Kumpulan Rumus Excel Lengkap dan Fungsinya terbaru 2019

Teknologi canggih sekarang ini membantu kita bisa menyelesaikan semua pekerjaan dengan mudah. Khususnya pada tahun 2019, Salah satu teknologi canggih terbaru adalah aplikasi Keren dari Micrososft Excel. Excel ini adalah software terkenal yang paling banyak digunakan oleh orang –orang di seluruh dunia, karena bisa digunakan untuk hampir semua bidang kegiatan atau pekerjaan Misalnya dari Akutansi, keuangan, data penjualan, statistik, penelitian tertentu, industri dan tentunya masih banyak lagi di bidang pekerjaan yang lainnya. Meskipun banyak software baru yang bermunculan, Excel tetap tidak tergoyahkan.

Untuk bisa mengoperasikan Microsoft excel sendiri tidak bisa langsung kita kuasai begitu saja, Kita perlu belajar dan mengetahui rumus-rumus dasar Excel terlebih dahulu, kemudian kita belajar juga Fungsi nya masing-masing rumus supaya kita bisa memanfaatkannya secara efektif. Apabila Anda sudah tahu rumus dan fungsi Excel maka akan ada banyak manfaat yang anda dapatkan, Anda bisa mengelola teks dengan mudah, membuat diagram, grafik, Macro yang berfungsi sebagai otomatisasi pekerjaan sampai bahasa pemograman visual Baisc For Application (VBA).

Nah, buat Anda yang ingin mempelajari teknik penggunaan excel tahap yang pertama dan terpenting adalah mengetahui Rumus –rumus dasar lengkap dengan fungsi Excel seperti Uraian di bawah ini. Rumus Microsoft Excel tahun 2007, 2010, 2013, dan juga 2016 memiliki unsur-unsur excel yang perlu diketahui lengkap dengan fungsinya agar Anda dapat mengaplikasikannya secara mudah. Jadi, Article ini sengaja dibuat untuk Sobat semua yang mau belajar seputar penggunaan Excel dalam kehidupan sehari hari. Kita akan kenalan dengan rumus dan Fungsi Excel, oleh sebab itu mari simak secara saksama pada pembahasan dibawah ini.

Kumpulan Rumus Excel Lengkap dan Fungsinya terbaru 2019
SUM

Rumus dasar pertama adalah SUM. Rumus sederhana ini paling sering digunakan karena fungsinya untuk menjumlahkan atau penjumlahan data harus angka. Misalnya seperti ini =SUM(B10:B20) ini berarti menjumlahkan data dari kolom B10 sampai dengan B20. Jadi Anda tidak perlu menjumlahkan satu persatu untuk mendapatkan jumlah dari keseluruhan.

COUNT

Count sesuai dengan namanya yakni memiliki fungsi menghitung jumlah pada suatu data atau sejumlah cell yang sudah dipilih. Penggunaannya seperti ini =Count(B2:B8) Maka, secara otomatis rumus ini akan menampilkan jumlah data.

AVERAGE

Untuk mengambil nilai rata-rata data, Anda bisa menggunakan rumus Average pada Variable yang tersedia. Misalnya seperti =AVERAGE(B5:C6) Ini berarti mengambil nilai rata –rata dari kolom B5 sampai dengan kolom C6.

MAX

Max diambil dari kata Maximal, dengan kata lain rumus ini memiliki fungsi untuk menemukan Qty terbesar dari kumpulan data yang di blog atau dipilih. Qty juga bisa disebut Value atau angka. Cara menggunakannya seperti ini =MAX(C5:C8) dengan persaman =MAX(range_table)

MIN

Rumus Min adalah kebalikan dari Fungsi Max, sesuai dengan namanya yakni Min berasal dari kata Minimal yaitu berfungsi mencari Qty terkecil dari kumpulan data yang sudah di blog atau di pilih. Cara menggunakannya sama seperti Rumus Max yaitu seperti ini =MIN(C5:C8) dengan persamaan =MIN(range_table)


HLOOKUP

Hlookup merupakan rumus yang berfungsi untuk melakukan pencarian secara horizontal (Kesamping) dengan mencari nilai suatu baris dari kiri atas ke kanan bagian bawah yang kemudian mengembalikan suatu nilai dalam kolom yang sama berdasarkan isi dari cell tersebut. Cara menggunakan Hlookup adalah seperti ini =Hlookup(value,table,index_number,{not_exact_match}) untuk mengenalnya Anda harus tahu arti dari rumus ini yaitu :
  • Value adalah suatu nilai untuk mencari baris pertama dari suatu table yang ingin diisi.
  • Table adalah sekumpulan data yang dipilih yang lebih dari 1 baris cell.
  • Index_Number adalah penentuan dari jumlah baris dalam sebuah table mana yang sesuai untuk di kembalikan. Misalnya baris pertama adalah 1, baris kedua adalah 2 dan seterusnya.
  • Not_exact_match adalah pilihan apakah Anda mencari nilai yang benar –benar sesuai atau tidak biasanya diisi dengan angka nol.
Penggunaannya adalah seperti ini =HLOOKUP(A5,D2:H4,2,FALSE)

VLOOKUP

Vlookup merupakan fungsi kebalikan dari HLOOKUP dimana fungsi ini digunakan untuk melakukan pencarian data secara vertical. Cara menggunakannya hampir sama seperti HLOOKUP letak untuk perbedaannya adalah yaitu seperti ini =VLOOKUP(lookup_value,table_array,column_index_number,{range_lookup}) dengan pengertian sebagai berikut :
  • Lookup_value merupakan kondisi yaitu Anda mencari suatu nilai yang diinginkan dari dalam table yang dipilih tersebut.
  • Table_array merupakan dua sampai lebih kolom table yang telah berisi data, berupa angka, teks, dan lain sebagainya.
  • Index_number merupakan penentuan jumlah baris dari dalam table yang sesuai untuk dikembalikan misalnya baris pertama adalah 1, dan baris kedua adalah 2 dan seterusnya.
  • Not_exact_match merupakan pilihan apakah Anda mencari nilai yang benar –benar sesuai atau tidak, biasanya diisi dengan angka nol. 
Penggunaannya adalah seperti ini =VLOOKUP(110,B4:B7,2, FALSE)

Uraian diatas merupakan dasar -dasar belajar Microsof Excel mulai dari Kumpulan rumus dan fungsinya serta contoh cara penggunaannya, Anda bisa mulai untuk belajar dengan cara yang sederhana. Dengan rajin mempelajarinya, secara perlahan Anda akan mahir menggunakan Excel. Apabila Anda ingin cepat menguasai teknik penggunaan Excel ada baiknya untuk bertanya pada orang yang lebih menguasai atau lihat informasi menariknya di Media sosial youtube, disana ada banyak tutorial cara menggunakan Microsoft Excel yang baik dan benar. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel