5 Tips Jualan Online di Sosial Media yang sederhana tapi ampuh

talitashare.com -Sekarang ini ada banyak orang mengambil berbagai kesempatan untuk mulai mengambil keuntungan. Tentunya dengan berbisnis tanpa modal yang besar. Tidak jarang dari kebanyakan orang memilih untuk melakukan kegiatan berjual beli online di sebuah situs web berbelanja atau toko online terkenal seperti halnya Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokobagus.com, Olx, blibli.com, Tokopedia dan masih banyak lagi. Selain itu kebanyakan para pedagang online juga mulai merambah ke berbagai jejaring sosial yang terkemuka Seperti halnya Facebook, Instagram, Whatsapp, line dan lain sebagainya. Perlu diketahui berjualan di media sosial bukanlah suatu hal yang baru, rata -rata para pebisnis memanfaatkan teknologi ini untuk kegiatan promosi, baik hanya keperluan branding ataupun penjualan.

Barang -barang yang di jual pun beraneka ragam, apabila anda sebagai konsumen, anda akan melihat di situs jejaring sosial tertentu akan banyak menawarkan barang -barang kebutuhan sehari -hari misalnya seperti Baju, Celana, Accessories, Perangkat elektronik, Hijab atau kerudung, bahkan aneka ramuan atau obat yang bermanfaat untuk suatu hal. Kita sadari ini bukanlah hanya isapan jempol belaka, tapi ada banyak sekali bahkan jutaan orang berhasil menjadi seorang miliarder yang sukses dalam bidang ini, khususnya jualan online di sosial media. Mereka yang berjualan pun tidak kenal umur atau latar belakang tertentu, bahkan tak jarang juga seorang anak muda menjadi pengusaha sukses hanya dengan berjualan melalui Handphone android, laptop atau perangkat lainnya. Lantas sekarang yang menjadi pertanyaan adalah "Bagaimana caranya?"

Kelihatannya memang mudah, tapi tahu kah anda? mereka yang sukses, tidak semudah hanya dengan membalikkan telapak tangan, tetapi melalui proses dan kegigihan. Apabila anda berniat untuk melakukan jual beli secara online tanpa modal besar, jangan ragu untuk gunakan berbagai jejaring sosial yang anda punya. Namun, sebelum memulai alangkah baiknya anda menyimak terlebih dahulu "apa aja sih yang perlu di lakukan untuk bisa sukses jualan oline di komunitas sosial ini?" Tentunya ada cara, Tips dan triknya dong, sebagai berikut kalian bisa ikutin pembahasannya di bawah ini :


Tentukan Target Market Potensial 

Langkah pertama, tentukan target market potensial anda terlebih dahulu, dengan membidik target pasar yang potensial maka diharapkan ada lebih banyak pengguna media sosial yang tertarik dengan tawaran produk anda itu. Anda bisa mulai dengan membuat grup di Whatsapp (Wa), Twitter, Facebook, Instagram dengan mengangkat tema khusus. Grup yang mengangkat tema khusus pada kenyataannya lebih diterima oleh masyarakat apabila sesuai dengan minat mereka. Orang -orang ini lah yang nantinya bisa anda jadikan sebagai target market dalam jangka waktu panjang.

Membuat status yang menarik perhatian

Pernahkah anda berfikir bahwa status yang anda buat juga memiliki pengaruh tersendiri untuk orang yang melihatnya? Sebenarnya, status yang menarik akan membuat orang melakukan like atau bahkan share status anda tersebut sehingga lebih banyak orang akan mengenal anda serta bisnis yang sedang anda jalankan. Salah satu tips nya dalam membuat status yang menarik adalah status yang sedang hangat di bicarakan oleh orang -orang atau status yang berpotensi viral berkaitan dengan produk anda tersebut. Sampaikan dengan cara yang berisi dan baik. Hindari pembuatan status yang berisi SARA karena hal ini bisa membuat gagal bisnis yang sedang anda jalankan.

Menggunakan Hashtag pada setiap postingan anda

Hashtag ini sangat berguna, dimana postingan yang anda buat akan terkelompok dalam sebuah pencarian. Khususnya di twitter dan instagram akan mempermudah orang lain untuk melakukan pencarian produk anda di Instagram, Twitter, facebook dan masih banyak lagi. Hashtag tersebut anda bisa tambahkan di posisi bagian bawah status atau postingan anda tersebut.

 Update Postingan secara berkala

Cara berjualan di jejaring sosial yang ampuh lainnya adalah mengupdate status atau postingan secara berkala dimana ini nantinya akan muncul di timeline atau beranda teman -teman di sosmed. Apabila anda rajin update barang terbaru secara rutin, tentunya akan ada yang penasaran sehingga membuka akun sosmed anda tersebut, Setiap orang yang melihat -lihat akun sosmed anda bisajadi menjadi salah satu calon konsumen anda. Jangan sungkan juga untuk melakukan tayangan live atau siaran langsung yang bisa menarik perhatian orang lain.

Merespon para pelanggan secepat mungkin

Biasanya ada saja beberapa orang yang mengabaikan saran ini. Ternyata membalas pesan para pelanggan dengan cepat dapat membuat mutu jualan anda naik loh. Selain mencegah para pembeli batal untuk membeli produk, anda akan di pandang baik dan kemungkinan orang tersebut juga akan membantu untuk merekomendasikan produk anda ke teman yang lainnya. Walaupun banyak calon pembeli yang hanya bertanya saja, anda harus tetap memberikan respon dan jawaban yang baik dan sopan. Jangan lupa untuk terus membangun komunikasi yang baik dengan para pelanggan tersebut.

Yuk baca juga article terkait Tips Mudah Mengatasi Kecanduan Belanja Online

Inilah beberapa tips dasar berjualan online di sosial media yang sederhana namun sebenarnya efektif dan dapat mendatangkan banyak pengunjung dan pelanggan. Lihat saja kebanyakan orang tidak bisa lepas dari perangkat elektronik mereka bukan? Maka, inilah kesempatan yang bagus untuk melakukan promosi barang -barang atau produk yang anda jual. Jangan pernah takut dengan kegagalan, jangam takut untuk bersaing dengan yang lain, bersainglah secara sehat, anda akan menuai hasilnya kelak. Percaya saja pada pepatah yang mengatakan bahwa "Usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil". Walaupun tidak mudah dan butuh proses, yakin dan gigih itu adalah kuncinya. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berbisnis.

Salam talitashare.com


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel