dengan tips dan trik ampuh nya. Mau tahu dong pastinya? Yukk, siapa tahu pembahasan kali ini memang diperuntukkan untuk sobat semua. Selengkapnya kita langsung simak saja, cekidot..

Cara nya aku lebih percaya diri dan tidak pemalu

1. Berperilaku apa ada nya dan tidak pura-pura

Kebanyakan orang sangat ingin dirinya sama dengan orang lain yang kelihatannya lebih baik. Ada juga yang sampai meniru gaya pakaian, rambut, make up, style, fashion, dan masih banyak lagi padahal ia sama sekali tidak nyaman dengan hal itu. Ada juga yang lain melakukannya karena alasan ingin diterima dalam sebuah organisasi, kelompok atau teman bergaul. Tapi tahukah anda? Sesuatu hal yang bukan mencerminkan diri anda sesungguhnya dapat menurunkan rasa percaya diri di dalam hati dan pikiran anda. Maka, alangkah lebih baik untuk anda menjadi diri sendiri saja dan tampil apa adanya, setidaknya walaupun anda adalah seorang yang pemalu, anda bisa tampil pede dengan gaya diri anda sendiri.

2. Berupayalah untuk mengerjakan sesuatu dengan maksimal.

Tak banyak dipungkiri ada beberapa orang yang merasa tidak yakin akan dirinya karena suatu hal yang dia kerjakan. Takut kalau hasil pekerjaan nya tidak bagus dan mengecewakan, yang masih bersekolah mungkin takut nilai hasil ujian nya tidak sebagus yang diharapkan dan ada juga yang merasa dirinya paling bodoh dalam satu atau beberapa bidang tertentu. Namun, apakah memang seharusnya demikian? Tidak, anda bisa mengubah cara berpikir anda. Lakukan segala sesuatu pekerjaan anda secara maksimal dan berupayalah melakukannya dengan sebaik baiknya. Jangan lupa untuk terus berfikiran positif. Walaupun hasilnya tidak sama dengan yang dipikirkan sebelumnya, setidaknya anda akan merasa bahwa "saya sudah melakukan yang terbaik". Sudah merasa percaya diri sekarang? Kita akan lanjut ke poin berikutnya.

3. Tetapkan cita- cita jangka pendek

Apakah anda punya cita-cita jangka pendek? Kebanyakan dari kita hanya memiliki atau berangan angan untuk cita -cita jangka panjang saja. Nah, untuk bisa lebih percaya diri terutama untuk anda yang gak pede buat meraih cita-cita tinggi, mulai lah dengan ini. Yupp, ayo tetapkan cita -cita jangka pendek anda. Seperti apa? Misalnya anda berangan- angan menjadi seorang penulis, tapi anda tidak percaya diri untuk melakukan itu. Maka, buatlah tujuan jangka pendek nya seperti saya mau membuat cerpen yang disukai oleh keluarga atau kerabat atau sahabat saya terlebih dahulu. Biarlah orang terdekat anda yang menilai. Setelah berhasil, buat lagi tujuan pendek seperti menjual tulisan anda di koran, blog, atau content writer yang lainnya. Nah ketika anda berhasil melakukan ini, percayalah anda akan lebih berani untuk meraih apa yang anda inginkan.

4. Selalu berpikiran positif.

Orang yang percaya diri adalah orang yang selalu memiliki pikiran yang positif tentang segala hal. Ia tidak memikirkan hal -hal tertentu yang bisa menurunkan martabatnya sebagai seorang talent. Memang tidak ada manusia yang lepas dari pikiran yang negatif, namun berupayalah akan hal itu. Miliki pandangan yang benar tentang suatu hal dan buatlah lingkungan yang positif. Tidak hanya untuk apa yang ada diluar kita juga perlu berfikiran positif dalan hal menilai diri sendiri. Nilai lah diri anda sebagai seorang yang berharga. Jangan juga membandingkan diri anda dengan orang lain. Patut untuk diperhatikan setiap orang punya kelebihan dan kekurangannya masing- masing.

5. Perhatikan dengan siapa anda bergaul.

Memang ada nasehat yang bagus untuk tidak memilih milih teman melainkan berrgaul lah dengan semua orang. Namun, terlepas dari nasehat itu ada sisi baiknya kita memilih teman. Pilihlah teman yang dapat mendukung anda. Bukan teman atau sahabat yang hanya ada mau nya saja, atau bahkan suka sekali mengolok dan menurunkan rasa percaya diri anda. Apabila memang ada orang seperti itu jangan lah ambil kata- kata nya dalam hati atau bahkan sampai merasa bahwa orang itu lebih baik dari anda.

Uraian diatas adalah penjelasan singkat bagaimana kita bisa lebih percaya diri dalam mencapai suatu tujuan atau bergaul dengan rekan sekerja, teman sekolah, kerabat atau bahkan dalam lingkungan keluarga. Semoga dengan beberapa tips dan trik ini bisa turut membantu dan bermanfaat untuk sobat- sobat semua. Senang bisa membantu. Apabila ada pertanyaan atau kritik dan saran, mari berdiskusi secara baik pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel