-->

Tips dan cara merawat rambut dari debu dan terpaan sinar matahari agar tetap sehat

Hallo teman-teman, kesempatan kali ini talita mau bagi informasi lagi nihh, Singkat aja tentang gimana sih kita bisa ngerawat rambut kita supaya tetap kelihatan sehat meskipun rutinitas kita yang mungkin harus terkena debu setiap hari nya atau mungkin juga terpaan sinar matahari langsung. Jangan salah guys, kalau kita tidak merawat rambut kita dengan baik dampak negatif nya bisa jadi rambut kita akan sering rontok, terlihat kusam dan lain sebagai nya. Nah, sekarang pertanyaan nya gimana sih cara merawat rambut kita dari debu dan terpaan sinar matahari agar tetap sehat ????? Perhatikan beberapa tips singkat dibawah iniii...

Tips merawat rambut yang terkena debu dan terpaan sinar matahari setiap hari agar tetap terlihat sehat


Menjaga Kebersihan Rambut

Cara merawat rambut dari debu dan matahari yang pertama adalah menjaga kebersihan rambut Anda. Cara ini sebenarnya adalah cara yang paling penting dalam merawat rambut baik, Menjaga kebersihan rambut adalah dengan cara rutin melakukan keramas untuk membersihkan rambut dari debu, kotoran, dan sisa keringat. Lakukan keramas rutin minimal 2 hari sekali. Apabila beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung sebaiknya lakukan keramas setiap hari. Hal itu disebabkan aktivitas di luar ruangan membuat rambut Anda lebih banyak terkena debu dan kotoran. Serta matahari langsung menyebabkan kulit kepala Anda lebih mudah berkeringat. Sehingga rambut Anda lebih banyak terkontaminasi debu, kotoran, dan sisa keringat. Debu, kotoran, dan sisa keringat yang menumpuk tidak dibersihkan akan menyebabkan rambut Anda lebih mudah berketombe.

Jangan Gunakan Hair Dryer untuk Mengeringkan Rambut

Setelah keramas membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk mengeringkan rambut Anda. Sehingga banyak orang memilih menggunakan hair dryer agar cepat kering. Justru hal itu adalah kebiasaan yang salah. Cara merawat rambut yang benar adalah membiarkan rambut Anda kering alami untuk menjaga tingkat kelembapan alami rambut. Mengeringkan rambut menggunakan hair dryer membuat rambut Anda kehilangan kelembapan alaminya. Hal itulah yang memicu rambut menjadi kering dan kusam.

Gunakan Pelembab Rambut untuk Menjaga Kelembapan Rambut Anda

Setelah keramas gunakanlah pelembab rambut atau kondisioner sebagai cara merawat rambut untuk meningkatkan kesuburan rambut Anda. Jika Anda tidak ingin menggunakan kondisioner berbahan kimia. Anda bisa menggunakan minyak almond sebagai kondisioner alami Anda. Kandungan zat yang terdapat pada minyak almod mampu memelihara rambut Anda tetap sehat dan subur. Sehingga rambut Anda terhindar dari rambut kering dan kusam. Minyak almond juga dapat membuat rambut Anda menjadi lembut, mudah diatur, dan tidak mudah kusut.

Lindungi Rambut Saat Beraktivitas Di Luar Ruangan

Cara merawat rambut yang selanjutnya adalah melindungi rambut dari sinar matahari langsung. Terpapar sinar matahari langsung menyebabkan rambut Anda menjadi kering dan kusam. Jadi, sebaikanya lindungi rambut Anda menggunakan topi atau scaraf apabila beraktivitas di luar ruangan.

Gunakan Masker Rambut untuk Menutrisi Rambut

Lakukan perawatan rambut dengan menggunakan masker rambut alami sebagai cara merawat rambut Anda. Hal ini bertujuan untuk menutrisi rambut. Jika rambut Anda ternutrisi dengan baik maka pertumbuhan rambut akan lancar. Jika pertumbuhan rambut lancar maka rambut akan menjadi sehat dan kuat. Terhindar dari masalah rambut rontok.

Konsumsilah Makanan Bergizi

Makanan bergizi sangat dibutuhkan untuk mencukupi nutrisi agar rambut dapat tumbuh dengan optimal. Konsumsilah banyak protein, vitamin, dan mineral agar rambut Anda tumbuh lebih subur dan sehat sebagai cara merawat rambut. Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan berminyak atau gorengan karena dapat memicu rambut Anda berminyak.

Perbanyak Minum Air Putih

Kekurangan cairan akan membuat rambut Anda kering dan kusam. Sehingga minumlah 8 gelas air sehari untuk mencegah tubuh Anda dehidrasi atau kekurangan cairan.

Istirahat Yang Cukup

Kesibukan membuat Anda melupakan waktu istirahat. Banyak orang begadang dan kurang tidur. Padahal ini merupakan suatu kebiasaan buruk. Terlalu sering begadang membuat pertumbuhan rambut terganggu. Jadi, istirahatlah yang cukup sebagai cara merawat rambut Anda yang paling sederhana dan penting.

Jauhi Produk Mengandung Silikon

Coba pastikan produk perawatan rambut Anda, apakah ada yang mengandung silikon? Ternyata silikon dapat membuat rambut berminyak dan menarik debu maupun polusi sehingga membuat lebih berminyak. Sehingga hindarilah produk mengandung silikon dan gunakan poduk rambut organik, herbal dan bahan alami. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan dalam membuat sendiri produk perawatan rambut seperti cara membuat minyak kelapa.

Jaga Kebersihan Sisir

Ternyata dari barang yang digunakanb bisa menjadi media timbulnya kotoran dan debu penyebab rambut berminyak. Sehingga jagalah kebersihan sisir terutama pada pangkal sikat nya. cobalah cuci atau ganti sisir secara berkala .

Hindari kontak tangan kepada rambut

Tangan merupakan bagian yang berpotensi diamnya kotoran maupun debu-debu. Sehingga tangan juga banyak menjadi vektor penyakit bagi tubuh kita. Tak ketinggalan, kadangkala rambut menjadi sisir alami yang ada dan juga pemberi bentuk yang mudah pada rambut sehingga seringkali dimanfaatkan. Namun, sebaiknya hindari penggunaan tangan menata maupun menyentuh rambut, karena debu maupun kotoran yang ada lebih gampang pindah ke rambut karena struktur rambut dapat menahan debu kedalam sela-sela rambut. Sebaiknya pastikan tangan kamu bersih atau gunakan sisir yang ada.

Tata Belahan Rambut

Bila Anda sering memperhatikan rambut yang tertata rapi. Maka coba pikirkan berapa lama bentuk rambut tersebut dan bagian mana yang sering terpapar sinar matahari maupun kotoran. Terdapat pola-pola dimasing-masing bentuk rambut sehingga untuk merawat rambut yang berminyak dapat mengubah bentuk belahan rambut sehingga menganti bagian yang sering terkena paparan debu, kotoran dan sinar matahari. Rambut akan terasa baru dan segar.

Sebagai berikut bahan-bahan alami yang dapat anda gunakan untuk menjaga rambut anda tetap sehat :

Menggunakan Minyak Teh

Minyak dari tanaman teh mengandung zat ekstraktif yang bersifat antiseptik serta anti jamur. Dengan adanya sifat ini dapat digunakan dalam merawat rambut yang berminyak karena bisa membunuh kuman, jamur jahat dan bisa juga menjadi cara menghilangkan kutu rambut. Kuman dan jamur jahat biasanya mengganggu kulit kepaladengan menimbulkan masalah gatal, iritasi dibagian kulit kepala serta ketomber. Cara penggunaannya mudah dilakukan dimana saja dengan mengambil beberapa tetes minyak pohon teh kemudian oleskan secara merata ke seluruh rambut hingga akar-akar rambut an kulit kepala. Lalu pijat-pijatlah agar menyerap dan otot-otot kulit kepala siap menerima minyak tadi dan terakhir bersihkanlah dengan keramas. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yak maksimal.

Perasan Air Lemon

Untuk cara merawat rambut yang berminyak, air lemon juga memiliki khasiat seperti itu. air lemon yang memiliki kondisi asam dapat mengurangi dan membersikan ketombe di kulit kepala dan rambut. Air yang asam ini pun dapat menjadi sistem kontrol dalam produksi minyak pada rambut . Cara penggunaanya cukup mudah dengan menyediakan lemon satu buah kemudian diperas semaksimal mungkin untuk diambil airnya. Kemudian perasan tersebut larutkan bersama air dalam satu gelas. Setelahnya keramasilah rambut Kamu kemudian coba bilas sampai bersih. Kemudian lanjutkan dengan membasuh rambut menggunakan air lemon. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Memakai Kulit Jeruk

Selain pisang, buah yang memiliki khasiat baik dan merawat dan mengurangi kepala agar terhindar dari minyak adalah kulit jeruk. Sama dengan pisang, ternyata kulit jeruk yang memiliki vitamin C juga mengandung antioksidan yang berguna dalam mengurangi minyak jahat dikepala. Untuk menggunakannya cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah yaitu degnan menyediakan beberapa kulit jeruk yang selanjutnya giling hingga halus. Setelah itu campurlah bersama dua sendok madu lalu oleskan secara merata kulit kepala hingga benar-benar menyeluruh. Setelahnya diamkan selama setengah jam dan bersihkan rambut dengan keramas. Terkadang dalam menggiling kulit jeruk hingga halus cukup menyita waktu sehingga bisa diganti dengan bubuk kulit jeruk yang biasanya dijual di pasaran. Kami bisa melakukan beberapa cara mengatasi kulit kepala berminyak dengan bahan alami

Menggunakan Putih Telur

Selain buah-buahan, produk hewani juga bisa merawat rambut dan mengurangi minyak di kulit kepala. Produk hewani yang dimaksud adalah telur. Untuk bagian yang diperlukan tidak kuning dan putihya, namun yang berkhasiat disini adalah bagian putih telur. Bagian telur ini mengandung kalsium, vitamin dan protein yang memberikan nutrisi bagi kulit kepala dan rambut. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara mengambil bagian putihnya lalu letakkan dalam mangkuk ataupun wadah. Lalu kamu bisa mengoleskan secara langsung ke kulit kepala yang basah secara merata. Kemudian tunggu selama setengah jam dan bersihkan dengan keramas.

Nah itu adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk menjaga rambut anda tetap sehat dan terawat, karena pastinya bagi wanita rambut adalah mahkota yaaa.. Semoga artikel ini bermanfaat terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel