Cara Mudah Menanam Strawberry di Kebun yang Praktis Terbaru

Holla sahabat semua.. Kali ini talitashare.com hadir dengan informasi yang bermanfaat buat sahabat semua. Terkhususnya buat kalian yang punya hobi dibidang bertani alias tanam menanam. Yuupp, kita akan ulas pada article ini secara singkat budidaya salah satu tanaman yang cukup terkenal di negara kita, Indonesia Namun, tidak bisa tumbuh dan berkembang di sembarang tempat. Tanaman apakah itu? Sahabat tahu buah berry? ada banyak ya jenis jenis buah berry? Nah, salah satunya adalah buah stroberi atau kalau dalam ejaan bahasa inggris disebut "Strawberry". Siapa diantara sobat yang mau budidaya tanaman ini? Tapi bingung mau mulai darimana? Atau takut gagal sebelum memulai? jangan risau sahabat, talitashare.com hadir untuk bantu kalian melalui ulasan singkat pada article ini yang membahas Budidaya tanaman strawberry secara mudah dan simple.

Sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui sebelum mencoba untuk membudidayakan tanaman ini. Apakah itu? Seperti halnya tanaman lainnya, strawberry juga punya syarat tumbuh tersendiri yang perlu sobat tahu. Tanpa adanya syarat-syarat tersebut, tingkat keberhasilan dalam budidaya tanaman strawberry akan rendah. Maka syarat tumbuh budidaya tanaman strawberry meliputi Suhu, Iklim, kelembapan dan keasaman tanah, air dan juga penyinaran matahari.

Syarat tumbuh budidaya tanaman "strawberry";
  • Ketinggian tempat yang memenuhi syarat iklim tersebut adalah 1.000-1.500 meter dpl.
  • Tanaman Strawberry dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan curah hujan kira kira 600-700 mm/tahun.
  • Lamanya penyinaran cahaya matahari yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan tanaman strawberry adalah 8–10 jam setiap harinya.
  • Stroberi adalah tanaman subtropis yang dapat beradaptasi dengan baik di dataran tinggi tropis yang memiliki temperatur 17–20 derajat C.
  • Kelembaban udara yang baik untuk pertumbuhan tanaman stroberi antara 80-90%.
  • Jika ditanam di kebun tanpa media, tanah yang dibutuhkan adalah tanah liat berpasir, subur, gembur, mengandung banyak bahan organik, tata air dan udara baik.
  • Derajat keasaman tanah (pH tanah) yang ideal untuk budidaya strawberry di kebun adalah 5.4-7.0, sedangkan untuk budidaya di pot adalah 6.5–7,0.
  • Jika ditanam dikebun maka kedalaman air tanah yang disyaratkan adalah 50-100 cm dari permukaan tanah. Sedangkan Jika ditanam di dalam pot atau polibag, media harus memiliki sifat poros, mudah merembeskan air dan unsur hara selalu tersedia.
Dari beberapa syarat tumbuh tanaman strawberry kalian bisa dapat sedikit pengetahuan budidaya tanaman strawberry yang memenuhi syarat tumbuh. Kemudian, yang jadi bertanyaan lagi sekarang bagaimana cara budidaya atau menanamnya? Gampang sekali kalau sahabat sudah tau strategi nya. Dalam budidaya tanaman strawberry ada dua cara, yang pertama dengan menanam pada kebun secara langsumg, dan yang kedua, menanam pada media seperti pot atau polibag. Nah, pada uraian dibawah ini kita akan bahas cara pertama yaitu dengan melakukan budiaya tanaman strawberry pada kebun atau lahan secara langsung. Untuk mempersingkat waktu kita akan langsung saja lihat proses nya pada uraian dibawah ini, yuukk lihat dan simak sebagai berikut Cara mudah budidaya tanaman strawberry;

Cara Mudah Menanam Strawberry Di kebun atau Lahan



PEMILIHAN BIBIT TANAMAN STRAWBERRY YANG BAIK

Langkah awal dalam proses budidaya adalah tentunya memilih bibit yang baik dan berkualitas. Dengan demikian dapat dipastikan dengan bibit yang berkualitas akan menghasilkan tanaman yang berkualitas pula. Bagaimana bibit strawberry yang baik dan berkualitas itu? Bibit tanaman strawberry yang baik adalah bibit yang terhindar dari hama dan penyakit memiliki riwayat tumbuh dari induk yang berkualitas, terbebas dari segala macam cacat tanaman. Maka, sebaiknya kalau sahabat tidak memiliki pengetahuan yang saksama tentang bibit strawberry, carilah bibit straberry pada petani buah strawberry yang ada di daerah sahabat, hal ini menghindari pemilihan bibit yang salah atau tidak sesuai. Sudah dipastikan bahwa petani strawberry sudah memiliki pengetahuan cara memilih bibit tanaman strawberry yang baik dan berkualitas.

MENGOLAH KEBUN ATAU LAHAN TANAM

Setelah selesai memilih dan mendapatkan bibit tanaman strawberry yang baik dan berkualitas, selanjutnya adalah mengolah kebun atau lahan sebagai media tanam. Bagaimana cara mengolah nya sobat hanya perlu memiliki ketrampilan sebagai berikut:
  1. Menggemburkan tanah/lahan dengan menggunakan cangkul sampai kira kira mencapai kedalaman 30 cm, cangkul terus menerus sampai tanah benar benar gembur. Kemudian diamkan selama kurang lebih dalam jangka waktu 1 minggu, hal ini bertujuan untuk menghilangkan racun yang ada dalam tanah.
  2. Seperti halnya manusia yang memerlukan nutrisi dan makanan, begitu pula halnya dengan tanah. Maka, berikan pupuk kandang fermentasi untuk menjaga dan menambah kesuburan dan unsur hara dalam tanah yang tentunya nantinya akan dibutuhkan untuk nutrisi bagi tanaman strawberry kelak.
  3. Langkah selanjutnya adalah membuat bedengan penanaman. Buatlah bedengan dengan ukuran yang baik kurang lebih lebar 100 cm, tingginya 30 cm, pandang menyesuaikan lahan, dan jarak antar bedeng adalah 60 cm.
  4. Kemudian, hal penting lainnya yang perlu dilakukan adalah pemasangan mulsa plastik. Sebagai saran sebaiknya dalam pemasangan mulsa dapat dilakukan pada saat matahari cukup terik agar mulsa dapat memuai dengan baik dan menutupi seluruh permukaan bedengan.
  5. Tahap terakhir dalam subjudul mengolah kebun atau lahan tanam adalah membuat lubang tanam. Kita bisa membuat lubang tanam dengan jarak antar lubang yakni kurang lebih 30 cm. sedangkan untuk diameter lubang tanam berkisar 8-10 cm.

PROSES CARA MENANAM STRAWBERRY

Menanam atau budidaya tanaman strawberry sebaiknya dilakukan pada pagi hari yaitu sebelum matahari mulai naik. Mengapa demikian? Hal ini bertujuan agar agar bibit strawberry yang baru ditanam tidak mudah layu. Karena sebelumnya bibit tersebut perlu beradaptasi dengan lingkungan nya.

Memindahkan bibit strawberry ke lahan harus dilakukan dengan serba hati-hati, agar tidak melukai pengakaran dari bibit strawberry tersebut. Kemudian masukkan bibit tersebut pada lubang tanam yang telah tersedia sebelumnya dan tutup kembali dengan tanah atau abu gosok hingga sebatas pangkal batang bibit strawberry. Maka, setelah selesai ditanam jangan lupa untuk disiram dengan air secukupnya pada setiap bibit yang baru saja ditanam untuk menjaga kebutuhan bibit strawberry akan air tetap cukup pada habitat barunya tersebut.

Nah itu adalah langkah-langkah dalam menanam tanaman strawberry dari proses awal yakni pemilihan bibit strawberry sampai pada proses menanam tanaman strawberry pada lahan atau kebun. Maka, pada article selanjutnya talitashare.com akan bahas Cara menanam buah strawberry pada polibag atau pot di halaman rumah. Namun, Perlu diperhatikan juga kita perlu melakukan perawatan tanaman strawbery setelah menanam, jadi sobat tunggu next article ku yang bahas hal itu yaa, tetap di talitashare.com. Kita akan terus bahas hal yang berguna dan bermanfaat. Terima kasih sudah mampir di talitashare.com dan semoga article ini bermanfaat!

Salam sahabat...