Alur Pendaftaran CPNS Tahun 2018 dari Tahap Awal Sampai Tahap Akhir Terbaru

Sebelumnya talitashare.com telah bagikan kepada sahabat semua mengenai permasalahan dan solusi bagi calon pegawai negeri sipil 2018. Maka selanjutnya adalah apakah sahabat tahu alur dari penerimaan CPNS? Kebanyakan dari sahabat pasti tidak tahu yaa, sehingga mencari di google. Wah, bagus sekali usaha sahabat untuk mencari terlebih dahulu sebelum memulai. Langkah baik untuk menghindari adanya kesalahan karena secara garis besar kita sudah tahu alur penerimaan CPNS tahun 2018.

Maka, apakah alur mendaftar jadi CPNS itu mudah? Atau bahkan ribet dan sulit? Kita akan bahas satu persatu sampai tahap akhir. Namun, hal yang penting adalah persiapkan diri kalian masing masing. Untuk dapat diterima sebagai seorang PNS tentunya memerlukan persiapan yang matang dan terarah. Persiapan seperti apa itu?


Buat sahabat yang sudah penasaran tentang alur pendaftaran CPNS talitashare.com akan bantu kalian. Sebenarnya dari tahun ke tahun, alur pendaftaran selalu sama. Namun, kemungkinan ada peraturan yang dihilangkan atau peraturan baru yang diterapkan. Maka, Sesuai dengan article talitashare.com yang telah di post mengenai permasalahan dan juga solusi selama pendaftaran CPNS sebagai berikut adalah alur pendaftaran CPNS tahun 2018.

Alur pendaftaran CPNS Tahun 2018 dari tahap awal sampai tahap akhir.

1. Melakukan Log in menggunakan NIK

Pada tahap awal pendaftaran CPNS atau calon Pegawai Negeri sipil sobat akan mendaftar pada laman sscn.bkn.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK wajib dicantumkan saat calon peserta hendak melakukan log in.Kemudian sistem akan mengecek kevalidan NIK sobat sebagai calon peserta CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil).

2. Mendapatkan bukti daftar akun di link SCCN

Setelah berhasil dalam tahap awal, yakni NIK sobat dinyatakan valid. Maka sobat akan masuk dalam portal SCCN dan mendapatkan bukti daftar akun. Untuk apa gunanya daftar akun ini? Bukti daftar akun ini bermanfaat ketika digunakan untuk mendaftar posisi yang akan dilamar di instansi yang bersangkutan. Kemudian bagi calon perserta akan tetap melakukan pendaftaran di link SCCN.

3. Menyertakan dokumen yang diperlukan dalam format pdf

Sebelumnya talitashare.com beri tahu untuk mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan mencangkup dokumen identitas diri. Umumnya dokumen yang diperlukan adalah ijazah, surat lamaran dan juga KTP atau Kartu Tanda Penduduk. Setelah semua dokumen lengkap barulah sobat dapat mengungggah dokumen tersebut. Namun perlu diperhatikan untuk menggunggah dokumen dalam bentuk pdf.

4. Cetak Kartu Peserta CPNS dan melakukan ujian

Tahap selanjutnya dalam pendaftaran CPNS yang juga penting adalah Mencetak kartu peserta. Tahap ini dapat dilakukan setelah semua dokumen atau berkas terverifikasi oleh sistem. Maka, setelah mencetak kartu ujian, peserta dapat mengikuti ujian. Nah, mudahnya sobat dapat menyimpan kartu tersebut dalam ponsel maupun dicetak langsung yang kemudia di bawa ketika akan melaksanakan ujian.

 5. Menunggu Pengumuman pendaftaran

Setelah selesai melakukan ujian. Tahap selanjutnya adalah menunggu pengumuman lolos atau tidaknya pendaftaran CPNS. Pengumuman pendaftaran CPNS tahun 2018 akan disampaikan melalui website resmi kemenpan RI;


Apakah sahabat merasa terbangun dengan article ini? Bagi sobat yang ingin mendaftar menjadi CPNS, sangat perlu untuk memperhatikan hal hal yang urgent atau penting seperti alur pendaftaran dan juga permasalahan yang kemungkinan terjadi selama pendaftaran CPNS tahun 2018.

Dengan Demikian sahabat tidak akan merasa bingung atau bertanya kesana kemarin karena sudah dibekali informasi yang lengkap. So, talitashare.com senang untuk bantu sobat sekalian. Terima kasih sudah mampir ditalitashare.com dan semoga bermanfaat!