Beberapa Permasalahan dan Solusi dalam Pendaftaran CPNS Tahun 2018 Terbaru

Hallo para sahabat semua! Bagaimana kabar kalian hari ini apakah baik baik saja? ya, talitashare.com selalu harapkan kita semua senantiasa baik. Gak updol kalok kali ini kita gak bahas hal yang bermanfaat, karena dengan pengetahuan yang baik dan bermanfaat tentunya dapat memberikan hal positif dalam diri kita semua ya. Nah, ada banyak bidang dalam kehidupan mengharuskan kita untuk terus memperoleh informasi yang memungkinkan kita untuk terus maju. talitashare.com akan share informasi positif pada uraian dibawah ini. Mau tahu kali ini kita akan bahas apa?

Kesempatan kali ini kita akan bahas perihal Permasalahan dalam pendaftaran CPNS. Nah kalau ada permasalahan tentunya ada solusi juga ya? maka kita juga akan bahas solusi dalam permasalahan pendaftaran CPNS? Kalau kalian merupakan salah satu dari ribuan orang yang ingin menjadi CPNS pasti sudah tahu kepanjangan dari CPNS dan Pengertiannya. Namun, bagi kalian yang mungkin masih awam mengenai hal ini, maka sebelum ke inti pembahasan kita akan ulas sedikit mengenai Kepanjangan dari CPNS, Pengertiannya pada uraian dibawah ini.

CPNS adalah kepanjangan dari calon pegawai negeri sipil. sedangkan CPNS sendiri merujuk pada pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahap pertama. Calon Pegawai Negeri Sipil belum mengikuti kewajiban untuk memenuhi syarat sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan gaji 100%. Mereka digaji dengan persentase sejumlah 80% berdasarkan SK CPNS yang telah ditentukan dengan berpedoman pada undang-undang yang berlaku di Indonesia.


Saat berstatus sebagai seorang CPNS, kompetensi dan kinerja mereka dinilai berdasarkan formasi di saat mereka dinyatakan lulus seleksi menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil. Jika mereka belum memenuhi kriteria penilaian tahap kedua, status calon dapat ditunda dengan ketentuan waktu tertentu. Jika belum memenuhi persyaratan berdasarkan waktu yang telah ditentukan, mereka dinyatakan gugur atau dibatalkan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil. Itulah sekilas informasi mengenai Kepanjangan beserta pengertian dari CPNS. Maka, selanjutnya kita akan bahas permasalahan yang umumnya dihadapi ketika pendaftaran CPNS dan juga solusi nya. yukkk kita akan simak pada uraian dibawah ini.

Permasalahan yang Umum dihadapi ketika mendaftar CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) :

SCCN atau sistem seleksi CPNS Secara Nasional yang merupakan pintu pertama dalam pendaftarn CPNS ke seluruh instansi baik pusat maupun daerah dan dikelola dan di panitia oleh Badan Kepegawaian Negara Indonesia. Beberapa permasalahan yang dihadapi adalah :

  • Data Kependudukan dan catatan sipil yang tidak sesuai dengan ijazah. Untuk menyelesaikan permasalahan ini sahabat perlu menghubungi kantor Dukcapil setempat untuk melakukan perbaikan data sesuai dengan ijazah yang sahabat miliki.
  • Pada saat Log In SCCN, Muncul konfirmasi "User tidak ditemukan". Seringkali masalah ini kerap juga dialami oleh beberapa orang maka solusinya adalah Cek kembali kartu informasi akun SCCN yang sahabat miliki, Pastikan user name yang sahabat ketik sama persis dengan username sahabat.Atau sahabat juga bisa menghubungi helpdesk SCCN 2018 yang akan melakukan pengecekan pada database SCCN. Umumnya dibutuhkan beberapa dokumen seperti KTP dan KK sebagai bukti pencarian data.
  • Kesalahan pada saat mengisi data dan ingin memperbaiki namun sudah terkirim. Umum nya data yang sudah dikirim sudah tidak dapat diperbaiki. Namun, Data tersebut hanya bisa diperbaiki pada saat lulus ujian dan akan diproses pada pemberkasan penetapan NIP. Sedangkan untuk merubah plihan instansi hanya dapat diubah jika sahabat belum menekan tombol "simpan". Apabila sudah disimpan sahabat sudah tidak bisa merubahnya lagi.
Persyaratan Pendaftaran Calon pegawai negeri sipil. Untuk mendaftar ada beberapa ketentuan yang tentunya harus diperhatikan agar dapat diterima. Namun, secara umum akan timbul pertanyaan dan masalah seperti hal-hal berikut ini :
  • Batas Usia calon pegawai negeri sipil. Buat sahabat yang bingung dengan batas usia penerimaan PNS, yang mungkin masih terlampau muda atau sudah tua, jangan risau sebaiknya cek pada instansi masing-masing untuk mengetahui Batas usia calon penerimaan PNS Karena biasanya daerah satu dengan yang lainnya berbeda.
  • Penggunaan SKL (Surat Keterangan Lulus). Surat SKL atau surat keterangan lulus tidak dapa digunakan untuk mendaftar CPNS. Maka, sahabat perlu menggunakan dokumen resmi seperti tanda bukti ijazah.
  • Persyaratan Khusus lainnya. Biasanya setiap instansi memiliki persyaratan tersendiri, maka untuk mengetahui persyaratan khusus lainnya sahabat perlu mencari tau informasi terkini Persyaratan khusus lainnya di daerah sahabat untuk mendaftar CPNS.
Kartu pendaftaraan atau kartu yang digunakan ketika ujian. Kartu ini merupakan alat yang sangat penting untuk sahabat dapat melakukan ujian. Maka umumnya permasalahan yang dihadapi perihal kartu ini adalah :
  • Kartu pendaftaran atau kartu ujian rusak atau hilang. Untuk permasalahan yang satu ini jangan risau sahabat, solusi nya adalah dengan mencetak ulang kartu informasi akun SCCN dengan log in pada portal SCCN menggunakan NIK dan password yang sebelumnya telah didaftarkan.

Nah, uraian diatas merupakan sekilas informasi mengenai pendaftaran CPNS yang diawali dengan uraian yang membahas kepanjangan dari CNPS, definisi atau pengertiannya dan yang penting adala beberapa permasalahan yang umum dihadapi para pendaftar CPNS dan juga solusi yang bisa dilakukan untuk menanggulanginya. Maka, selanjutnya sahabat juga perlu mengetahui alur pendaftaran CPNS yang benar. Dengan informasi ini tentunya akan memperkaya pengetahuan sahabat untuk dapat mengetahui secara lebih saksama pendaftaran CPNS. Apakah sahabat merasa terbantu dengan informasi Ini? Yukk kirim saran dan kritik sahabat pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih sudah mampir ditalitashare.com. Semoga bermanfaat!