Makna dan arti penting "Hari Buruh Nasional" 01 mei 2018 lengkap

Makna dan arti penting "Hari Buruh Nasional (may day)"

Hari buruh nasional merupakan hari yang penting bagi para buruh sedunia, dimana kalau kita meninjau ulang dari sejarah nya menyimpan banyak arti dan makna. Apakah kalian tahu secara spesifik apa itu hari buruh nasional? apa makna dan pengaruhnya bagi kita dalam memperingati hari buruh tersebut.? Dan bagaimana tindakan kita selanjutnya setelah mengerti penting nya hari buruh ?? Kita akan membahas pertanyaan inii satu persatu satu..


Hari buruh diperingati awal bulan mei setiap tahunnya, maka kebanyakan orang sering menggunakan istilah 'may day" sebagai salah satu sebutan dari hari buruh nasional. Apa sebenarnya arti dari hari buruh?

Hari Buruh pada umumnya dirayakan pada tanggal 1 Mei, Hari buruh ini adalah sebuah hari libur (di beberapa negara) tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.

Peringatan hari buruh sedunia (May Day) yang sejak ratusan tahun silam telah diperingati setiap tahun, secara esensi mempunyai makna yang begitu mendalam yaitu memberikan pelajaran yang sangat berharga dan semangat perjuangan bagi seluruh rakyat dunia.

Secara Historis, hari buruh nasional adalah tonggak kemenangan bagi kaum buruh dalam perjuangan menuntut pengurangan jam kerja yang diraih melalui perjuangan panjang yang begitu hebat dengan pengorbanan yang tidak akan pernah ternilai untuk membebaskan diri dari belenggu penindasan dan penghisapan Imperialisme (Kapitalisme Monopoli) yang berlipat-lipat. Oleh karena itu ini lah sebab mengingat penting sekali peristiwa inii.

Untuk lebih spesifiknya May Day atau istilah lain untuk hari buruh juga merupakan satu peristiwa besar dalam sejarah, sebuah memori kolektif kaum buruh May Day diperingati untuk mengenang sebuah tragedi yang pernah menimpa kaum buruh di Chicago pada tahun 1886. Pada peristiwa itu, polisi Chicago menembaki kaum buruh dengan brutal dan kejam kalian bisa bayangkan ketika mereka sedang menggelar aksi untuk menuntut delapan jam kerja.

Tidak hanya itu, beberapa pimpinan buruh yang terlibat dalam demontrasi tersebut juga ditangkap dan pada akhirnya dihukum mati. May Day, dengan demikian, bukanlah peringatan yang bermakna biasa. May Day adalah hari berkabungnya kelas buruh, yang dalam pemaknaan selanjutnya menjadi hari untuk mengingat bahwa kelas buruh adalah kelas yang tertindas di dalam sistem kapitalisme ini. Dan bahwa mereka membela hak mereka yang sewajarnya mereka terima.

Maka dari sini kita bisa belajar bahwa dengan mengingat sejarahnya, May Day atau hari buruh harus menjadi peringatan dengan karakter yang revolusioner dimana hari buruh nasional yang akan kita peringati pada tanggal 1 mei 2018 bukanlah kenangan terhadap suatu “romantisme” yang diperingati layaknya hari raya keagamaan, hari ulang tahun, atau hari jadi sebuah pernikahan yang sarat  dengan kesenangan dan hura-hura tetapi lebih tepatnya sebuah momentum untuk membangun kesadaran kelas dan memperkuat “persenjataan” politik.

Setelah mengulas tentang hari buruh nasional atau istilah lain may day kita bisa tarik kesimpulan tentang arti dan makna dari hari buruh nasional itu sendiri dimana didalamnya terdapat hal penting yang patut kita tahu sebagai warga negara yang menjunjung tinggi martabat sebagai manusia.

Baca juga artikel terkait ; Kata kata ucapan hari buruh nasional 01 mei 2018 terlengkap

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan dapat menambah pengetahuan kita tentang salah satu hari penting dan bersejarah. Selamat hari buruh tanggal 01 mei 2018.

Salam.