Penyebab dan Cara Mengatasi Handphone cepat panas yang ampuh

Sekarang ini semua kegiatan kita sudah dipermudah dengan adanya teknologi yang canggih. Salah satu teknologi yang paling sering kita gunakan adalah handphone. Handphone memberi kita banyak kemudahan seperti berkomunikasi dengan orang lain bahkan dalam jarak yang jauh sekalipun. Kita juga bisa cari informasi terupdate setiap hari melalui aplikasi handphone, belanja online dan masih banyak lagi.

Mengingat ada banyak sekali manfaat dari handphone kebanyakan orang tidak bisa lepas dari benda ini. Bahkan anak muda jaman sekarang bisa diperhatikan kegiatan sehari hari mereka selalu berhubungan dengan yang namanya handphone. Tak heran kita masing-masing perlu merawat kondisi handphone agar tetap awet meskipun ada banyak aktivitas yang mengharuskan kita menggunakan handphone.

Untuk menjaga handphone kita tetap sehat, kita perlu hal hal detai yang dapat terjadi pada handphone kita. Salah satunya adalah biasanya handphone apabila dipakai terlalu sering dan dalam waktu yang lama akan panas seketika. Ini adalah hal yang akan kita bahas. Mengapa sebenarnya handphone bisa menjadi panas kalau terlalu lama digunakan? Apa penyebabnya?  Apakah bahaya?  Dan bagaimana kita bisa menanggulangi nya?  Ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan. Apakah kalian mengajukan pertanyaan yang sama juga. Kita akan bahas dalam uraian singkat dibawah ini.

Sebenarnya, handphone bisa saja menjadi gampang panas karena beberapa faktor. Penyebab pertama bisa jadi karena ada virus atau malware yang menyerang handphone. Virus atau malware ini dapat membajak dan merusak apapun yang ada di dalam handphone. Handphone pun akan menjadi gampang panas karena virus-virus ini menghambat kerja sistem handphone sehingga tidak bisa bekerja optimal dan harus bekerja lebih keras.

Hal lain lagi alasan mengapa hadphone menjadi gampang panas bisa jadi bersumber pada baterai yang merupakan salah satu bagian fatal dari sebuah handphone karena inilah sumber daya utama agar handphone bisa berfungsi. Namun, karena kebutuhan penggunaan yang tinggi, kapasitas baterai handphone tidak bisa menyanggupi sehingga pada akhirnya sobat pun harus sering mengecas. Jika sudah di-charge berulang kali, baterai akan mengalami penurunan performa sehingga ketika dipaksa untuk bekerja, justru akan menimbulkan panas. Ini adalah beberapa faktor penyebab handphone menjadi panas. Apakah ini berbahaya? Jika terjadi terus menerus maka dapat merusak performance dari handphone. Maka, kamu bisa menghindari hal ini dengan memperhatikan Tips singkat Mengatasi Handphone Cepat panas yang ampuh pada uraian dibawah ini :

Tips dan Cara Mengatasi Handphone cepat panas yang ampuh



Menggunakan Aplikasi Pendingin Handphone

Salah satu cara untuk mengatasi Handphone yang cepat panas adalah dengan menggunakan aplikasi pendingin Handphone. Aplikasi pendingin cukup bermanfaat dan bisa membantu menjaga suhu atau mendinginkan handphone kamu. Beberapa aplikasi pendingin Handphone yang bisa kamu coba adalah Cool Master, Super Cooler-CPU, EaseUS Coolphone, dan masih banyak lagi. Dengan cara ini handphone kamu bisa senantiasa dalam suhu normal.

Memberi Waktu Handphone untuk Istirahat dari Penggunaan

Saat main game atau sedang internetan, seringkali kita lupa waktu. Kita keasyikan bermain game ataupun streaming secara terus-menerus yang pada akhirnya secara tidak sadar “menyiksa” handphone untuk terus bekerja keras.Seperti halnya manusia yang membutuhkan istirahat, ternyata handphone kita juga butuh istirahat lohh.. Sebagai informasi bahwa pemakaian streaming Youtube ataupun video serta bermain game terus menerus tiada henti akan membuat Handphone kita akan cepat panas. Sebaiknya apabila kita memberikan waktu untuk Handphone kita beristirahat dari aktivitas pemakaian berat, hal ini akan membuat handphone kita lebih aman.

Tidak memakai Handphone saat mengisi daya charging phone

Ketika Handphone sedang dalam keadaan proses charging, sebaiknya kita tidak menggunakan Handphone tersebut, baik untuk sekadar chatting atau hanya SMS saja. Jika kebiasaan ini sering dilakukan maka akan berpengaruh pada baterai Handphone yang terlihat mengembung lebih cepat. Kondisi ini akan membuat Handphone kita terasa lebih panas setelah selesai diisi daya. Maka, tindakan yang baik apabila kamu tidak mencoba memainkan handphone ketika sedang mengisi daya.

Gunakan Charger Original

Charger original mengalami kerusakan? Kamu ingin berhemat dengan membeli charger yang lebih murah, namun gak jelas asal-usul dan kualitasnya. Menggunakan sembarang charger malah akan membahayakan baterai dan handphone kamu, bahkan jadi salah satu faktor utama yang menyebabkan Handphone cepat panas. Maka kamudapat membiasakan untuk selalu menggunakan charger asli dan jika rusak, belilah charger asli yang baru.

Instal Aplikasi Seperlunya atau yang dibutuhkan saja

Penggunaan banyak aplikasi ini bisa membuat penggunaan handphone cepat panas. Walaupun saat ini banyak handphone didukung dengan komponen hardware penunjang multitasking, seperti RAM yang tinggi, tetap saja pembiaran ini akan berakibat fatal pada handphone. Bila hal ini terus dilakukan, tentu potensi ponsel overheat akan sangat besar. Selain cepat panas, penggunaan aplikasi yang terlalu banyak menyebabkan ponsel sering hang.

Uraian diatas adalah penjelasan mengenai penyebab handphone menjadi gampang panas dan juga tips mengatasi nya. Dari uraian tersebut kita bisa tahu untuk menjaga handphone kita tetap sehat dan tidak cepat panas. Apakah informasi tersebut dapat membantu sobat? Jangan lupa kirimkan Kritik dan saran nya ya untuk membangun. dan apabila ada tips lainnya bisa bagikan juga ke aku. Terima kasih sudah mampir di talitashare.com!

Salam..