Pengertian, Tujuan dan Contoh format Resensi Novel lengkap

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, pasti kalian akan bertemu dengan materi yang nama nya Resensi. Yupp resensi Novel, apakah kalian sudah mempelajarinya? Gak sulit kalau kalian sudah tau pengertian dari Resensi. Nah bagi kalian yang kesulitan untuk memahami resensi suatu novel talitashare.com akan ulas untuk kamu..


Pernahkah kamu tertarik pada sebuah buku karena membaca sebuah tulisan yang mengulas secara singkat detail dari isi buku tersebut? itulah resensi, Resensi adalah suatu penilaian terhadap sebuah karya. Karya yang dimaksud disini bisa berupa buku dan karya seni film dan drama.

Kata resensi berasal dari Bahasa Latin yakni  “revidere” atau “recensie” yang artinya menimbang, melihat kembali atau menilai.

Kegiatan meresensi buku memiliki beberapa tujuan yakni :
  • Memberikan gambaran kepada pembaca dan penilaian umum dari sebuah karya secara ringkas.
  • Memberikan masukan kepada penulis berupa kritis dan saran terhadap isi, substansi, cara penulisan buku.
  • Mengetahui kelebihan dan kekurangan buku yang di resensi.
  • Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan.
  • Menguji kualitas buku dan membandingkan terhadap karya lainnya.
Nah setelah tahu pengertian dan tujuan dari Resensi lebih bagus kalau kalian tahu contoh dari salah satu resensi novel tersebut dengan begitu kalian akan lebih memahami unsur-unsur resensi yang ada dalam sebuah novel. Sebagai berikut adalah contoh format resensi novel bisa kalian simak dan pelajari...


FORMAT RESENSI NOVEL HUMOR

1. TEMA Novel
        Tema dalam novel ini bertema kocak dan percintaan.

2. Alur Cerita
        Novel ini menggunakan alur maju mundur artinya dalam cerita terjadi flashback ke masa lalu   dan kejadian yang akan datang.

3. Penokohan
  • Bevalitareinatasya (peran utama)
  • Nyokap dan bokapnya Tokoh utama
  • Lele/Bona
  • Bebi
  • Sam
  • Eyangnya Bevalitareinatasya
  • Eyang lastri
  • Nino,Tita,dan Saka (sahabat tokoh utama)

Unsur Resensi
1. Judul:Lebay 24 karat
2. Pengarang:Kristiananda
3. Penerbit:Sheila
4. Tahun Terbit:2014
5. Tempat Terbit:Yogyakarta
6. Tebal:260 halaman
7. Harga Buku:Rp 46.000
8. Ukuran/Halaman:14x21 cm / iv+260 halaman
9. ISBN:978-979-29-4155-5
10. Percetakan:Andi Offset
11. Editor:Yasintha
12. Setting:Elisabeth Pipit
13. Desain Cover:Yisar
14. Korektor:Susy Oktaviani
15. Berat:291 gram
16. Edisi/Cetakan:I,1st Published
17. Kategori (Sub):Fiksi (Novel)

A. Isi Novel
          Novel ini berisi tentang seorang gadis yang bernama Bevalitareinatasya yang alay dan kocak,tinggal di Jakarta.Dia memiliki sahabat yang bernama Nino,Tita,dan Saka.Mereka bersahabat dari SMA, disaat mereka lulus dan mereka tidak akan bersama lagi tanpa adanya Bevalitareinatasya arau Rei atau Sya atau Be ataupun itu.Dia kuliah di Yogyakarta dan tinggal bersama eyangnya, eyangnya Rei memiliki teman yang bernama Eyang Lastri yang sama juga mempunyai cucu yang bernama Bona.Disaat kuliah Rei mulai, Rei bertemu dengan lelaki yang di gebet,baru aja di gebet. Seketika Rei teringat mantannya Ivan, yang tipe nya Rei ya kalo ga ganteng pasti harus botak bersihbersinar seperti tanpa kaca.Rei selalu Deg-degan yang terpesona sama kepala botaknya yang ternyata adalah kakak angkatannya di kampus.Namun semakin dekat Rei bersama Sam,semakin berubah keadaan.

B. Tujuan Penulis
          Menuliskan cerita tentang anak muda menjadi sebuah buku humor dan soal percintaan tentunya membuat para pembaca terhibur dengan tulisannya.

C.  Manfaat Novel
           Novel ini karangan Kristiananda yang ini sangat bermanfaat bagi para pembaca remaja khususnya.Karena bisa dikatakan Kristiananda ini sedang melakukan stand up comedy dihadapan para pembaca.

D.  Audiens (Sasaran Pembaca)
            Novel ini ditujukan untuk masyarakat luas, khususnya para remaja. Karena ceritanya yang lucu membuat pembaca ketawa-ketiwi dan dihiasicerita tentang percintaan.

E.  SinopsisNovel
         Rasa sakit Bevalitareinatasya terhadap Ivan, sang mantan pacar, yang meninggalkan dirinya untuk melanjutkan sekolah di luar Negeri belum juga sembuh. Sekarang ia harus di hadapkan pada kenyataan bahwa ia harus berpisah dengan orangtua dan sahabat-sahabatnya untuk kuliah dan tinggal bersama Eyangnya di jogja. Be, begitu ia di panggil, tidak bisa membayangkan jika harus hidup berdua bersama Eyangnya yang tidak begitu ia kenal. Hidupnya jadi tambah jungkir balik ketika bertemu dengan orang-orang baru dalam hidupnya.Lele alias Bona, cucu Eyang Lastri sekaligus tetangganya selalu membuat Be sebel dengan kelakuannya yang aneh. Sedangkan Sam, sang pujaan hati barunya yang ternyata adalah kakak angkatannya di kampus, selalu membuat Be deg-degan, jatuh dalam pesona kepala botaknya. Yang terakhir, Bebi, manusia super besar yang akhirnya menjadi teman baru Be di kampus.

            Namun Ternyata, di balik keanehan Lele, pesona Sam, dan kebaikan hati Bebi, mereka menyimpan sebuah rahasia. Rahasia yang akhirnya menyeret Be masuk dalam sebuah pusaran konflik yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya. Ingin rasanya Be lari, menjauh dari pusaran itu.Namun ia sudah terlanjur tenggelam di dalamnya. Mampukah Be beradaptasi dengan lingkungan barunya di Jogja? Mampukah Be mengatasi masalah-masalah di lingkungan barunya? Ataukah Be mmilih untuk melarikan diri?.

F.  Kelebihan
           Kelebihan dari novel ini adalah dari cara penyampaian cerita yang menarik. Yaitu dengan menggunakan istilah sehari-hari sehingga mudah dimengerti oleh para pembaca. Dan menyampaikan cerita yang aslinya tragis menjadi “konyol” yang bisa membuat kita tertawa dan tersenyum ketika membaca novel ini. Selain dari cara penyampaiannya kelebihan dari novel ini ialah isi ceritanya yang menarik, lucu, dan menghibur.

G.  Kekurangan
           Kekurangan dari novel ini mungkin hanya pada kata-kata di novel ini menggunakan bahasa-bahasa serapan remaja saat ini seperti : gue,elo,dll. Yang membuat novel ini sepertinya dikhususkan untuk kalangan remaja saja.

H.  Kesimpulan
Yang jelas novel ini layak dijadikan obat penghilang stress. Pasti siapa saja yang membaca novel ini akan terbahak-bahak dan ketawa-ketiwi menyimak keluguan, kelucuan, dan kekonyolan.

Uraian diatas adalah contoh resensi novel dari salah satu Novel humoris yang senang talitashare.com bagikan.. Semoga dapat membantu kalian dan bermanfaat..

Mau lihat contoh resensi novel lainnya kalian bisa lihat pada link dibawah inii :
Resensi Novel karya Raditya Dhika Babi Ngesot lengkap
Resensi Novel Radikus Makankakus lengkap