Mengenal Macam macam Fitur Microsoft Excel dasar yang wajib diketahui

Semakin berkembangnya teknologi di zaman sekarang dapat memudahkan kita dalam melakukan kegiatan atau pekerjaan. Ada banyak teknologi yang kita ketahui dan semakin berkembang. Salah satunya adalah teknologi komputer, misalnya teknologi yang digunakan untuk mengolah data seperti micrososft. Nah, kita akan bahas tentang hal ini. Sebagian dari kita semua pasti pernah menggunakan teknologi ini untuk memudahkan pada saat pengolahan data enta itu kamu yang sedang bersekolah, kuliah atau yang sudah bekerja. Kita akui teknologi ini dapat membuat kita lebih cepat dan tidak repot dalam mengolah data.


Ada banyak fitur yang dapat digunakan dalam teknologi microsoft. Misalnya kita dapat mengenal jenis jenis microsoft yaitu mulai dari microsoft world yang biasa digunakan sebagai alat pengolah kata yang biasanya digunakan untuk membuat surat, dokumen, buku, dan lain sebagainya. Kemudian ada microsoft office power point yang merupakan aplikasi yang membantu kita dalam membuat presentasi pendidik, pelajar, trainer atau bisa juga manager perusahaan.

Macam microsoft lainnya adalah microsoft office outlook. aplikasi macam apa ini? Kegunaan nya hampir sama dengan email yang berfungsi untuk melakukan pengiriman dan membaca surat elektronik. Aplikasi ini juga menyediakan fitur seperti kalender, kotak surat dan juga jadwal bersama. Jenis microsoft terakhir adalah microsoft excel, aplikasi ini telah banyak digunakan oleh kebanyakan orang untuk membantu dalam pekerjaan yang memerlukan analisis data berupa kata dan angka. Aplikasi ini sangat membantu para akuntan, administrasi ataupun perusahaan yang membutuhkan pengolahan angka.

Melalui aplikasi microsoft excel sebuah perkantoran atau perusahaan dapat dengan mudah menyusun laporan keuangan maupun laporan pengolahan aritmatika lainnya. Nah, sesuai dengan judul kita akan bahas satu dari empat macam aplikasi microsoft yang banyak digunakan ini yakni microsot excel. Seperti yang kita bahas sedikit diatas microsoft excel dapat membantu kita menyelesaikan pekerjaan karena memuat fitur fitur dalam pengolahan data, statistik dan berbagai fitur analisis lainnya. Namun, tidak semua fitur tersebut diketahui oleh masyarakat. Maka, kita sebagai pengguna microsoft wajib tahu ni fitur fitur microsoft excel itu. Dengan mengetahui nya kita tentunya lebih handal dan terampil dalam menggunakan microsft excel. Maka, mari kita bahas selengkapnya mengenai Mengenal Macam macam fitur Microsft Excel yang jarang diketahui.

Mengenal Macam macam fitur Microsft Excel dasar yang wajib diketahui.

"Basic Template" untuk menghemat waktu


Ketika kalian mulai untuk menggunakan microsoft excel maka kalian dapat mengunakan berbagai "basic template" yang sudah tersedia sesuai dengan kebutuhan kalian. Kita dapat membuat berbagai laporan menggunakan "basic tempalte" seperti finanncial budgeting, daily schdule, list, dan berbagai laporan lainnya dengan mudah sesuai dengan gambar yang dapat kalian lihat.

"Basic Text Function" untuk merapikan teks



Biasanya data yang terdapat dalam microsoft execel cukup banyak ya, Namun, tidak semua data tersebut sudah diketik dengan tepat sesuai kaidah PUEBI. Terkadang tampilannya masih berantakan dan tidak teratur. Misalnya nih, ada beberapa kata yang tidak pas seperti penempatan huruf kapital yang belum sesuai. Namun, kalian tidak perlu takut dan khawatir. Jangan berfikir untuk merapikan kata kata tersebut satu persatu karena pasti akan memerlukan waktu yang lama apalagi bagi kalian yang mempunyai deadline, pasti akan susah sekali. Maka, untuk mempermudah dalam merapikan teks, kalian bisa gunakan fitur "Basic Text Function" dengan cara mengetikkan formula khusus di bawah ini :

  • TRIM : Fungsinya untuk merapikan tulisan dan menghapus space yang tidak diinginkan. Formula nya adalah seperti ini "=TRIM(CELL)".
  • PROPER CASE : Fungsinya mengubah secara cepat yakni kata yang tertulis akan diawali dengan huruf kapital. Misalnya cocok sekali digunakan untuk penamaan nama. Formula nya adalah seperti ini "=PROPER".
  • UPPER CASE : Fungsinya adalah seluruh karakter yang ada di tulisan tersebut akan tertulus menggunakan huruf kapital. Formula nya adalah seperti ini "=UPPER"
  • LOWER CASE : Fungsinya adalah seluruh karakter  yang ada akan tertulis menggunakan huruf kecil. Formulanya adalah seperti ini "=LOWER"
  • LEN : Fungsinya adalah untuk menghitung jumlah karakter yang terdapat pada kata tersebut. Formulanya seperti ini "=LEN"

"Numbers Formatting" Untuk mengatur angka


Angka yang terdapat pada microsoft excel tentunya harus diatur agar terlihat rapi dan teratur. Maka, Sesuai dengan fungsinya untuk mengolah angka-angka statistik, kalian bisa untuk mengatur angka menggunakan fitur "Numbers formatting" dan rekan kerja juga tentunya dapat mengatur format angka yang terdapat pada sheet menggunakan Numbers format yang terdapat pada Tab Home. Sebagai informasi fitur "Numbers formatting" memiliki beberapa bentuk yang dapat digunakan untuk memformat tangal, mata uang, waktu, pecahan, dan keperluan lainnya. Sehingga hal ini memungkinkan kita dapat mengatur angka sesuai dengan kebutuhan kita.

"Statistical Function" untuk menjumlahkan data


Bagaimana caranya menjumlahkan banyak data dalam waktu yang singkat? bagaimana kita bisa tahu nilai rata-rata secara cepat dari kumpulan data yang ada? Kita bisa menyelesaikan nya mengunakan fitur "Statistical Function" dalam Excel. Nah, untuk fitur ini sendiri ada beberapa bentuk sesuai dengan formula dibawah ini.

  • SUM : Berfungsi dalam menjumlahkan keseluruhan data dengan formula "=SUM(CELL)"
  • AVERAGE : Berfungsi untuk menghitung nilai rata rata dari keseluruhan data dengan formula "=AVERAGE(CELL)"
  • COUNT NUMBERS : Berfungsi untuk menghitung jumlah cell yang memuat angka dengan formula "=COUNT(CELL)"
  • MAX : Berfungsi untuk mencari nilai terbesar dengan formula "=MAX(CELL)"
  • MIN : Berfungsi untuk mencari nilai terkecil dengan formula "=MIN(CELL)"


"Frezes" Agar tidak salah dalam proses pengiputan


Ketika memiliki data yang dalam jumlah banyak, kebanyakan dari kita pasti akan mengalami masalah, karena merasa pusing ketika membaca data yang sudah tidak terlihat lagi judul kolomnya karena jumlah data nya yang terlalu banyak. Maka, kalian bisa gunakan fitur ini yang terdapat pada tab view.

Uraian diatas merupakan fitur fitur canggih yang dapat sobat gunakan dalam menggunakan microsoft excel. Dengan informasi ini diharapkan dapat membantu kalian untuk lebih terampil dalam menggunakan mircosoft excel dengan lebih cepat dan rapi. Sehingga semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik. Semoga article ini dapat bermanfaat dan membantu sobat semua. Terima kasih sudah mampir di talitashare.com..!