Pengertian, Tujuan, Makna dan Arti penting HUT Saka Bhayangkara ke-72 Tahun 2018

Setiap tanggal 01 Juli kita akan bertemu dengan suatu peringatan penting, Peringatan apakah itu? Jika kalian perhatikan bahwa pada tanggal 01 juli diperingati sebagai Hari Bayangkhara. Dimana Hari Saka Bhayangkara ini sendiri merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat Nasional.

Pembentukan dan pembinaan Saka Bhayangkara dilaksanakan melalui kerja sama antara Gerakan Pramuka dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Oleh Karena itu, lambang Satuan karya Pramuka ini bisa dibilang identik dengan kepolisian. Di samping Saka Bhayangkara terdapat berbagai Saka lainnya semisal Saka Bahari, Saka Bhakti Husada, Saka Dirgantara, Saka Taruna Bumi, Saka, Kalpataru, Saka Kencana, Saka Pariwisata, Saka Wira Kartika, Saka Widya Budaya Bakti, dan Saka Wanabakti. Apakah kamu salah satu anggota dari Saka Bhayangkara tersebut? Kalau iya patut sekali anda bangga menjadi anggotanya.



Untuk sejarah nya sendiri Satuan Karya Pramuka Bhayangkara dibentuk pada tahun 1996 dan pada tahun tersebut masih bernama Pramuka KAMTIBMAS (Keamanan Ketertiban Masyarakat). Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Saka Bhayangkara mari kita ulas sedikit mengenai Pengertian, dan tujuan dari saka bhayangkara tersebut.

Pengertian Saka Bhayangkara

Dalam pengertiannya, Satuan Karya Pramuka disingkat saka, adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat,  mengembangfkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemudian kata "Bhayangkara" berasal dari bahasa Sansekerta, yang mengandung arti penjaga, pengawal, pengaman, dan pelindung keselamatan Negara dan bangsa. Sehingga apabila digabungkan Saka Bhayangkara dapat memiliki arti sebagai wadah pendidikan guna menyalurkan minat dan mengembangkan bakat serta pengalaman para pramuka penegak dan pandega dalam berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kebhayangkaraan sehingga mereka menjadi anggota masyarakat yang baik, peduli terhadap keamanan, ketertiban masyarakat di lingkungan baik local, nasional maupun internasional.

Sedangkan untuk Dewan Saka Bhayangkara adalah badan yang dibentuk oleh anggota Saka Bhayangkara ditingkatnya yang beranggotakan dari anggota krida Saka Bhayangkara yang bertugas memimpin pelaksanaan kegiatan Saka Bhayangkara sehari – hari. Singkatnya, Kebhayangkaraan adalah kegiatan yang berkaitan dengan keamanan Negara dalam rangka menjamin tetap tegaknya Negara kesatuan republic Indonesia yang berdasarkan pancasila dan Undang – undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Tujuan Dari Saka Bhayangkara

Dalam hal Tujuan dibentuknya saka bhayangkara adalah untuk mewujudkan kader – kader bangsa yang memiliki akhlak dan moral pancasila guna ikut serta bertanggungjawab terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat melalui pendidikan kebhayangkaraan di dalam gerakan pramuka dan untuk memperkaya pengalaman, memperluas wawasan, melatih ketahanan fisik, membina dan membentuk karakter yg tangguh dan berbudi pekerti.

Makna dan Arti Penting Hari Saka Bhayangkara

Makna dari Bhayangkara itu sendiri adalah bagaimana personil-personil yang ada di dalam lembaga kepolisian tersebut bisa introspeksi diri, melihat diri atas segala perbuatan dan tingkah laku, terutama dalam pelaksanaan tugas sebagai bhayangkara selama ini, baik atas nama diri sendiri maupun sebagai lembaga. Sejauh ini, Dalam pelaksanaan tugas masih banyak yang bertingkah laku yaitu oknum anggota kepolisian yang tidak mencerminkan dirinya sebagai seorang bhayangkara, yaitu sebagai penjaga, pengawal, pelindung, dan pengaman keamanan masyarakat. Meski diklaim sebagai perbuatan oknum, tapi perbuatan yang menyimpang itu sulit dibantah.


Oleh Karena itu, HUT Bhayangkara ini merupakan momentum penting yang tepat untuk  merenungkan dan merefleksikan berbagai kekurangan dan kelemahan yang sudah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya yang mengakibatkan buruknya citra lembaga kepolisian di masyarakat. Momentum ini juga harus menjadi kesempatan untuk menanggalkan dan melupakan hal-hal lama yang buruk. Selanjutnya menjadi kesempatan untuk memulai dengan hal-hal baru yang bernilai positif, membangun kembali jati diri anggota kepolisian guna membangun kembali citra lembaga kepolisian.

“Selamat HUT Bhayangkara ke 72 Tahun 2018. Kita berharap Polri bisa pantang surut untuk melawan terorisme dan paham radikal. Bravo Polri semakin dekat dengan masyarakat dan semakin maju,”

Setelah mengetahui Pengertian, Tujuan, Makna dan arti penting dari Hari Saka Bhayangkara, Bagaimana pendapat kalian? Mari kita ikut mendukung mereka yang megambil bagian dalam menyukseskan perlindungan keamananan dan ketertiban negara kita tercinta, Negara Indonesia. Selamat Menyambut HUT Bhayangkara ke 72 Pada tanggal 01 Juli 2018 dan terima kasih sudah Mampir di talitashare.com..