Cara Mudah Menanam Strawberry Organik di Polibag atau Pot Terbaru

Hallo guys. Kali ini talitashare.com hadir kembali dengan article yang pastinya bisa bermanfaat buat teman semua. Sebelumnya talitashare.com sudah share Cara mudah menanam tanaman strawberry di kebun atau lahan langsung. Maka, selanjutnya kita akan ulas secara singkat cara yang kedua yakni Cara mudah menanam tanaman strawberry di pot atau polibag. Buat kalian yang ingin menanam nya dipekarangan halaman rumah atau tidak punya lahan dan kebun, cara ini sangat cocok dan efektif tentunya.

Selain bisa dimanfaatkan buahnya yang manis dengan sensasi asam, tanaman ini juga bisa dijadikan sebagai tanaman penghias rumah, apalagi kalau sudah ada buahnya dijamin deh pekarangan rumah kamu akan terus dilirik oleh orang yang lewat wkwk... Seperti yang kalian tahu sobat semua yahh, tanaman strawberry ini sangat jarang ditemui bahkan hanya segelintir orang yang menanamnya. Biasanya kita bisa jumpai tanaman strawberry ini di kebun buah strawberry atau di pasar. Nah, kalau kalian mau menikmati sensasi bertanam tanaman strawberry bisa coba cara simple atau skala kecilnya dengan menanam tanaman strawberry pada pot dan polibag.


Nah, pada uraian dibawah ini kita akan bahas mulai dari persiapan sampai dengan tahap akhir yaitu penanaman. Bahan yang diperlukan juga gak ribet dan susah dicari kok bahkan kita bisa gunakan bahan bahan dari lingkungan sekitar kita, seperti botol bekas bisa kita gunakan sebagai pengganti pot. Langsung saja yuk untuk mempersingkat waktu, kalian bisa baca uraian cara mudah budidaya tanaman strawberry di pekarangan rumah menggunakan pot atau polibag.


Cara Mudah Menanam Tanaman Strawberry di Pekarangan Rumah dengan Pot Atau Polibag

Sebelum melakukan penanaman tanaman strawberry sebaiknya sobat harus tahu terlebih dahulu syarat tumbuh tanaman strawberry agar menunjang tingkat keberhasilan tanam yang baik. Maka syarat tumbuh tanaman strawberry adalah sebagai berikut:

  • Hasil maksimal akan diperoleh apabila strawberry ditanam di dataran tinggi dengan ketinggian kurang lebih dari 1.000 – 1.500 meter dari permukaan laut.
  • Strawberry tidak bisa tumbuh dengan baik apabila curah hujan terus datang setiap hari. Maka, Strawberry akan tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah dengan warna dan rasa yang sempurna di daerah dengan curah hujan 600 – 700 mm per tahun.
  • Buah strawberry termasuk dalam tanaman subtropis yang bisa tumbuh di Indonesia dengan baik. Akan tetapi, tanaman ini hanya lebih mudah untuk beradaptasi pada dataran tinggi dengan temperatur suhu 17 – 20 derajat celcius.
  • Pertumbuhan strawberry akan berlangsung dengan baik setelah mendapatkan sinar matahari selama 8 – 10 jam setiap harinya.
  • Tingkat kelembaban udara yang menstimulus pertumbuhan strawberry antara 70 – 80%.
  • Derajat keasaman tanah atau pH tanah yang ideal untuk budidaya tanaman strawberry di dalam polybag atau pot adalah 6,5 – 7,0.
  • Media tanam untuk budidaya strawberry tabulampot harus mempunyai sifat poros, mudah menelan air, dan ketersediaan unsur hara selalu ada.

Setelah mengetahui syarat tumbuh tanaman strawberry maka, pertanyaan yang timbul adalah Bagaimana cara mudah menanam tanaman strawberry di pot atau polibag? Sebagai berikut ulasannya.

  1. Langkah awal adalah pemilihan bibit. Bibit yang baik bisa kalian beli di toko tanaman terdekat atau sobat bisa melakukan pembibitan vegetatif dengan cara mengambil bagian batang tanaman sebagai cikal bakal tanaman.
  2. Setelah bibit tersedia, siapkan juga polybag dan pot atau pemanfaatan botol bekas lainnya dan juga media pengisinya. Media pengisi dibuat dari susunan tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan masing-masing 1:1.
  3. Campuran media tanam langsung dimasukkan ke dalam polybag, pot, botol bekas atau karung yang sobat sudah jadikan wadah tampung tanaman.
  4. Buatlah lubang, lalu tanam bibit strawberry atau batang strawberry ke dalamnya.
  5. Siram bibit tersebut setiap pagi dan sore, setiap hari. Jaga selalu tingkat kelembaban tanah. Selalu cukupi kebutuhan air dari media tanam agar bibit strawberry cepat tumbuh.
  6. Nah, setelah semua tanaman strawberry sudah tertanam langkah berikutnya hanya tinggal melakukan perawatan saja.




Uraian diatas merupakan cara mudah dan praktis menanam tanaman strawberry di pekarangan rumah dengan menggunakan pot dan polibag. Simple dan mudah bukan? Ini hanya satu kreatif cara mudah menanam strawberry di polibag atau pot, masih ada banyak lagi cara lainnya. Talitashare.com yakin kalian bisa lebih kreatif dalam membuat model dan dengan cara yang lebih mudah. Melalui referensi ini diharapkan dapat membuka wawasan dan pengetahuan kalian sobat. Terima kasih sudah mampir di talitashare.com , semoga article ini bermanfaat dan selamat mencoba!